Home KESEHATANCara Menyembuhkan Sariawan di Lidah Paling Cepat

Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah Paling Cepat

Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah Paling Cepat

Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah Paling Cepat – Sariawan dimulut tentu saja sudah biasa terjadi. Namun apa jadinya jika kali ini, gangguan sariawa tiba-tiba menyambangi lidah Anda ? Tentu saja Anda akan merasa terganggu.

Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah Paling Cepat

Karena sariawan tersebut bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, rasa sakit menimbulkan rasa perih dimulut serta menganggu konsentrasi saat makan. Bahkan kondisi ini sendiri bisa membuat indera pengecap Anda mengalami penurunan fungsinya.

Sehingga Anda bisa kehilangan kepekaan terhadap rasa makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Banyak sekali kondisi atau faktor yang dapat menyebabkan penyakit yang satu ini. Dari mulai akibat adanya luka bahkan hingga akibat dari mengidap beberapa kondisi penyakit tertentu.

Seperti penyakit HIV/AIDS, kanker, diabetes, serta berbagai jenis penyakit autoimun. Selain itu beberapa kebiasaan buruk seperti merokok, kurang mengonsumsi air putih bahkan perubahan hormon saat hamil juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya gangguan sariawan lidah pada seseorang.

Sariawan lidah atau yang dalam istilah medis lebih dikenal dengan aphthous stomatitis ini dapat dengan mudah dikenali dari bentuknya yang menyerupai luka berselaput keputih-putihan. Dan perlu Anda ketahui, karena sariawan tidak hanya terjadi pada lidah. Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah Paling Cepat

Jenis-jenis Sariawan

Namun juga dapat terjadi pada beberapa bagian lain organ tubuh seperti : Gusi, mulut, amandel hingga belakang tenggorokan. Dan untuk lebih memahami sariawan, mengenalai beberapa jenis sariawan diantaranya ialah sebagai berikut.

1. Sariawan Iritasi

Sariawan iritasi adalah jenis sariawan yang terjadi akibat adanya benturan, trauma, tergigit, atau teriritasi oleh sikat gigi pada saat membersihkan gigi. Berbagai kondisi tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada dinding mukosa selaput lendir mulut sehingga timbullah sariawan iritasi.

2. Stomatitis Aphthous

Sariawan yang satu ini adalah jenis sariawan yang paling umum, karena dapat tumbuh dibagian bibir, pipi bagian dalam, gusi, serta pada lidah seperti yang tengah kita bahas kali ini. Stomatitis Aphthous sendiri umumnya di tandai dengan luka berwarna kuning kemerahan yang disertai dengan peradangan.

3. Oral Trust (Moniliasis)

Oral trust adalah jenis sariawan yang diakibatkan oleh jamur candida albicans yang melakukan infeksi terhadap lidah bagian dalam. Infeksi ini akan mengakibatkan luka atau lesi berwarna putih yang cukup menyakitkan. Dan bahkan lesi tersebut akan mengeluarkan darah jika dikeruk.

Oral trust sendiri adalah jenis sariawan yang cukup berbahaya. Karena jika telah memasuki fase yang kronis, sariawan ini dapat menyebar bahkan hingga ke langit-langit mulut, pada gusi, ke area amandel, bahkan hingga ke bagian bawah kerongkongan dan esofagus sekalipun.

Sehingga oral trust adalah jenis sariawan yang memerlukan upaya penanganan yang tepat dan sesegera mungkin. Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah Paling Cepat

4. Stomatitis Herpetic (Cold Sore)

Sariawan yang satu ini umumnya diakibatkan oleh infeksi dari virus penyebab penyakit herpes. Umumnya jenis sariawan yang satu ini akan hidup berkelompok pada bibir bagian dalam. Sedangkan sariawan yang terjadi pada kulit luar bibir akan berisi cairan yang lama-kelamaan akan berubah menjadi kerak.

Stomatitis herpetic ini umumnya akan disertai dengan gejala kesemutan pada area yang akan ditumbuhi oleh luka tersebut, timbulnya rasa nyeri, serta ada sensasi terbakar pada area luka tersebut. Memang cukup memilukan, sehingga memerlukan upaya penanganan yang tepat dan sesuai.

Penyebab Sariawan di Lidah

Tahukah Anda bahwa meskipun sengaja atau tidak, menggigit lidah bisa menjadi penyebab munculnya sariawan di lidah. Selain itu, bagi Anda yang menggunakan kawat gigi, goresan yang ditimbulkan oleh benda tersebut juga dapat memicu kondisi yang demikian.

Selain dua kondisi tersebut, adapula beberapa hal lain yang dapat menjadi penyabab dari sariawan lidah yang antara lain ialah sebagai berikut :

1. Ulkus atau Luka di Mulut

Ulkus atau luka di mulut bisa terjadi oleh beberapa faktor, seperti adanya perubahan hormon, kekurangan nutrisi tertentu, atau kerap mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur yang cukup keras. Luka yang diakibatkankan oleh goresan sikat gigi jugqa bisa memicu terjadinya sariawan lidah.

Namun, jangan khawatir karena luka tersebut biasanya akan hilang dalam kurun waktu seminggu saja. Akan tetapi Anda juga perlu waspada dan perlu mengkonsultasikannya pada ahli medis jika sariwan yang timbul akibat adanya luka pada mulut tersebut tidak sembuh dalam kurun waktu 3 minggu.

2. Infeksi Jamur

Infeksi jamur seperti sariawan ataupun kandiasis ini juga termasuk pada salah satu masalah kesehatan yang sudah terbiasa menyerang area mulut bahkan lidah. Infeksi jamur ini dapat menimbulkan kondisi bintik-bintik putih yang disertai dengan sensasi perih pada mulut.

Dan umumnya, kondisi ini akan menyerang mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah, mengidap penyakit autoimun, bahkan hingga bayi. Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah Paling Cepat

3. Herpes Oral

Herpes oral adalah sejenis infeksi yang ditimbulkan oleh virus berjenis herpes simplek. Virus ini umumnya sangat menular, jika melakukan kontak langsung dengan penderitanya. Seperti aktivitas ciuman ataupun melakukan hubungan seks oral. Ya, memang pada awalnya luka dari herpes oral tumbuh diarea mulut.
Namun seiring dengan berjalannya waktu, kondisi luka tersebut juga dapat menjalar hingga kebagian lidah.

4. Kelainan Pembuluh Darah pada Limfa

Pendarahan abnormal juga dapat terjadi pada pembuluh darah limfa yang ada pada organ lidah. Dan dalam istilah medis, kondisi ini lebih dikenal dengan nama hemangioma. Ya, hal ini diakibatkan karena adanya kelainan pada sistem limfa seperti cystic hygromas dan limfangioma.

Dan fakta dilapangan menunjukan bahwa hampir 90% kondisi kelainan ini dapat berkembang sebelum seorang anak genap berusia dua tahun. Dan kondisi ini juga cenderung lebih kerap dialami oleh wanita dibandingkan dengan pria. Meskipun jarang terjadi, kondisi ini dapat menimbulkan rasa nyeri, pendarahan serta kesulitan dalam mengonsumsi makanan. Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah Paling Cepat

5. Kanker Lidah

Penyebab terakhir dari sariawan di lidah ialah penyakit kanker. Jadi jangan pernah menyepelekan pertumbuhan sariawan yang ada di lidah Anda, terlebih jika kondisinya tak kunjung sembuh dan cenderung semakin memburuk. Dan untuk mengantisipasi kondisi tersebut ada baiknya Anda memperhatikan gejala berikut ini :

Adanya sensasi mati rasa pada area mulut
Nyeri saat menelan makanan atau minuman
Terdapat benjolan pada lidah
Pendarahan di area mulut.

Itulah beberapa penyebab sariawan lidah yang perlu Anda ketahui dan juga perlu Anda waspadai.

Gejala Sariawan di Lidah

Adapun gejala sariawan di lidah, diantaranya ialah sebagai berikut :

Tumbuh benjolan bulat dan atau oval berisikan cairan berwarna putih dan atau kuning pada lidah
Timbul rasa perih dan sakit
Bagian tepi luka dikelilingi oleh garis merah yang menandakan tengah adanya peradangan
Luka bisa timbul lebih dari satu bahkan hingga 100 luka sekaligus (meskipun dalam keadaan yang langka).

Makanan Sehat untuk Penderita Sariawan di Lidah

Tak hanya obat, beberapa jenis makanan berikut ini juga memiliki khasiat untuk membantu meredakan sariawan secara alami :

  1. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin B. Karena diantaranya banyaknya kasus sariawan, kekurangan nutrisi vitamin B adalah salah satu alasannya. Dan vitamin B sendiri banyak terkandung pada susu kedelai, daging, telur, tiram, ikan dan susu beras.
  2. Makanan yang mengandung zat besi. Bukan hanya meredakan gangguan sariawan saja, namun mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi juga akan membantu memnuhi kebutuhan hemoglobin di dalam tubuh serta membantu menguatkan fungsi tulang dan otot. Dan Anda bisa menemukan zat besi pada sereal, wijen, hati ayam, kentang, brokoli, daging sapi, telur da bayam.
  3. Mengonsumsi makanan yang tinggi asam folat. Ketika sariawan melanda, makanan yang mengandung asam folat adalah solusi terbaik yang Anda perlukan untuk membantu meredakannya. Kandungan asam folat sendiri akan Anda temukan pada berbagai jenis buah-buahan segar seperti pepaya, pisang dan anggur.
  4. Meningkatkan pengonsumsian air kelapa. Air kelapa sendiri memiliki khasiat untuk membantu menurunkan peradangan yang terjadi pada tubuh termasuk peradangan pada penderita sariawan.
  5. Mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin C. Karena fakta menunjukan bahwa bukan hanya vitamin B, namun kekurangan nutrisi vitamin C di dalam tubuh juga memiliki potensi yang cukup besar dalam menimbulkan sariawan. Sehingga dengan mengonsumsi asupan vitamin C secara cukup di dalam tubuh maka akan membantu mencegah sariawan lidah terjadi pada diri Anda.

Pantangan Makanan untuk Penderita Sariawan di Lidah

Jika Anda ingin segera terbebas dari gangguan sariawan maka Anda harus membatasi beberapa jenis makanan dan hal berikut ini :

× Makanan yang mengandung gula tinggi
× Berbagai jenis makanan yang mengandung ragi
× Rokok
× Membatasi penggunaan obat kumur
× Menghentikan pemakaian parfum pewangi mulut.

Bahaya Sariawan di Lidah

Kenali gejalanya, maka Anda juga akan tahu bahaya yang dapat ditimbulkan oleh sariawan pada lidah tersebut. Karena meskipun kerap disepelekan, bahaya dari sariawan lidah yang bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit yang sangat ganas seperti kanker lidah juga patut untuk diwaspadai.

Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah Paling Cepat

Untuk meminimalisir segala kemungkinan resiko yang akan terjadi, maka kami sangat teramat menyarankan agar Anda segera melakukan upaya pengobatan terhadap sariawan lidah yang tengah Anda alami saat ini dengan menggunakan metode pengobatan yang tepat dan efektif.

Dan metode pengobatan sariawan lidah terbaik hanya bisa Anda temukan pada disini, ya disini saja. Yaitu tidak lain hanya dengan menggunakan metode pengobatan herbal dari produk Propolis Brazillian yang telah dilengkapi dengan metode pengolahan Nano Tekhnologi Sistem sehingga mampu bekerja lebih cepat hingga pada pusat titik permasalahan.

Serta telah memiliki izin edar resmi dari BPOM RI dan telah mengantongi sertifikat HALAL MUI. Jadi bukan hanya kualitas namun keamanannya pun cukup terjaga.

Posted by : wajarsehat.com

Cara Menyembuhkan Sariawan di Lidah Paling Cepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp