Home KESEHATANCara Menyembukan Pilek Kurang dari 2 Hari

Cara Menyembukan Pilek Kurang dari 2 Hari

Cara Menyembukan Pilek Kurang dari 2 Hari

Cara Menyembukan Pilek Kurang dari 2 Hari – Pilek atau juga yang dikenal dengan salema, ingusan, nasofaringitis, koriza akut atau rinofaringitis merupakan suatu konsisi infeksi virus pada saluran nafas yang menyerang bagian hidung. Akan tetapi sinus, tenggorokan dan pita suara biasanya juga akan ikut terpengaruh.

Cara Menyembukan Pilek Kurang dari 2 Hari

Ternyata, ada sekitar lebih 200 strain virus penyebab pilek yang ada di dunia. Dan virus yang paling umum dalam menyebabkan pilek ialah rhinovirus. Jenis virus yang satu ini mudah sekali menyebar melalui udara dan benda-benda yang telah terkontaminasi. Dan tidak ada vaksin yang di khususkan untuk pilek.

Metode pencegahan sendiri bisa dilakukan dengan melakukan gerakan indual higine. Pilek sendiri merupakan sejenis penyakit infeksi yang paling sering dialami oleh manusia. Karena umumnya, orang dewasa bisa mengalami pilek 4x dalam setahun. Sedangkan anak-anak bisa terkena pileh hingga 8x pertahun. Cara Menyembukan Pilek Kurang dari 2 Hari

Penyebab Pilek

Adapun beberapa penyebab yang menimbulkan terjadinya pilek, diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Virus

Sebagai suatu jenis penyakit infeksi yang mudah menular. Tentunya dapat dipastikan bahwa penyebab utama pilek diakibatkan oleh virus. Dan ada banyak sekali jenis virus yang menjadi penyebab pilek, bahkan ada sekitar 200 jenis virus.

  • Iklim

Dalam teori tradisional banya dipercayai bahwa pilek diakibatkan oleh paparan dari kondisi iklim huk=jan dan suhu yang cukup dingin. Dari itulah, pilek juga disebut dengan cold (dalam bahasa inggris)

  • Penularan

Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa penyebab lain dari virus penularan dari orang lain yang telah terinfeksi lebih dulu. Karena hanya dengan mengirup udara disekitar area mereka yang tengah mengalami pilek. Maka virus pilek akan cepat masuk ke dalam tubuh.

  • Daya tahan tubuh rendah

Memiliki daya tahan tubu yang kurang fit, akan membuta virus penyebab pilek lebih cepat masuk ke dalam tubuh. Karena memang perisai tubuh dari berbagai macam penyakit tengah mengalami gangguan.

  • Usia

Usia juga bisa menjadi salah satu penyebaba dari pilek. Karena mereka yang memiliki usia yang jauh muda akan lebih rentan terkena pilek dibandingkan dengan mereka yang telah memiliki usia yang lanjut.

Gejala Sakit Pilek

Gejala pilek sendiri diyakini memiliki keterikatan dan keterkaitan dengan sistem imun di dalam tubuh. Respon sistem imun yang dihasilkan juga akan berbeda, hal tersebut tergantung kepada jenis virus apa yang singgah. Akan tetapi, identifikasi jenis virus tidak dapat dilakukan dengan tangan kosong atau hanya mengandalkan dengan mengukur dari tingkat gejalanya saja.

Adapun gejala pilek yang paling umum terjadi, diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Batuk-batuk
  • Demam
  • Ingusan
  • Hidung tersbumbat
  • Sakit tenggorokan
  • Tenggorokan gatal
  • Pusing atau sakit kepala
  • Nafsu amakan berkurang
  • Suara serak
  • Berkurangnya indera penciuma
  • Mata berair
  • Seperti ada tekanan pada wajah dan telinga.

Dan hampir sekitar 40% penderita pilek selalu disertai dengan rasa mnyeri pada tenggorokan. Dan 50% dari mereka yang mengalami pilek juga umumnya akan mengalami sakit otot dan persendian, juga terkena batuk-batuk. Sementara gejala demam lebih cenderung terjadi pada anak-anak dibandingkan pada orang dewasa.

Dan umumnya sakit pilek diawali dengan sakit body ringan, selalu merasa kedinginan, sakit kepala serta bersin-bersin. Gejala yang akan ditimbulkan juga akan mengalami peningkatan pada hari ke-2 dan hari-3 setlah terjangkit infeksi. Gejala tersebut bisa berlangsung bahkan hingga 3 minggu. Cara Menyembukan Pilek Kurang dari 2 Hari

Makanan Sehat untuk Penderita Pilek

Adapun referensi menu makan sehat bagi Anda yang tengah mengalami pilek, agar bisa membantu menunjang kesembuhan Anda dari penyakit pilek yang mengganggu. Dan diantara beberapa referensi menu makan sehat pilek untu Anda ialah sebagai berikut :

  • Sayur Sop

Sayur sop hangat adalah cara klasik yang kerap digunakan untuk membantu melegakan hidung yang tersumbat. Kuah panasnya akan memberikan efek yang baik. Selain itu, kaldu ayam yang dinakan pada sayur sop memiliki kandungan anti-iflamasi yang akan membantu mengurangi infeksi pada hidung dan sinus. Bakan kandungan antioksidan dan fitokimianya juga akan membantu mempercepat penyembuhan.

  • Teh Jahe

Jahe adalah sejenis rimpang yang memiliki kandungan anti-inflamasi yang sangat baik untuk membantu melegakan pilek. Selain teh, Anda juga bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk wedang. Dan bukan hanya jahe, Anda juga bisa memanfaatkan kayu manis kunyit dan cengkeh untuk mengatasi pilek Anda tersebut.

  • Bawang Putih

Sama halnya seperti jahe, ternyata bawang yang memiliki aroma tidak sedap ini juga memiliki kandungan anti-inflamsi, anti-bakteri, serta anti-virus yang akan membantu membunuh bakteri penyebab pilek secara alami dan tuntas.

  • Pisang

Jika kondisi tubuh Anda mulai berangsur pulih, kami sarankan Anda rutin mengonsumsi pisang untuk memebantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda, agar pilek yang pernah Anda alami ta mudah balik lagi.

Pantangan Makan untuk penderita Pilek

Adapun beberapa jenis makanan, yang sebaiknya tidak Anda konsumsi terlebih dahulu jika Anda masih pilek atau tengah dalam masa pemulihan. Dan diantara beberapa pantangan makan untuk Anda yang tengah menderita sakit pilek, ialah sebagai berikut :

  • Minuman yang terlalu dingin, seperti es
  • Alkohol
  • Minuman yang mengandung kafein seperti kopi
  • Makanan yang memiliki rasa pedas dan asam
  • Makanan yang mengandung banyak lemak
  • Makanan yang di goreng.

Bahaya Sakit Pilek

Perlu Anda ketahui bahwa ternyata, pilek bisa menunjukan adanya indikasi penyakit lain yang tengah menyerang tubuh Anda. Terlebih jika dalam kurun waktu 3 minggu pilek Anda tak kunjung menunjukan adanya upaya untuk sembuh. Karena bisa jadi ini merupakan tanda awal dari penyakit pneumonia, asma atau berbagai jenis penyakit paru lainnya.

Selain itu, pilek yang bersifat kambuhan menunjukan bahwa kondisi sistem imun tubuh Anda benar-benar tengah dalam keadaan lemah. Dan apabila ingus Anda memiliki warna yang beragam maka waspadalah terhadap indikasi dari adanya infeksi dari bakteri dan jamur.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi jika sakit pilek membuat berat badan anda menjadi turun. Maka Anda harus berwaspada, karena bisa jadi hal tersebut menunjukan adanya indikasi dari penyakit meningitis, hipertiroidisme, HIV/AIDS atau bahkan kanker.

Cara Menyembukan Pilek Kurang dari 2 Hari

Ingin segera sembuh dari pilek menahun secara total tanpa kambuh ?? Sudah merasa bosan dengan bau ingus yang selalu mengikuti Anda ?? Atau justru apakah buah hati Anda yang terkena pilek ?? Ingin Buah hati Anda segera sembuh ? Langkah yang tepat sekali Anda datang kesini ! Karena disini Anda akan menemukan cara pengobatan pilek berikut penyembabnya hingga tuntas.

Dengan khasiat yang maksimal hingga 3x lebih cepat dibandingkan dengan cara atau metode pengobatan lain. Dan Anda tak perlu risa, karena metode pengobatan yang satu ini akan memberikan khasiat tanpa menimbulkan efek samping sama sekali. Ya, hanya disini.. Dan disini saja Anda akan mendapatkan cara pengobata mutahir dari metode pengobatan herbal »QnC Jelly Gamat«

»Ingin Tahu Informasi Lengkapnya ???«

Posted by : wajarsehat.com

Cara Menyembukan Pilek Kurang dari 2 Hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp