Home KESEHATANCara Menyembuhkan Perut Kembung pada Anak

Cara Menyembuhkan Perut Kembung pada Anak

Cara Menyembuhkan Perut Kembung pada Anak

Cara Menyembuhkan Perut Kembung pada Anak – Dalam dunia medis, perut kembung lebih dikenal dengan istilah meteorismus. Perut kembung sendiri merupakan suatu kondisi ini menunjukan bahwa rongga abdomen dan usus di dalam perut tengah terisi penuh oleh gas dan atau udara.

Cara Menyembuhkan Perut Kembung pada Anak

Perut kembung juga merupakan suatu gejala dari adanya gangguan pada lambung seperti sindrom dispepsia atau bahkan adanya gangguan pada usus. Dan kondisi tersebut bisa dialami oleh siapapun dan pada usia berapapun. Sehingga bukan hanya orang dewasa namun anak-anak juga bisa mengalami kondisi tersebut.

Dan pada umumnya, kondisi perut kembung sendiri akan menimbulkan efek sensasi tidak nyaman pada penderitanya. Bahkan jika sudah terlampau parah, kondisi perut kembung tersebut bisa menimbulkan dampak mengganggu aktivitas penderitanya. Karena jika dibandingkan dengan perut normal, penderita perut kembung akan lebih mudah merasakan sakit. Cara Menyembuhkan Perut Kembung pada Anak

Gangguan sistem pencernaan yang menimbulkan sensasi perut yang terasa kencang, penuh dan bergas ini, tentu saja akan membuat perut tampak lebih membesar dibandingkan dengan kondisi yang normal-normal saja. Dan meskipun perut kembung sering di kait-kaitkan dengan gejala masuk angin, namun fakta tak berbicara demikian.

Karena fakta menunjukan bahwa tidak semua perut kembung juga bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit lain yang akan lebih membahayakan kondisi kesehatan tubuh bahkan hingga mengancam keselamatan jiwa. Tak hanya itu saja, namun Anda juga perlu tahu bahwa perut kembung lebih kerap dialami oleh wanita dibandingkan pada pria.

Penyebab Perut Kembung pada Anak

Gas adalah salah satu hasil dari metabolisme tubuh. Gas yang tertimbun terlalu banyak di dalam tubuh inilah yang membuat seseorang mengalami sensari perut kembung. Dan ketika tubuh memproduksi gas berlebih maka tentu saja Anda akan merasa tak nyaman dengan kondisi tersebut.

Selain itu, tanpa disadari pada saat kita melakukan aktivitas makanan dan minum. Udara juga akan masuk menerobos ke dalam tubuh meskipun dalam jumlah yang relatif sedikit. Ya, beberapa kondisi tersebut bisa mengakibatkan seseorang juga termasuk anak-anak akan mengalami perut kembung.

Akan tetapi tak hanya itu saja, fakta sendiri menunjukan bahwa beberapa hal ini bisa memicu terjadinya perut kembung pada seseorang termasuk pada anak-anak. Adapun beberapa hal ataupun kondisi tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :

1. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

GERD atau penyakit asam lambung merupakan suatu kondisi dimana cairan asam lambung kembali naik ke kerongkongan. Kondisi ini terjadi akibat adanya gangguan pada katuf esopagus yang mulai melemah. Sehingga tidak dapat menahan cairan asam lambung yang kembali keluar dari lambung dan naik ke kerongkongan.

Dan tentu saja, penyakit asalm lambung atau GERD ini juga merupakan salah satu penyebab perut kembung pada seseorang.

2. Intoleransi Laktosa

Intoleransi laktosa sendiri merupakan suatu kondisi yang menunjukan bahwa tubuh kesulitan atau bahkan tidak dapat mencerna laktosa dengan baik. Laktosa sendiri yaitu sejenis merupakan sejenis produk gula yang kerap terdapat pada produk susu olahan (susu formula).

Menurut National Institut of Child Health and Human Development mengatakan bahwa seseorang yang memiliki intoleransi terhadap laktosa. Kondisi ini diakibatkan oleh karena tubuh tidak dapat memproduksi enzim laktase yang memiliki peranan yang cukup besar pada proses sistem pencernaan.

Sehingga tentu saja laktosa ini tidak dapat dicerna dengan baik alhasil timbullah gangguan pencernaan yang dapat menyebabkan perut kembung berlebih, sakit perut bahkan hingga diare. Cara Menyembuhkan Perut Kembung pada Anak

3. Penyakit Caliac

Penyakit celiac sendiri merupakan suatu kondisi alergi gluten. Sehingga membuat tubuh tidak dapat menggunakan beberapa nutrisi tertentu yang padahal dibutunkan oleh tubuh. Gluten sendiri bisa Anda temukan pada berbagai jenis biji-bijian termasuk salah satunya ialah gandum hitam.

Selain gangguan pada sistem pencernaan, penyakit celiac juga dapat memicu kondisi anemia, adanya kerusakan pada sistem syaraf bahkan hingga pertumbuhan tulang menjadi memburuk. Penyakit celiac sendiri kerap disertai dengan gejala perut kembung yang menyakitkan, penurunan berat badan, diare, munculnya ruam yang disertai dengan sensasi gatal.

4. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Irritable Bowel Syndrome merupakan sejenis penyakit yang berhubungan langsung dengan fungsi kinerja dari usus besar. Otot usus besar yang tak mengalami kendala, umumnya akan mberkontraksi untuk mendorong pengeluaran feses dari dalam tubuh.

Namun lain halnya dengan penderita IBS, karena penderita IBS akan lebih sulit untuk mendorong feses keluar karena adanya gangguan pada otot usus besar tersebut. Dan irritable bowel syndrome sendiri kerap ditandai dengan gejala seperti perut kembung, sakit perut, kram perut, mual, sembelit, dan sebagainya.

Penyakit yang sangat umum ini bukan hanya terjadi pada orang tua, namun juga pada remaja dan anak-anak. Akan tetapi, gejalanya akan lebih merujuk pada ketika usia menjadi lebih tua.

5. Sembelit

Siapa bilang hanya orang dewasa, faktanya anak-anak juga bisa mengalami kondisi sembelit yang diakibatkan oleh berbagai faktor. Sembelit sendiri merupakan suatu kondisi dimana tubuh kesulitan atau bahkan tidak dapat mengeluarkan kotoran atau feses secara normal dan teratur.

Dan kondisi sembelit juga kerap menimbulkan gejala seperti perut kembung, perut terasa penuh, sakit perut, feses kerang atau kering, dan lain sebagainya. 

6. Makanan

Jangan salah, bahwa makanan juga dapat memicu resiko perut kembung pada seseorang. Dan umumnya beberapa jenis makanan yang dapat memicvu perut kembung ialah makana yang mengandung gas seperti : Buah plum, nangkan, kubis, durian, kacang polong, brokoli, kismis, dan kacang-kacangan.

Selain itu, berbagai jenis makanan olahan yang mengandung sorbitol dan fruktosan juga dapat menyebabkan terjadinya perut kembung pada seseorang. Cara Menyembuhkan Perut Kembung pada Anak

Selain itu, beberapa kondisi seperti naiknya berat badan sehingga mempengaruhi naik turunnya hormon. wanita yang tengah dalam masa PMS, berbicara saat makan, makan dan minum sambil berdiri, stres dan gelisah juga dapat memicu resiko pgangguan perut kembung tersebut.

Gejala Perut Kembung pada Anak

Adapun beberapa gejala perut kembung pada anak yang juga perlu Anda ketahui, diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Adanya rasa bergejolak pada perut
  2. Lebih kerap buang angin
  3. Timbul rasa sakit atau rasa kejepit pada prut
  4. Perut terasa penuh dan nyeri
  5. Adanya sensasi sesak
  6. Perut menjadi lebih membengkak
  7. Lebih kerap bersendawa.

Selain itu, adapula beberapa tanda ataupun gejala perut kembung pada anak yang telah menjadi parah. Yang diantaranya ialah sebagai berikut :

  1. Perut kembung tak kunjung mereda
  2. Timbul rasa sakit yang berputar-putar pada perut
  3. Demam yang disertai dengan menggigil
  4. Mual dan muntah
  5. Nyeri sendi dan kejang otot
  6. Pendarahan pada feses
  7. Nafsu makan berkurang
  8. Berat badan menurun
  9. Perut kembung disertai dengan diare dan atau sembelit yang cukup parah.

Menu Makanan Sehat untuk Mengatasi Perut Kembung pada Anak

Tak hanya upaya pengobatan, namun beberapa jenis makanan ini juga sangat baik untuk membantu mengatasi keluhan perut kembung pada buah hati Anda :

Timun
Selederi
Pisang
Semangka
Yogurt
Rimpang jahe
Bawang putih
Kunyit, dan
Pepaya.

Pantangan Makanan untuk Anak yang Tengah Mengalami Perut Kembung

Ibu, pastikan bahwa beberapa jenis makanan berikut ini tidak dikonsumsi oleh buha hati ibu. Jika ibu tak ingin buah hati ibu mengalami perut kembung. Dan beberapa jenis makanan tersebut, diantaranya ialah sebagai berikut :

× Buah-buahan yang dikeringkan seperti kismis
× Makanan asin
× Berbagai jenis produk olahan susu
× Kubis
× Berbagai jenis makanan yang mengandung pemanis buatan
× Buah buahan yang mengandung gas, seperti nangka, durian dan nanas
× Makanan kemasan.

Beberapa jenis makanan tersebut dapat mengacaukan sistem pencernaan. Oleh karena itu, patikan untuk hindari atau batasi pengonsumsiannya jika Anda dan buah hati Anda ingin terhindar dari gangguan perut kembung.

Bahaya Perut Kembung pada Anak yang Kerap Terabaikan

Jangan pernah menganggap perut kembung pada anak adalah masalah yang sepele. Karena fakta menunjukan bahwa perut kembung juga merupakan salah satu gejala dari berbagai jenis penyakit lain yang cukup berbahaya. Untuk itu, mendeteksi gejala perut kembung secara dini adalah hal yang sangat teramat disarankan guna mencegah kondisi berbahaya pada buah hati Anda.

Cara Menyembuhkan Perut Kembung pada Anak

Jangan pernah menyepelekan perut kembung yang tengah dialami oleh buah hati Anda saat ini. Karena perut kembung bisa merupakan suatu gejala dari penyakit lain yang lebih berabahaya. Dan untuk meminimalisir resikonya maka kami sangat teramat menyaranakan agar Anda segera melakukan upaya pengobatan pada buah hati Anda.

Dan ingatlah !! Jangan pernah salah dalam memberikan upaya pengobatan pada buah hati Anda. Karena upaya pengobatan yang salah bisa menimbulkan dampak yang tidak baik bahkan berbahaya untuk kondisi kesehatan buah hati Anda yang tengah mengalami perut kembung saat ini.

Namun, jangan khawatir bunda. Karena kami disini akan memberikan solusi pengobatan TERBAIK dan TERAMAN untuk keluhan perut kembung pada buah hati bunda. Dan metode pengobatan tersebut hanya akan Anda dapatkan disini, ya hanya disini saja. Yaitu hanya pada produk herbal QnC Jelly Gamat yang telah terbukti dapat membantu mengatasi keluhan perut kembung pada anak berikut penyebabnya secara lebih alami dan efektif.


Posted by : wajarsehat.com

Cara Menyembuhkan Perut Kembung pada Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp