Home KESEHATANCara Tradisional Menyembuhkan Sleep Apnea

Cara Tradisional Menyembuhkan Sleep Apnea

Cara Tradisional Menyembuhkan Sleep Apnea

Cara Tradisional Menyembuhkan Sleep Apnea – Sleep apnea adalah suatu kondisi gangguan tidur yang cukup serius. Dimana, sistem pernafasan sering berhenti pada saat penderita tengah terlelap. Sehingga gangguan ini akan menimbulkan dampak yang cukup buruk, karena besar kemungkinan jaringan tubuh tidak akan mendapatkan suplay oksigen yang cukup, terutama jaringan otak.

Cara Tradisional Menyembuhkan Sleep Apnea

Selain itu, penderita sleep apnea juga akan memiliki kualitas tidur yang buruk. Sehingga tak seperti orang sehat pada umumnya, yang akan merasa segar dan fit kembali ketika bangun tidur. Justru seorang penderita sleep apnea ini akan merasa kelelahan pada saat bangun tidur dan mengantuk di siang hari.

Sejatinya, dalam keadaan normal atau terbangun sleep apnea ini tidak menimbulkan gangguan atau dampak apapun. Namun ketika penderitanya mulai tidur atau terlelap, otot-otot akan mulai melemas hingga mengendur. Sehingga akan menyebabkan penyempitan atau hambatan pada saluran pernafasan.

Gangguan sleep apnea sendiri adalah penyakit yang lebih sering dialami oleh pria dibandingkan dengan wanita. Dan kondisi ini dapat menyerang penderitanya pada usia berapapun. Namun meskipun demian, orang dewasa dan lansia lebih mendominasi penyakit sleep apnea tersebut.

Pada saat gangguan sleep apnea berlangsung, kadar oksigen di dalam jaringan otak akan menurun. Sehingga jaringan otak tersebut akan memerintahkan penderitanya untuk terbangun, agar ia bisa bernafas kembali. Pada satu malam saja, penderita sleep apnea bisa mengalami gangguan hingga berulang-ulang. 

Sleep apnea sendiri adalah penyakit yang digolongkan pada 2 jenis kategori utama, yang diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Sleep apnea obstruktif yaitu sejenis gangguan sleep apnea yang diakibatkan adanya penyumbatan pada saluran pernafasan.
  2. Sleep apnea pusat yaitu gangguan tidur yang diakibatkan oleh tak terkendalinya sistem pernafasan. Sehingg jaringan otak akan gagal memberikan sinyal untuk bernafas.

Tingkat keparahan sleep apnea ini bisa dilihat dari seberapa sering gangguan tersebut terjadi dalam kurun waktu 1 jam. Umumnya, untuk kasus yang ringan sendiri gangguan sleep apnea terjadi 5-14 kali dalam 1 jam. Sedangkan pada fase sedang, sleep apnea bisa terjadi 15-30 kali dalam 1 jam. Dan untuk fase yang parah, sleep apnea bahkan bisa berlangsung hingga 30 kali dalam 1 jam. Cara Tradisional Menyembuhkan Sleep Apnea

Penyebab Sleep Apnea

Sleep apnea merupakan suatu gangguan yang diakibatkan oleh otot yang berada di belakang tenggorokan yang berfungsi untuk menopang langit-langgit, lidah, tongsil, serta dinding tenggorokan samping tiba-tiba mengendur pada saat tidur. Dan mengendurnya otot tersebut akan mengakibatkan menyempitnya saluran udara.

Sehingga suplay udara di dalam tubuh akan berkurang atau terhambat. Dan kondisi ini juga bisa di rasakan oleh jaringan sel otak, sehingga otak akan memberi sinyal untuk bangun ada tubuh bisa mendapatkan suplay oksigen yang cukup kembali. Itulah dampak dari gangguan sleep apnea obstruktif. Gangguan obstruktif sendiri bisa terjadi secara berulang dan singkat dalam waktu satu jam.

Selain itu, berikut ini adapula beberapa kondisi yang akan memperparah gangguan sleep apnea tersebut. Dan gangguan tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Jenis kelamin (pria lebih beresiko)
  2. Memiliki ukuran leher yang cukup besar
  3. Telah menginjak usia 40 tahun ke atas
  4. Hidung tersumbat atau pilek
  5. Obesitas atau kelebihan berat badan
  6. Riwayat penyakit keluarga
  7. Memiliki kelainan pada struktural bagian dalam leher
  8. Efek samping mengonsumsi obat penenang
  9. Wanita yang telah menopause
  10. Kondisi medis tertentu seperi memiliki gangguan stroke dan penyakit jantung.
  11. Perokok aktif maupun perokok pasif.

Gejala Sleep Apnea

Inilah beberapa gejala yang bisa ditimbulkan oleh gangguan sleep apnea ketika tidur :

  1. Mendengkur dengan keras
  2. Bernapas berat dan sangat berisik
  3. Sering berhenti bernafas kemudian terengah-engah
  4. Kesulitan untuk tidur dan atau tidur tidak nyenyak
  5. Berkeringat secara berlebihan di malam hari
  6. Penurunan gairah seksual dan disfungsi ereksi pada pria
  7. Lebih sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil
  8. Kelelahan dan lebih mudah marah
  9. Stres atau depresi
  10. Timbul sensasi pusing di malam hari
  11. Mengantuk di siang hari.

Makanan Sehat untuk Penderita Sleep Apnea

1. Buah Kiwi

Jika Anda ingin makan yang manis-manis sebelum tidur namun tetap sehat, maka buah kiwi adalah jawabannya. Pasalnya buah kiwi memiliki kandungan asam folat. Gejala kesulitan untuk tidur pada penderita sleep apnea sendiri di indikasikan dengan kekurangan asam folat di dalam tubuh.

Jadi untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, agar tidak dihantui oleh gangguan kesulitan untuk tidur. Maka Anda perlu mengonsumsi buah kiwi secara lebih cukup dan teratur agar terhindar dari gangguan sleep apnea. Cara Tradisional Menyembuhkan Sleep Apnea

2. Kacang Almond

Untuk memperbaiki kualitas tidur malam Anda, segenggam kacang almond juga sangat direkomendasikan. Kacang almond sendiri memiliki kandungan magnesium yang akan membantu untuk merelaksasikan otot. Serta kandungan proteinnya juga akan membantu menyeimbangkan kadar gula darah pada saat tidur.

3. Biji-bijian Utuh

Bukan hanya almond, namun beberapa jenis biji-bijian juga sangat teramat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita gangguan sleep apnea. Pasalnya dengann mengonsumsi biji-bijian utuh akan membantu meminimalisir gejala gangguan tersebut.

4. Bayam

Bayam adalah sejenis sayuran yang identik dengan tokoh kartun popeye. Terlepas dari itu, perlu anda ketahui pula bahwa bayam adalah sejenis sayur yang memiliki kandungan folat, vitamin B dan C, folat, magnesium yang akan membantu merangsang tubuh untuk mengeluarkan racun penyebab sulit untuk tidur.

Pantangan Makanan untuk Penderita Sleep Apnea

1. Pisang

Universitas of Maryland Medical Center menyaranakn agar pisang tidak dikonsumsi oleh penderita sleep apnea. Pasalnya buah pisang ini memiliki kontribusi yang cukup besar dalam memicu gejala semakin parah.

2. Produk Susu dengan Lemak Tinggi

Kandungan lemak jenuh yang terdapat pada produk susu akan semakin memperburuk kondisi dan meningkatkan resiko penyakit jantung penderita sleep apnea.

3. Daging

tak hanya susu, namun daging yang memiliki kandungan lemak yang tinggi juga meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular pada penderita sleep apnea. Selain itu terlalu banyak mengonsumsi daging yang memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi juga akan memicu dan memperburuk kondisi peradangan di dalam tubuh.

4. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan adalah makanan yang mengandung gula tambahan seperti gula tebu, sirup jagung, tepung serta madu yang cukup tinggi. Selain itu, karbohidrat olahan juga bisa memicu naiknya kadar gula darah di dalam tubuh dan merupakan salah satu penyebab obesitas yang akan semakin memperburuk kondisi gangguan sleep apnea.

5. Garam

Hasil sebuah penelitian University of Toronto mengungkapkan bahwa penderita sleep apnea obstruktif umumnya lebih banyak mengonsumsi garam bahkan hingga 2x lipat dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki gejala penyakit sleep apnea. Cara Tradisional Menyembuhkan Sleep Apnea

Bahaya Sleep Apnea

Hati-hati !! Ternyata sleep apnea bisa menimbulkan komplikasi kesehatan yang cukup fatal. Lantas apa saja komplikasi tersebut ? Berikut ini uraiannya :

  1. Hipertensi atau tekanan darah tinggi
  2. Diabetes tife 2
  3. Sindrom metabolik
  4. Gangguan fungsi hati
  5. Penyakit kardiovaskular.

Selain itu, seorang penderita sleep apnea sangat rentang mengalami kecelakaan. Gangguan tidur yang dialaminya pada malam hari akan menyebabkan rasa kantuk yang berlebihan pada siang hari. Sehingga resiko kecelakaan pada seorang penderita sleep apnea ini sangat teramat besar.

Tahukah Anda ?? Ketika suplay oksigen di dalam tubuh terhambat. Maka akan banyak sekali jeringan organ yang terganggu fungsinya, terutama jaringan otak. Dan jika gangguan sleep apnea ini berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, maka tentu saja akan menimbulkan efek yang cukup fatal bahkan hingga kematian.

Ya, karena hasil sebuah studi menunjukan bahwa gangguan denyut jantung ketika tidur pada penderita sleep apnea lebih memungkinkan untuk menyebabkan kematian. Sedang pada kasus kematian umum lainnya, terjadi pada saat  beberapa jam setelah penderita penderita sleep apnea bangun tidur.

Cara Tradisional Menyembuhkan Sleep Apnea

Segera lakukan upaya pencegahan agar penyakit sleep apnea tersebut tidak menimbulkan resiko komplikasi yang jelas akan sangat teramat membahayakan kondisi kesehatan Anda sebagai penderitanya. Dan cara pengobatan terbaik untuk penyakit sleep apnea hanya bisa Anda temukan pada produk herbal QnC Jelly Gamat, disini.

Posted by : wajarsehat.com

Cara Tradisional Menyembuhkan Sleep Apnea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp