Home KESEHATANCara Menyembuhkan Sariawan Secara Alami

Cara Menyembuhkan Sariawan Secara Alami

Cara Menyembuhkan Sariawan Secara Alami

Cara Menyembuhkan Sariawan Secara Alami – Sariawan atau yang dalam istilah medis di sebut dengan stomatitis aftosa merupakan sejenis luka mulut yang menimbulkan rasa sakit. Luka tersebut biasa berbentuk bulat atau oval yang berisikan cairan berwarna putih dan atau kuning yang di kelilingi oleh garis berwarna merah akibat peradangan.

Cara Menyembuhkan Sariawan Secara Alami

Pada umumnya, sariawan bisa tumbuh lebih dari satu pada seorang penderitanya. Selain itu, ia juga kerap tumbuh di bagian dalam pipi, mulut lidah dan gusi. Meskipun bukan termasuk penyakit yang menular, akan tetapi dalam beberapa kasus yang ditemukan sariawan diakibatkan oleh infeksi suatu virus.

Dan remaja dengan berkisar usia 10-19 memiliki resiko yang cukup tinggi terkena sariawan, terlebih bagi mereka yang kurang menjaga kebersihan mulut dan rongga mulutnya. Dalam kondisi normal, sariawan memang akan sembuh dengan sendirinya meski tanpa upaya pengobatan.

Akan tetapi, lain halnya jika sariawan bertahan lebih lama atau bahkan lebih dari 2 minggu, berarti itu menunjukan adanya penyakit lain yang salah satu tandanya ialah dengan kemunculan sariawan.

Penyebab Sariawan

Penyebab umum dari sariawan sendiri ialah kurang menjaga kebersihan mulut, melemahnya daya tahan tubuh, serta adanya suatu infeksi virus tertentu. Akan tetapi adapun penyebab lain dari sariawan yang perlu Anda ketahui, diantaranya ialah :

  • Kekurangan aupan nutrisi asam folat dan vitamin B
  • Adaptasi mulut setelah berhenti merokok
  • Terjadi cidera pada area mulut
  • Adanya perubahan hormon
  • Efek samping dari menggunakan obat-obatan tertentu
  • Menggunakan pasta gigi yang mengandung natrium lauret sulfat
  • Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu
  • Kondisi psikis, seperti stres
  • Gejala dari penyakit lain, seperti penyakit crohn, celiac, arthritis reaktif, penyakit bencet, HIV dan lupus.

Gejala Sariawan

Berdasarkan ukurannya sendiri, luka sariawan ini dibadi menjadi tiga yaitu minor, mayor serta herpatiformis. Luka minor sendiri memiliki ukuran diameter kurang dari 1 cm, sedangkan luka sariawan minor berkisar 1 bahkan sampai 3 cm yang lebih kerap tumbuh lidah dan di langit-langit mulut.

Sedangkan jenis luka ketiga yaitu herpatiformis adalah sejenis luka sariawan yang jarang sekali di temukan. Ukurannya jug cenderung lebih kecil yaitu hanya berkisar antara 1-2 mm saja. Akan tetapi luka jenis ini justru lebih mengerikan, karena hidup berkelompok dan bisa terdiri dari 10 bahkan hingga 100 luka.

Sementara gejala umum yang kerap ditimbulkan sariawan ialah seperti : Demam, bibir kering dan pecah-pecah, terdapat luka yang berisi cairan putih atau kuning di dalam mulut yang disertai rasa sakit, adanya peradangan disekitar area luka, serta gusi bengkak. Cara Menyembuhkan Sariawan Secara Alami

Makanan Sehat untuk Penderita Sariawan

Makanan adalah sumber nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dalam memenuhi kebutuhan Angka Kecukupan Gizi (AKG) dalam setiap harinya. Tentu saja makanan menjadi salah satu faktor pendukung yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang agar terhindar dari berbagai serangan penyakit termasuk salah satunya ialah sariawan.

Adapun makanan yang baik untuk mencegah dan menekan pertumbuhan sariawan diantanya ialah sebagai berikut :

  • Yogurt

Si manis-manis asam yang menyegarkan ini ternyata sangat baik apabila dikonsumsi pada saat Anda tengah mengalami sariawan. Karena selain memiliki rasa yang lezat, yogurt juga memiliki kandungan yang tinggi akan vitamin C.

  • Pepaya

Sama halnya dengan yogurt, pepaya juga memiliki kandungan yang kaya akan viamin C. Jadi selain baik untuk sistem pencernaan, kandungan vitamin C di dalam buah yang satu ini juga cukup efektif dalam mengobati sariawan.

  • Kunyit

Siapa yang tak tahu dengan jenis rimpang yang satu ini ? Ya.. kunyit memang salah satu rimpang yang telah memberikan kontribusi yang cukup besar dalam dunia pengobatan. Salah satunya ialah untuk membantu mengobati sariawan.

  • Bawang putih

Rempah yang kaya akan anti-oksidan dan memiliki kandungan zat anti-inflamasi yang cukup tinggi. Sehingga akan sangat baik dalam membantu menggobati peradangan yang terjadi.

  • Tomat

Sayur yang kerap disajikan sebagai penyegar, jus dan penghias dari makanan yang lain ini, ternyata memiliki khasiat yang cukup manjur dalam membantu mengobati sariawan yang tengah Anda alami saat ini. Cara Menyembuhkan Sariawan Secara Alami

Pantangan Makan bagi Penderita Sariawan

Sejatinya semua makan baik untuk dikonsumsi asal dalam batas porsi yang sewajarnya saja. Pasalnya, makanan merupakan sumber nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan energi. Akan tetapi, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi terlebih dahulu jika Anda tengah mengalami sariawan.

Pasalnya makanan tersebut bisa memicu sariawan lebih banyak, lebih sulit untuk sembuh dan bahkan bisa menimbulkan luka sariawan yang semakin parah. Untuk itu, kenalilah beberapa pantangan makanan bagi mereka yang tengah mengalami sariawan. Yang diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Makanan yang telalu asam, pedas dan asin

Makanan dengan rasa yang terlalu mencolok juga menjadi salah satu faktor penyebab sariawan yang cukup cepat. Terlebih rasa pedas dan rasa asam, karena ke dua rasa tersebut akan membuat kondisi rongga mulut menjadi asam dan panas. Selain itu ke 2 makanan ini juga bisa menjadi penghambat kesembuhan Anda dari sariawan.

  • Makanan yang bertekstur keras

Dengan mengonsumsi makanan yang bertektur keras, maka sama halnya dengan membuat mulut harus bekerja 2x lebih keras. Selain membuat mulut bekerja lebih keras, makana yang bertekstur keras juga cukup cepat dalam memicu sariawan.

  • Makanan yang mengandung protein hewani

Pada dasarnya makanan yang mengandung protein hewani memang baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi lain halnya pada mereka yang tengah mengalami sariawan, justru makanan yang mengandung protein hewani ini akan memperlambat proses penyembuhan luka sariawan.

  • Makanan yang memiliki kandungan minyak berlebih
  • Makanan yang bersifat panas.

Bahaya Sariawan

Seperti yang telah kita bahas, bahwa salah satu penyebab dari sariawan ialah indikasi dari beberapa penyakit lain yang cukup serius. Untuk itu, meskipun sering terabaikan ternyata sariawan ini tidak bisa dianggap gejala yang sepele. Terlebih jika sariawan tidak kunjung sembuh dalam kurun waktu lebih dari 14 hari, karena bisa jadi sariawan tersebut ialah gejala dari penyakit berikut ini :

  • Penyakit crohn
  • Penyakit arthritis reaktif
  • HIV/AIDS
  • Lupus
  • penyakit Celiac
  • Penyakit bancet.

Untuk itu, jika sariawan yang tengah Anda alami merupakan jenis sariawan yang sulit untuk sembuh. Maka kami sarankan agar Anda segera melakukan upaya pemeriksaan dan juga segera melakukan upaya pengobatan agar sariawan tersebut dapat segera dapat disembuhkan.

Cara Menyembuhkan Sariawan Secara Alami

Anda ingin sembuhd dengan cepat ?? Tak ingin sariawan tersebut balik lagi ? Tepat.. Solusinya memang ada disini. Karena hanya disini Anda akan mendapatkan cara pengobatan sariawan lebih alami, lebih cepat sembuh serta tentunya tanpa menimbulkan efek samping apapun dan tanpa kambuh. Inilah.. sebagian bukti kesembuhan menggunakan metode pengobatan herbal alami dari “QnC Jelly Gamat” yang sangat kami reskomendasikan.

Posted by : wajarsehat.com

Cara Menyembuhkan Sariawan Secara Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp