Home KESEHATANCara Menyembuhkan Sakit Pinggang Secara Alami

Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang Secara Alami

Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang Secara Alami

Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang Secara Alami – Sakit pinggang adalah salah satu hal yang paling umum yang menyebabkan seseorang harus meninggalkan pekerjaanya untuk beristirahat bahkan hingga menemui ahli medis. Faktanya, hampir setiap orang pernah mengalami sakit pinggang sekali dalam seumur hidupnya.

Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang Secara Alami

Berita baiknya, Anda masih bisa mencegah atau meminimalisir resiko sakit pinggang tersebut. Jika pencegahan dilakukan di awal, maka sakit pinggang bisa menjadi hal yang cukup sederhana dan lebih cepat sembuh dibandingkan hanya membiarkannya tanpa ada upaya untuk melakukan perawatan maupun pengobatan.

Kondisi ini bisa diakibatkan karena berbagai faktor, seperti cidera, kerap melakukan aktivitas yang berat, kurang minum serta beberapa kondisi medis lainnya. Sakit pinggang sendiri bisa mempengaruhi semua usia, dengan penyebab yang berbeda. Namun seiring dengan bertambahnya usia, resiko perkembangan nyeri pinggang akan semakin meningkat.

Ya, karena salah satu fakta menunjukan bahwa 80% penderita sakit pinggang di dominasi oleh mereka yang berada pada usia 30-50 tahun. Dengan intensitas rasa sakit dari ringan hingga sangat berat. 

Nyeri pinggang sendiri meliputi : Nyeri pinggang bawah, nyeri pinggang atas, nyeri pinggan sebelah kakan dan nyeri pinggang sebelah kiri. Umumnya, permasalah pada syaraf, otot serta beberapa penyakit seperti cakram degeneratif, serta arthritis. Selalu di sebut-sebut sebagai penyabab dari sakit pinggang.

Selain itu, sakit pinggang juga diakibatkan oleh beberapa tuntuntan gaya hidup yang memaksa penderitanya untuk berada pada posisi duduk yang cukup lama tanpa di seimbangi dengan aktivitas olahraga yang cukup, mengangkat beban-beban berat serta mengalami beberapa peristiwa kecelakaan juga bisa menyebabkan sakit pinggang.

Sakit pinggang sendiri di bagi menjadi 3 fase, yang diantarany ialah :

  1. Sakit pinggang akut : Umumnya sakit pinggan aku ini akan terjadi selama beberapa hari saja.
  2. Sakit pinggang sub-akut : Sedangkan sakit pinggang sub-akut ini akn terjadi selama 1 bahkan sampai 3 bulan.
  3. Sakit pinggang kronis : Dan sakit pinggang kronis ini bisa terjadi bahkan lebih dari 3 bulan.

**Note : Rasa sakit dan intessitas lamanya waktu ditentukan oleh jenis cidera atau penyebabnya.

Umumnya, nyeri pinggang akan menimbulkan rasa sakit yang cukup menusuk bahkan hingga mati rasa secara tiba-tiba setelah melakukan suatu aktivitas tertentu. Kondisi yang ringan, dapat pulih dengan sendirinya. Namun, ANda perlu waspada jika rasa sakit berlangsung selama 72 jam atau lebih. Di sertai dengan diare, tidak dapat manahan pipis, kaki menjadi lemas, demam serta merasakan sakit pada saat batuk dan pipis.

Penyebab Sakit Pinggang

Penyebab sakit pinggang sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu penyebab medis dan penyebab mekanis. Penyebab medis sendiri diakibatkan oleh beberapa kondisi penyakit. Sedangkan penyebab mekani dipicu oleh eberapa kondisi seperti adanya pengikisan daya tahan tulang yang meliputi otot, cakram, sendi serta tulang dan syaraf.

Dan berikut ini ada beberapa jenis penyebab mekanis yang menyebabkan terjadinya sakit pinggang :

1. Keseleo

Keseleo adalah sejenis cidera yang akan mengakibatkan adanya tekanan pada otot atau tendon saat mengangkat beban, melakukan peregangan otot secara berlebihan, salah duduk dan terpeleset. Dalam kondisi yang cukup parah, sakit pinggang ini bisa menyebabkan kerobekan pada ligamen.

2. Pengikisan Cakram Tulang Belakang

Pengikisan atau penurunan kekuatan cakram tulang belakang dapat diakibatkan oleh beberapa hal seperti terlalu sering menunduk, terlalu sering menahan beban berat, serta berbagai aktivitas lainnya.

3. Adanya Perubahan pada Struktur Tulang

Perubahan pada struktur tulang umumnya terjadi akibat usia yang semakin bertambah yang mengakibatkan tulang punggung menjadi bungkuk. Selain itu, beberapa kelainan tulang seperti kyposis, skoliosis, dan lordosis juga dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit pinggang.

5. Cidera Cakram Tulang Belakang

Cidera pada cakram tulang belakang ini akan mengakibatkan robeknya ligamen. Kondisi ini bisa terjadi akibat terjatuh, terpeleset atau beberapa kondisi tertentu lainnya. Cidera ini juga akan mengakibatkan rasa sakit yang cukup menusuk yang disertai dengan sensasi terbakar dibagian pinggang yang menjalar hingga pada bagian kaki.

6. Radikulopati

Radikulopati adalah suatu peradangan atau bahkan penekanan pada syaraf tulang belakang yang terjadi pada saat kondisi cakram yang terselip menekan bagian syaraf tulang secara berlebihan. Bagian syaraf yang tertekan tersebut akan mengalami kesemutan, rasa nyeri hingga mati rasa. Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang Secara Alami

7. Stenosis Spinal

Stenosis spinal ini merupakan suatu kondisi penekanan pada syaraf tulang belakang yang diakibatkan adanya penyempitan pada syaraf tulang belakang. Kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit seperti kram, lemas bahkan hingga mati rasa, terutama pada saat berjalan maupun hanya sekedar berdiri.

8. Spondylolisthesis

Spondylolisthesis ialah suatu kondisi bergesernya satu atau bahkan beberapa ruas rulang belakang yang menekan syaraf tulang belakang, sehingga menimbulkan rasa sakit yang cukup parah.

Sedangkan beberapa kondisi medis tertentu ialah seperti penyakit batu ginjal, osteopoorosis, adanya penyebabran kanker dari bagian tubuh yang lain, fybromyalgia, pertumbuhan tumor, peradangan sendi, aneurisma aorta bahkan hingga gangguan penyakit endometriosis juga bisa menyebabkan sakit pinggang.

Tak hanya itu saja, namun beberapa faktor tertentu seperti faktor genetik, usia, berat badan berlebih, pekerjaan, minimnya aktivitas fisik serta kehamilan juga bisa meningkatkan resiko gangguan sakit pinggang pada seseorang. Dan yang perlu menjadi catatan adalah Anda harus berwaspada karena beberapa keluhan sakit pinggang merupakan indikasi penyakit lain yang cukup berbahaya.

Gejala Sakit Pinggang

Lantas apa saja yang menjadi penyebab dari sakit pinggang ?

  • Kesemutan
  • Timbul sensasi terbakar ata panas pada area pinggang
  • Mati rasa pada area pinggang
  • Rasa sakit yang ringan hingga terasa berat mencengkram sampai tak bisa bergerak.

Sebenarnya, gejala sakit pinggang bisa berbeda-beda tergangung pada apa yang menjadi penyebab dari sakit pinggang tersebut. Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang Secara Alami

Makanan Sehat untuk Penderita Sakit Pinggang

Jika Anda adalah salah satu orang yang kerap di sambangi oleh gangguan sakit pinggang. Maka yuk segera minimalkan gejalanya dengan beberapa jenis makanan berikut ini :

1. Temulawak

Temulawak merupakan salah satu rimpang yang telah dikenal memiliki khasiat sebagai obat. Pasalnya, temulawak ini memiliki kandungan anti-inflamasi yang cukup kuat. Sehingga baik sekali digunakan untuk membantu mengatasi peradangan yang terjadi pada area pinggang Anda.

2. Jahe

Sebagai salah satu rempah yang sangat khas dan familiar di telinga masyarakat Indonesia. Jahe menjadi salah satu icon rimpang kesehatan yang memiliki banyak khasiat untuk membantu menunjang kesehatan. Selain baik untuk membantu mengeluarkan angin dari dalam tubuh (menghangatkan tubuh), dan menambah nafsu makan.

Jahe juga memiliki khasiat untuk membantu mengatasi gangguan sakit punggung yang tengah Anda alami saat ini. Cara pemanfaatannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyajikan jahe sebagai minuman teh hangat yang dikonsumsi secara rutin sebanyak 2x dalam sehari.

3. Bawang Putih

Bumbu dapur yang memiliki wangi khas nan menyengat ini ternyata juga baik loh digunakan untuk membantu mengatasi gangguan sakit pinggang. Tak usah khawatir, bagia Anda yang tidak suka mengonsumsi bawang jenis yang satu ini. Karena khasiat bawang putih untuk sakit pinggang bisa Anda dapatkan hanya dengan menempelkan pasta bawang putih pada area tubuh yang sakit.

4. Minyak Kelapa

Untuk meminimalisir resiko sakit pinggang, Anda bisa memanfaatkan minyak kelapa. Dengan melumuri bagian tubuh yang sakit yang di iringi dengan pijatan-pijatan lembut. Sebagai upaya untuk merelaksasi otot yang tengah tegang agar relaks kembali. Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang Secara Alami

Pantangan Makanan untuk Penderita Sakit Pinggang

Untuk Anda yang tak ingin kondisi sakit pinggang Anda semakin memburuk, maka kami sangat teramat menyarankan agar Anda menghindari beberapa jenis makanan berikut ini :

× Kacang-kacangan
× Jeroan
× Emping
× Makanan kalengan
× Daging merah
× Durian
× Alkohol
× Makanan yang mengandung santan atau lemak tinggi
× Beberapa jenis sayuran tertentu seperti bayam dan kangkung.

Bahaya Sakit Pingang yang Kerap Terabaikan

Jangan pernah remehkan !! Karena seperti yang telah disebutkan bahwa sakit pinggang bisa merupakan indikasi dari penyakit lain yang jauh lebih serius. Terlebih jika sakit pinggang terjadi dalam kurun waktu yang cukup panjang atau bahkan hingga lebih dari 3 bulan.

Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang Secara Alami

Untuk meminimalisir berbagar resiko yang cukup berbahaya dari sakit pinggang. Maka Anda membutuhkan upaya yang terbaik untuk melawan gangguan sakit pinggang tersebut agar segera pergi dari tubuh Anda. Dan upaya yang paling tepat ialah dengan melakukan upaya pengobatan.

Lantas upaya pengobatan apa yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sakit pinggang berikut penyebabnya tersebut ? Pertanyaan yang sangat baik. Karena insyaAlloh disini Anda akan menemukan jawabannya. Ya, karena kini telah hadir metode pengobatan terbaik untuk sakit pinggang secara alami tuntas sampe ke akar.

Dan metode pengobatan tersebut bisa Anda temukan hanya pada metode pengobatan herbal dari QnC Jelly Gamat. Yaitu sejenis obat herbal yang memiliki khasiat dan kualitas terpercaya, karena telah dilengkapi oleh izin resmi dari BPOM RI dan juga telah memiliki sertifikat HALAL MUI.

Posted by : wajarsehat.com

Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang Secara Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp