Cara Menyembuhkan Sembelit pada Ibu Hamil Paling Aman

Cara Menyembuhkan Sembelit pada Ibu Hamil Paling Aman

Cara Menyembuhkan Sembelit pada Ibu Hamil Paling Aman – Sembelit merupakan suatu kondisi dimana fungsi kinerja pergerakan usus mulai menurun, sehingga seseorang akan keselitan dalam buang air besar untuk jangka waktu yang cukup lama.

Cara Menyembuhkan Sembelit pada Ibu Hamil Paling Aman

Dalam istilah kedokteran, sembelit lebih dikenal dengan nama konstipasi. Dan kondisi ini umumnya juga diartikan sebagai kondisi seseorang yang melakukan buang air besar kurang dari 3x dalam seminggu.

Kondisi ini memang bisa mempengaruhi fase-fase buang air besar, dari mulai tidak teratur, kesulitan buang air besar, tidak bisa buang air besar secara teratur atau bahkan benar-benar tidak bisa buang air besar sama sekali.

Seorang penderita bisa mengalami sembelit dalam tingkat yang berbeda-beda. Ada yang mengalami gangguan tersebut hanya dalam waktu yang singkat bahkan ada yang harus merasakan sembelit dalam jangak waktu yang panjang (kronis).

Selain ketidaknyamanan, sembelit umumnya juga bisa menimbulkan rasa nyeri yang jelas akan mempengaruhi keberlangsungan aktivitas sehari-hari.

Sembelit sendiri merupakan penyakit yang sangat umum dan bisa di derita oleh siapa saja. Meskipun faktanya, namun penyakit ini 2x lipat lebih banyak dialami oeh perempuan dibandingkan oleh laki-laki.

Terutama mereka (wanita) yang tengah dalam masa kehamilan. Selain wanita hamil, sembelit juga kerap dilamai oleh mereka yang telah memasuki usia lanjut. Cara Menyembuhkan Sembelit pada Ibu Hamil Paling Aman

Penyebab Sembelit pada Ibu Hamil

Penyebab sembelit pada seseorang bisa satu atau bahkan lebih faktor. Sehingga memahami dasar poin-poin apa saja yang menjadi penyebab gangguan konstipasi adalah hal yang perlu untuk dilakukan.

1. Kurang Cairan

Kurang cairan atau dehidrasi di dalam tubuh bisa mengakibatkan feses menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan. Untuk itu, seorang ibu hamil yang ingin terbebas dari bahaya sembelit maka dianjurkan untuk mengonsumsi air putih sekurang-kurangnya 8 gelas perhari.

2. Cokelat

Hasil beberapa studi menunjukan cokelat memiliki keterkaitan yang cukup erat dengan terjadinya sembelit pada seseorang. Nah, jika Anda termasuk salah satu penggemar cokelat, maka mulai kurangilar pengonsumsiannya dari sekarang.

3. Masa Kehamilan atau Persalinan

Sembelit sendiri adalah salah satu masalah yang banyak dikeluhakan oleh pada wanita hamil. Sembelit pada ibu hamil sendiri bahkan bisa berlanjut hingga pasca masa persalinan tiba.

Dan sejatinya kondisi sembelit pada ibu hamil tersebut diakibatkan oleh melemahnya fungsi-fungsi kinerja otot perut. Atau bisa juga merupakan efek samping dari obat pereda sakit.

4. Terlalu Banyak Mengonsumsi Daging

Daging memang memiliki banyak kandungan nutrisi, namun terlalu banyak mengonsumsi daging tanpa di imbangi dengan makanan yang mengandung serat juga akan berakhir buruk. Karena bisa menyebabkan timbulnya sembelit.

5. Vitamin

Secara umum, sebenarnya mengonsumsi suplemen vitamin tidak akan menyebabkan seseorang mengalami sembelit. Namun perlu Anda ketahui, beberapa kandungan pada vitamin seperti kalsium dan zat besi adalah pemicu sembelit.

6. Efek Samping Obat-obatan

Sebuah hasil penelitian menunjukan bahwa umumnya seseorang yang tengah mengalami sembelit adalah mereka yang menggunakan obat anti-nyeri dan obat anti-depresan dalam jangka panjang.

7. Hipotiroid

Meskipun jarang disadari, kurang aktif atau tidak aktifnya kelenjar tiroid akan memperlambat proses metabolisme di dalam tubuh dan juga usus.

Memang, bahwa tisak semua penderita hipotiroid akan mengalami sembelit. Namun, seorang penderita sembelit kronis akan kembali mengecek kadar tiroidnya.

8. Diabetes

Diabetes adalah sejenis penyakit kronis yang jika tak segera ditangani dengan upaya penanganan yang tepat. Maka penyakit tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada sistem syaraf yang berfungsi untuk mencerna makanan.

9. Olahraga

Siapa sangka, ternyata kurang melakukan aktivitas olehraga bisa memicu kondisi sembelit. Sehingga jika Anda ingin terbebas dari gangguan sembelit maka, Anda disarankan untuk melakukan olahraga minimal 30 menit dalam sehari.

Selain itu beberapa kondisi lain seperti pola makan yang buruk, kurang mengonsumsi serat, kekurangan atau kelebihan berat badan, serta stres ataupun depresi juga merupakan kondisi-kondisi pemicu sembelit.

Sedangkan sembelit pada ibu hamil kerap terjadi pada trisemester pertama kehamilan. Kondisi ini diakibatkan oleh karena seorang wanita hamil pada periode pertama akan menghasilkan hormon progesteron dalam jumlah yang banyak.

Peningkatan jumlah hormon progesteron yang berfungsi untuk pelemas otot ini juga akan berimbas pada menurunnya fungsi kinerja usus untuk berkontraksi dan mendorong feses keluar. Cara Menyembuhkan Sembelit pada Ibu Hamil Paling Aman

Gejala Sembelit pada Ibu Hamil

Gejala utama dari sembelit ialah kesulitan buang air besar, yang membuat buang air besar lebih jarang dari biasanya (kurang dari 3 x dalam seminggu ).

Selain itu, sembelit juga disertai dengan beberapa gejala umum lainnya yang meliputi :

  1. Harus mengejan keras pada saat buang air besar
  2. Proses buang air besar tidak selesai
  3. Terasa ada yang mengganjal pada rektum
  4. Mual
  5. Perut kembung
  6. Sensai penuh pada perut
  7. Nafsu makan berkurang
  8. Feses terlihat kering keras dan menggumpal
  9. Ukuran feses bisa sangat besar atau justru sangat kecil
  10. Nyeri perut terutama perut bawah hingga timbul sensasi kram.

Karena sembelit juga kerap dialami oleh anak-anak dan bayi, maka tak ada salahnya untuk lebih memahami apa saja yang menjadi gejala ataupun tanda sembelit pada anak-anak atau bayi.

Pada dasarnya gejala sembelit pada anak-anak ataupun bayi memang hampir sama dengan gejala pada orang dewasa. Namun, adapula beberapa gejala lain seperti kentut atau feses berbau busuk, lemas, rewel, ada bercak dicelana dan murung. Cara Menyembuhkan Sembelit pada Ibu Hamil Paling Aman

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil yang Tengah Sembelit

Sebagai salah satu penyebab dari sembelit, maka memperhatikan makanan baik dan buruk untuk dikonsumsi adalah hal yang utama.

Dan berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang sangat dinajurkan untuk ibu hamil yang tengah mengalami sembelit :

1. Mentimun

Timun adalah sejenis sayuran segar yang kaya akan kandungan air. Tentu saja timun adalah makanan yang tepat untuk melengfkapi gizi harian seorang ibu hamil agar terbebas dari gangguan sembelit.

Selain itu, timun juga memiliki kandungan serat, vitamin C, posfor, kalium, zat besi dan air yang cukup untuk membantu mengatasi sembelit pada ibu hamil.

2. Pepaya

Bukan hanya mentimun, namun pepaya juga merupakan salah satu makanan terbaik untuk membantu mengatasi sembelit pada ibu hamil.

Selain memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap pepaya juga memiliki kandungan enzim papain yang berfungsi untuk membantu melunakan feses agar lebih mudah untuk dikeluarkan.

3. Stawberi

Stawberi adalah sejenis buah yang mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C pada buah stawberi memiliki fungsi untuk membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

Selain itu, kandungan vitamin C pada stawberi juga bermanfaat untuk membantyu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

4. Kismis

Buah kismis adalah sejenis buah yang memiliki sifat sebagai pencahar alami. Sehingga dengan mengonsumsinya secara rutin, maka akan membantu mengatasi sembelit pada ibu hamil.

5. Cincau

Selain dipercaya memiliki khasiat untuk membantu meredakan panas dalam. Cincau juga merupakan sejenis gel yang memiliki khasiat untuk membantu meningkatkan fungsi sistem saluran cerna.

Dan kondisi tersebut tidak terlepas dari peranan kandungan serat yang dimiliki oleh cincau tersebut.

Pantangan Makanan untuk Ibu Hamil yang Tengah Sembelit

Dan untuk mencegah kondisi sembelit semakin memburuk di masa kehamilan Anda, maka hindari beberapa jenis makanan berikut ini :

  1. Makanan yang mengandung gluten seperti roti tawar putih, mie instant, sereal, pasta, kue-kue kering dan biscuit.
  2. Minuman manis
  3. Daging merah
  4. Gorengan dan makanan cepat saji
  5. Makanan yang terlalu asin
  6. Makanan yang rendah akan serat
  7. Buah pisang yang masih mentah, serta
  8. Beberapa jenis obat-obatan tertentu.

Bahaya Sembelit pada Ibu Hamil

Ingat !! Meskipun kerap disepelekan. Sembelit yang berlangsung dalam jangka waktu yang panjang terutama pada ibu hamil besar kemungkinan akan menimbulkan resiko penyakit wasir.

Jadi memahami gejala, penyebab dan melakukan upaya pengobatan untuk membantu mengatasi sembelit Anda adalah hal yang harus Anda lakukan.

Cara Menyembuhkan Sembelit pada Ibu Hamil Paling Aman

Jangan abaikan resiko wasir ya bunda. Ya, tentu saja sembelit yang terjadi dalam jangka waktu yang cukup panjang dan tidak mendapatkan upaya perawatan yang serius dapat memicu terjadinya penyakit wasir.

Untuk itu, kali ini kami menyarankan agar bunda sesegera mungkin melakukan upaya pengobatan agar gangguan sembelit yang bunda alami bisa segera sembuh kembali.

Namun sangat teramat disayangkan.. Pasalnya seorang wanita yang tengah dalam masa kehamilan tidak dapat melakukan upaya pengobatan secara sembarangan. Karena salah-salah bisa menganggu kondisi kesehatan janin di dalam rahim.

Eits.. eits.. eits.. Namun jangan khawatir bunda.. Karena kali ini, bunda bisa menemukan metode pengobatan yang tepat dan paling aman untuk sembelit bunda. Ya, metode pengobatan alami yang jauh dari kata efek samping apalagi sampai mengganggu perkembangan janin.

Benar saja, hanya disini bunda akan menemukan metode pengobatan tersebu terbaik untuk masalah sembelit bunda tersebut. Dan metode pengobatan tersebut hanya akan bunda temukan pada produk kesehatan herbal dari QnC Jelly Gamat.

Posted by : wajarsehat.com

Cara Menyembuhkan Sembelit pada Ibu Hamil Paling Aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan Chat Disini!!