Home KESEHATANCara Menyembuhkan Tekanan Darah Rendah yang Baik

Cara Menyembuhkan Tekanan Darah Rendah yang Baik

Cara Menyembuhkan Tekanan Darah Rendah yang Baik

Cara Menyembuhkan Tekanan Darah Rendah yang Baik – Anda kerap merasa pusing meskipun tak melakukan aktivitas yang berat ? Hati-hati, bisa jadi tubuh Anda tengah memiliki tekanan darah yang rendah. Karena pada beberapa kasus tekanan darah rendah, banyak diantara penderitanya bahkan hingga mengalami pingsan.

Cara Menyembuhkan Tekanan Darah Rendah yang Baik

Tekanan darah rendah atau yang dalam istilah medis lebih dikenal dengan hipotesnsi merupakan suatu kondisi dimanan jumlah hemoglobin di dalam tubuh tengah sangat rendah dibandingkan dengan kondisi normal. Tekanan darah dihasilkan ketika jantung hanya bisa memompa darah dan menyebarkannya ke seluruh tubuh di bawah tekanan normal.

Tekanan yang menjadi tolak ukur kuat atau tidaknya laju darah di dalam tubuh disebut dengan tekanan darah. Dan jika tekanan darah di dalam pembuluh arteri tidak seperti biasanya, maka hal tersebut bisa dikatakan sebagai kondisi hipotensi. Kondisi ini juga besar kemungkinan menandakan bahwa otak, jantung dan bagian tubuh lainnya tidak mendapatkan suplay darah yang cukup.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa tekanan darah normal berada pada angka 120/80 mmHg. Dan jika hasil tes menunjukan tekanan darah berada pada angka 90/60 mmHg berarti menunjukan bahwa Anda tengah berada pada kondisi tekanan darah rendah. Tentu saja bukan hanya satu, namun kondisi ini dipicu oleh berbagai kondisi.

Seperti masa kehamilan, faktor psikologi, alergi, serta adanya gangguan pada jantung. Meskipun terkadap, tekanan darah rendah kerap disepelekan. Namun fakta menunjukan bahwa kondisi ini bisa memicu hal yang lebih serius bahkan bisa menyebabkan kematian. Cara Menyembuhkan Tekanan Darah Rendah yang Baik

Jenis-jenis tekanan darah rendah (hipotensi) menurut penyebab terjadinya :

1. Hipotensi Ortostatik

Jenis tekanan darah rendah yang satu ini umumnya akan terjadi ketika Anda berubah posisi secara tiba-tiba. Seperti ketika Anda tengan duduk atau tidur lantas Anda beralih ke posisis berdiri dengan terburu-buru. Kondisi ini biasanya akan memebuat tekanan darah turun hingga 20/10 mmHg.

Sehingga tak jarang orang yang bangun secara tiba-tiba dari tidurnya bisa merasakan dampak buruk seperti kehilangan keseimbangan berkunang-kunang, penglihatan menjadi buram atau kabur bahkan hingga pingsan.

2. Hipotensi Postprandial

Hipotensi postprandial adalah suatu kondisi dimana terjadi penurunana tekanana darah hingga 20 mmHg yang biasa dirasakan 2 jam setelah makan. Jenis tekanan darah rendah yang satu ini, lebih umum dialami oleh mereka yang telah menginjak usia lanjut, terutama bagia mereka yang mengidap gangguan penyakit parkinson.

3. Hipotensi Vasovagal

Tekanan darah rendah vasovagal ini biasanya menyerang mereka yang masih berusia anak-anak atau remaja. Dan kondisi ini umumnya terjadi akibat seseorang melakukan aktivitas berdiri terlalu lama. Misalnya kegiatan upacara yang mengharuskan semua peserta berdiri dalam waktu yang cukup lama.

Sehingga banyak yang mengalami pingsan pada saat tersebut. Dan pingsan tersebut terjadi akibat tekanan darah mereka yang tiba-tiba rendah . Namun kabar baiknya, penderita tekanan darah rendah vasovagal ini hanya akan berlangsung dalam waktu yang singkat.

4. Hipotensi Kronis

Hipotensi kronis ialah suatu kondisi tekanan darah rendah yang telah terjadi selama bertahun-tahun. Dan kondisi ini umumnya akan di aami oleh mereka yang mengidap gangguan penyakit jantung serta penyakit addison.

4. Hipotensi Akut

Jenis tekanan darah rendah akut adalah suatu kondisi dimana organ yang ada di dalan tubuh tidak mendapat suolay darah dan oksigen secara cukup, Kondisi ini kerap di sebut-sebut memiliki keterkaitanvyang sangat erat dengan rasa kaget atau syok berat.

Selain itu tekanan darah rendah jenis akaut ini kerap menimbulkan gejala seperti dehidrasi, infeksi yang cukup serius, pendarahan yang cukup, banyak namun dalam waktu yang singkat bahkan hingga serangan jantung. Cara Menyembuhkan Tekanan Darah Rendah yang Baik

Penyebab Tekanan Darah Menjadi Rendah

Tak hanya satu, namun ada berbagai hal yang bisa membuat seseorang mengalami tekanan darah yang cukup rendah. Dan diantra beberapa penyebab dari tekanan darah rendah tersebut ialah sebagai berikut :

1. Dehidrasi

Dari begitu banyak masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan oleh dehidrasi, siap yang menyangkan bahwa gangguan tekanan darah rendah adalah salah satunya ? Karena fakta menunjukan bahka ketika tubuh seseorangvtengah mengalami kekurangan cauiran maka fungsi darah yang tidak terlepas dari peranana air, tidak dapat melakukan tugasnya secara normal.

Sehingga tentu saja kondisi ini akan membuat tekanan darah pada pmebuluh darah vena dan pada pembuluh darah arteri menjadi rendah dan terjadilah hipotensi. Cara Menyembuhkan Tekanan Darah Rendah yang Baik

2. Perubahan Hormon

Tak bisa dipungkiri bahwa perubahan hormon yang dialami oleh tubuh tentu akan selalu menimbulkan dampak yang cukup berpengaruh untuk kkesehatan dan tubuh seseorang. Dan salah satu perubahan hormon yang berpengaruh terhadap kondisi tekanan darah ialah pada penyakit addison.

Penyakit addison sendiri merupakan suatu kondisi dimana sistem imunitas tubuh menjadi bumerang dan merusak bagian kelenjar-kelenjar adrenal. Penyakit ini menyerang dua buah kelenjar yang berfungsi untuk membantu mengontrol dan menjaga keseimbangan darah di dalam tubuh. Sehingga jelas saja bahwa penyakit ini akan menimbulkan gangguan pada tekanan darah.

3. Penyakit Jantung

Jantung adalah salah satu organ yang sangat vital pada jaringan tubuh manusia. Tentu saja, karena fungsi utamanya yang tidak bisa terlepas dari kegiatan memompa darah untuk kemudian menyebarkannya keseluruh tubuh. Membuat adanya gangguan pada organ yang satu ini juga tentu akan menimbulkan dampak yang sangat berpengaruh terhadap tekanan darah pada tubuh seseorang.

Dan kondisi tekanan darah rendah kerap kali di temukan pada mereka yang memiliki gangguan penyakit gagal jantung serta serangan jantung. Cara Menyembuhkan Tekanan Darah Rendah yang Baik

4. Masa Kehamilan

Pada masa kehamilan, seorang wanita memiliki peradarah darah yang jauh lebih cepat dibandingkan pada kondisi peredaran darah wanita normal pada umumnya. Kondisi ini dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi pada wanita hamila akan menyebabkan pembuluh darah mengalami pembesaran sehingga tekanan darah akan mengalami penurunan.

Tekanan darah rendah pada seorang wanita hamil sendiri, umumnya akan terjadi pada trisemester pertama dan pada trisemester kedua.

4. Kondisi Neurologis

Jika berbicara kondisi neurogis yang menyababkan gangguan pada tekanan darah, maka tentu tak akan terlepas dari gangguan penyakit syaraf parkinson. Parkinson sendiri merupakan sejenis penyakit yang menggangu fungsi kinerja syaraf.

Lantas apa hubungan antara parkinson dan tekanan darah rendah ? Perlu Anda ketahui bahwa tekanan darah di dalam tubuh manusia dikendalikan oleh syaraf otonom. Namun pada penderita parkinson, syaraf tersebut akan terganggu dan tak bisa menjalanan fungsinya dalam mengontrol tekanan darah di dalam tubuh.

5. Anemia

Mendengar kata anemia tentu Anda juga sudah bisa menyimpulkan sendiri bahwa kekurangan darah di dalam tubuh tentu akan menimbulkan dampak negatif terhadap kondisi tekanan darah di dalam tubuh.

Gejala Tekanan Darah Rendah

Gejala khas sebagai pertanda bahwa seseorang memiliki tekanan darah yang rendah, diantaranya ialah sebagai berikut :

Penderita kerap mengalami pusing atau sakit kepala atau kepala berkunang-kunang
Pandangan menjadi buram bahkan hingga kabur
Wajah pucat dan tidak bersemangat
Lebih sering mengantuk dan kerap menguap-nguap
Timbul sensasi mual diperut
Nafas relatif lebih cepat dan dangkal
Adanya keterbatasan dari fungsi otak
Timbul rasa harus yang ekstrem
Kerap mengalami kebingungan
Badan selalu terasa dingin
Kepala lebih terasa ringan
Lemas.

Tentu saja beberapa kondisi tersebut di picu oleh berbagai faktor penyebab yang berbeda-beda. Dan jika Anda tak ingin mengalami beberapa hal atau kondisi tersebut, menghindari faktor penyebab yang bisa dihindari adalah hal yang sangat tepat. Cara Menyembuhkan Tekanan Darah Rendah yang Baik

Menu Makanan Terbaik untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

Selain upaya pengobatan, makanan juga merupakan salah satu solusi terbaik untuk membantu mengatasi tekanan darah pada seseorang. Adapun anjuran makanan bagi seorang penderita tekanan darah rendah diantaranya ialah sebagai berikut :

√ Daging

Selain memang menjadi makanan yang khas disajikan sebagai menu lauk pauk pada saat makan. Ternyata daging juga memiliki banyak khasiat yang sangat baik untuk membantu menunjang kondisi kesehatan tubuh, jika dikonsumsi dalam porsi yang normal dan cenderung wajar-wajar saja.

Tak hanya itu, Anda perlu tahu bahwa daging memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Sehingga sangat baik untuk membantu meningkatkan produksi hemoglobin di dalam tubuh secara alami. Yang tentunya akan sangat cocok di konsumsi oleh Anda yang tengah mengalami penurunan tekanan darah.

√ Buah-buahan

Banyak sekali diantara ragam buah-buahan yang memiliki manfaat untuk menambah serta memperlancar aliran darah di dalam tubuh. Dan beberapa jenis buah yang recomended sekali ialah : Kismis, melon, apel, plum anggur, jeruk dan limau.

√ Sayuran Hijau Segar

Sayuran hijau segar merupakan sejenis sayuran yang kaya nutrisi dan vitamin. Berbagai kandungan yang terdapat pada sayuran hijau segar akan membantu meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh secara lebih alami dan dapat membantu meminimalisir terjadinya resiko penyakit anemia.

√ Kacang Almond

Dari berbagai jenis kacang, kacang almond adalah sejenis kacang yang paling tinggi akan kandungan protein dan vitamin E. Dengan mengonsumsi 1 0ns kacang almond setiap harinya, berarti Anda telah menyumbang sekitar 6% zat besi ke dalam tubuh. Yang berarti Anda juga telah mendukung peningkatkan produksi hemoglobin secara alami di dalam tubuh Anda.

√ Havermut, Sereal dan Roti

Ketiga jenis makanan ini akan menyumbang sekitar 20% zat besi pada tubuh Anda secara alami. Untuk itu jangan lupa memasukan ketiga jenis makanan ini ke dalam list menu harian Anda.

Pantangan Makanan untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

Meskipun makanan adalah hal yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Namung selektif dalam pemilihan aneka jenis makanan yang akan dikonsumsi adalah hal yang sangat bijak. Karena apa ? Karena apapun makanan yang dikonsumsi, tentu akan menimbulkan dampak terhadap kondisi kesehatan tubuh.

Adapun beberapa jenis makanan yang akan menimbulkan dampak pada menurunnya tekanan darah pada seseorang, diantaranya ialah sebagai berikut :

× Makanan asam
× Makanan yang tidak mengandung serat
× Makanan yang rendah gula dan garam
× Berbagai jenis makanan yang diolah dengan cara di goreng
× Batasi konsumsi mie instant
× Junk food dan fast food
× Air kelapa
× Alkohol, soda dan kafein
× Belimbing, pare, mentimun dan labu parang.

Bahaya Tekanan Darah Rendah

Tahukah Anda apa bahaya dari kondisi tekanan darah rendah yang terjadi pada diri Anda ? Nah, sangat perlu Anda ketahui bahwa tekanan darah rendah atau hipotensi akan membuat jantung Anda bekerja lebih lemah dibandingkan kondisi yang nrmal. Sehingga tugasnya dalam memompa darah yang mengandung osigrn dan menyebarkannya keseluruh tubuh akan mengalami kendala.

Lantas apa dampaknya ? Sangat jelas, bagian dari organ tubuh yang tak tersuplay darah yang mengandung oksigen terutama organ-organ yang cukup vital seperti otak, ginjal dan jantung. Akan membuat jaringan organ tersebut tidak bisa menjalankan fungsinya secara sempurna. Dan tentu bukan jika demikian, bukan hanya satu namun akan timbul banyak masalah pada tubuh.

Seperti menurunnya fungsi kognitif otak, lebih mudah lupa meski masih muda, bahkan hingga bahaya serangan jantung juga kerap di khawatirkan akan menghantui kondisi penderita pengidap tekanan darah rendah.

Cara Menyembuhkan Tekanan Darah Rendah yang Baik

Anda kerap di hantui oleh rasa pusing ? Bahkan kerap pingsan dimana saja ? Tak ingin hal tersebut terulang kembali ? Ingin segera sembuh ?? Lebih cepat ? Lebih alami ? Dan tanpa menimbulkan resiko efek samping ?? Inilah dia saatnya untuk menumpas berbagai keluhan tersebut dengan cara yang sangat Anda idam-idamkan.

Hanya disini dan disini saja Anda akan menemukan cara tersebut dengan menggunakan obat herbal penambah darah TERBAIK, TERAMAN dan TERPERCAYA.

Posted by : wajarsehat.com

Cara Menyembuhkan Tekanan Darah Rendah yang Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp