Home KESEHATANCara Menyembuhkan Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang pada Ibu Hamil – Sakit pinggang adalah kondisi yang sangat umum terjadi pada ibu hamil. Karena sebuah fakta menunjukan bahwa 50 – 80% wanita yang tengah dalam masa kehamilan akan mengalami sakit pinggang. Hal ini, tentu saja tak terlepas dari pengaruh hormon yang tidak seimbang pada masa kehamilan.

Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Karena umumnya, seorang wanita hamil akan lebih banyak mengeluarkan hormon relaksin. Yaitu sejenis hormon yang menyebabkan struktur dan ligamen yang menempel pada tulang dan sendi mulai meregang. Dan kondisi ini lebih cenderung terjadi pada bagiang punggung, pinggang dan atau panggul.

Selain itu, usia kandungan yang semakin bertambah juga akan menambah beban pada wanita hamil. Hal ini tentu saja juga terpengaruh oleh kondisi janin atau bayi yang semakin membesar dan mengalami perkembangan. Sehingga menimbulkan adanya tekanan yang berlebih pada sendi dan tulang panggul.

Rasa sakit sendiri bisa muncul dari mulai trisemester pertama bahkan hingga trisemester ke tiga atau trisemester terakhir. Dan rasa sakit pinggang tersebut akan semakin intens pada saat seorang wanita hamil akan masuk fase melahirkan. Karena tekanan yang akan dirasakan semkin besar efek dari janin yang akan keluar.

Dan bukan hanya itu saja, nyeri punggung juga bisa menjadi salah satu tanda kehamilan pada minggu-minggu pertama. Rasa sakit bisa menjalar dari punggung atas hingga punggung bawah. Bahkan perlu Anda ketahui, bahwa sakit pinggang pada masa kehamilan umumnya juga bisa menjalar hingga pada bagian kaki. Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Penyebab Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Lantas apa saja yang menjadi penyebab dari sakit pinggang pada masa kehamilan ? Yuk simak info berikut ini :

1. Perubahan Hormon

Penyebab utama dari sakit pinggang pada serang wanita hamil ialah adanya perubahan hormon. Perubahan hormon pada seorang wanita hamil sendiri, tentunya merupakan kondisi yang sangat teramat wajar. Hormon sendiri memiliki peranan yang cukup penting bagi seorang wanita hamil.

Karena hormon berperan untuk menyiapkan lingkungan yang nyaman bagi janin baik di dalam kandungan bahkan setelah janin tersebut dilahirkan. Akan tetapi perubahan hormon tersebut akan berdampak pada ligamen yang merenggang, terutama pada area sendi dan panggul.

2. Sendi Tidak Stabil

Perubahan hormon tetap menjadi prioritas utama penyebab dari sakit pinggang pada seorang wanita hamil. Perubahan horon juga akan membuat fungsi jaringan sendi menjadi tidak stabil. Sehingga membuat seorang wanita hamil merasa kurang nyaman untuk berjalan duduk bahkan tidur sekalipun.

3. Berat Badan Bertambah

Mau tidak mau, suka tidak suka, seorang wanita hamil pasti akan mengalami penambahan berat badan yang cukup signifikan. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari perkembangan ukuran janin di dalam kandungan yang semakin membesar. Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

4. Stres Berlebihan

Seorang wanita hamil, umumnya akan mengalami suasana hati yang cepat berubah-ubah. Sering kali ia pun tidak bisa mengontrol emosinya dengan baik. Tentu saja, hal ini juga tidak terlepas dari pengaruh perubahan hormon pada tubuh mereka.

5. Kurang Melakukan Gerakan dan Postur Tubuh

Beberapa kasus nyeri pinggang yang cukup parah ditemukan pada wanita hamil yang memang kulang melakukan aktvitas gerakan. Kurang melakukan aktivitas ataupun gerakan akan membuat sendi menjadi pasif dan kurang terlatih. Dan seorang ibu hamil yang memiliki tulang punggung dengan keluhan skoliosis, umumnya akan lebih beresiko mengalami sakit pinggang.

6. Tekanan Rahim Melemahkan Otot Perut

Perkembangan janin tentu menjadi alasan utama penyebab yang satu ini. Dalam kondisi ini, rahim akan mengalami tekanan seiring dengan berkembangnya janin di dalam rahim tersebut. Dan tentu ini akan membuat otot perut semakin melemah. Jika otot perut semakin melemah, maka syaraf dibagian punggung juga akan mendapat 6tekanan, sehingga beresiko menimbulkan nyeri pinggang.

7. Tarikan Gravitasi

Kondisi perut yang semakin membesar umumnya juga akan disertai dengan pertumbuhan payudara yang akan semakin membesar. Perubahan bentuk tubuh wanita hamil ini akan membuat tarikan dari gravitasi semakin kuat. Dan kaki yang menjadi tumpuan akan dibantu panggul dalam melakukan pergerakannya. Sehingga jelas saja akan memicu rasa nyeri pada bagian panggul tersebut.

Gejala Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Adapun gejala-gejala yang kerap timbul pada saat wanita hamil mengalami sakit pinggang, diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Nyeri panggul posterior
  • Timbul sensasi linu pada bagian panggul
  • Nyeri pinggang menjalar hingga ke tulang kemaluan
  • Adanya tekanan pada sekitar pinggang dan tulang belakang
  • Rasa nyeri yang menjalar hingga ke kaki, lutut, bahkan hingga ke jari-jari kaki
  • Mati rasa pada selangkangan dan organ intim wanita.

Menu Makan Sehat untuk Ibu Hamil yang Kerap Mengalami Sakit Pinggang

Tak hanya obat, beberapa jenis makanan juga dapat membantu memlihara kesehatan ibu dari sakit pinggang selama masa kehamilan. Serta dengan mengonsumsi makanan sehat maka tentu saja akan membantu menjaga asupan nutrisi yang diperlukan oleh bayi dalam kandungan.

Adapun beberapa jenis menu makanan sehat yang sangat kami anjurkan untuk Anda konsumsi, diantaranya ialah sebagai berikut :

√ Buah-buahan Segar

Seperti yang telah kita ketahui bahwa buah-buahan segar adalah asupan makanan yang sangat baik untuk membantu menunjang kesehatan tubuh dari berbagai gangguan penyakit. Dan buah-buahan yang memiliki warna yang cerah cukup recomended sekali dikonsumsi oleh ibu hamil, guna mencegah terjadinya nyeri pinggang tersebut.

Contohnya ialah seperti : Kurma, ceri, berry, anggur, mangga, apel, alpukat, buah naga, jeruk, jambu air, pisang, semangka, delima, pir dan melon.  Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Ikan

Ikan adalah sumber makanan yang kaya akan omega 3. Bukan hanya baik untuk membantu menunjang pertumbuhan otak. Namun ternyata kandungan asam lemak omega 3 nya tersebut sangat baik untuk membantu meredakan rasa sakit. Termasuk sakit pinggang yang kerap dialami oleh ibu hamil.

Adapun ikan yang sangat teramat kami rekomendasikan adalah sebagai berikut : ikan tuna, ikan salmon, ikan sarden dan ikan meckerel.

Sayuran Hijau

Sama halnya seperti buah-buahan, sayuran hijau juga memiliki kandungan yang akan membantu mencegah sensasi sakit pinggang yang kerap dialami oleh wanita hamil. Karena berbagai kandungan vitamin dan mineralnya ternyata memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu menguatkan fungsi jaringan tulang.

Dan sayuran hijau yang sangat kami rekomendasikan untuk Anda konsumsi ialah : Brokoli, bayam, kale, selada, paprika, buncis, bit, daun katuk, daun singkong, dan kankung.

Kedelai

Salah satu hasil penelitian telah membuktikan bahwa dengan mengonsumsi 40 gr kandungan protein yang terdapat pada kedelai secararutin setiap harinya dalam kurun waktu 3 bulan. Maka akan membantu mengurangi efek ketergantungan seseorang dalam mengonsumsi obat pereda rasa sakit (analgesik).

Jahe

Jahe adalah sejenis rimpang yang memiliki kekuatan untuk membantu memperbaiki sistem jaringan tubuh yang tengah mengalami kerusakan. Kandungan anti-inflamasinya sendiri memiliki keunggulan untuk mencegah peradangan. Serta memiliki khasiat untuk membantu meredakan rasa sakit.

Pantangan Makan untuk Ibu Hamil yang Kerap Mengalami Sakit Pinggang

Tak hanya sehat, namun adapula beberapa jenis makanan yang dapat memicu sakit pinggang pada seorang wanita yang tengah dalam masa kehamilan. Dan diantara beberapa jenis makanan pemicu sakit pinggang pada wanita hamil, diantaranya ialah sebagai berikut :

× Alkohol
× Kafein
× Minuman bersoda
× Makanan kemasan yang banyak mengandung pengawet
× Makanan yang tinggi akan kandungan garam
× Makanan laut yang mengandung merkuri
× Makanan dan minuman yang kurang higienis
× Makanan mentah, seperti : Sushi, sashimi, dan berbagai jenis hidangan daging mentah lainnya.

Bahaya Sakit Pinggang pada Ibu Hamil yang Kerap Terabaikan

Apakah sakit pinggang pada masa kehamilan berbahaya ? Faktanya, sakit pinggang merupakan suatu kondisi yang sangat umum dan biasa saja. Akan tetapi, jika rasa sakit tidak kunjung sembuh dan mulai bertambah parah. Maka seorang wanita hamil harus mewaspadai adanya gangguan dari penyakit lain selama masa kehamilan tersebut.

Adapun beberapa jenis penyakit yang kerap di indikasikan oleh sakit pinggang pada wanita hamil, ialah sebagai berikut :

  • Kehamilan ektopik (hamil diluar rahim)
  • Absursi plasenta (lepasnya plasenta dari rahim)
  • Infeksi saluran kencing (ISK)
  • Preeklamsia.

Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Anda tengah dalam masa kehamilan ?? Namun Anda kerap diganggu oleh rasa sakit pada pinggang Anda ? Mau berobat takut berimbas pada janin dalam kandungan ? Jangan khawatir, karena kini telah hadir solusi terbaik untuk membantu mengatasi masalah sakit pinggang yang tengah Anda alami saat ini meskipun pada masa kehamilan.

Anda ingin sembuh ? Tak ingin menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan Anda dan janin dalam kandungan Anda ?? Ingin sembuh lebih cepat ? Atau 3x lebih cepat ?? Lebih alami ? Tanpa Efek Samping ?? Ini dia solusinya.. Yaitu tidak lain ialah dengan menggunakan metode pengobatan herbal dari »»QnC Jelly Gamat««

»» Mau Tahu Informasi Lebih Lanjut ?? ««

Posted by : wajarsehat.com

Cara Menyembuhkan Sakit Pinggang pada Ibu Hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp