Home KESEHATANCara Menyembuhkan Kista Ovarium Tanpa Operasi

Cara Menyembuhkan Kista Ovarium Tanpa Operasi

Cara Menyembuhkan Kista Ovarium Tanpa Operasi

Cara Menyembuhkan Kista Ovarium Tanpa Operasi – Kista ovarium merupakan suatu kondisi dimana terdapat pertumbuhan pada menyerupai kantong berisis cairan yang tepat terletak pada bagian ovarium. Sejatinya, setiap individu wanita memiliki dua indung telur (ovarium) yang terletak pada sebelah kiri dan dan sebelah kanan rahim.

Cara Menyembuhkan Kista Ovarium Tanpa Operasi

Ovarium memiliki ukuran yang sebesar biji kenari. Salah satu bagian dari organ reproduksi wanita ini memiliki tugas untuk menghasilkan sel telur pada setiap bulannya secara rutin. Yang dimulai pada sejak masa pubertas dan berakhir pada masa menopause. Selain itu, ovarium juga bertugas untuk menghasilkan hormon estrogen dan hormon progesteron.

Dan kista merupakan salah satu gangguan yang kerap terjadi pada ovarium. Penyakit yang sering menyerang wanita disemua usia ini, lebih jarang terjadi pada wanita yang telah menginjak fase menopause. Dan umumnya kista sendiri bukanlah suatu kondisi yang membahayakan jika segera ditangani dengan upaya penanganan yang tepat.

Akan tetapi, Anda juga perlu waspada jika kista tak kunjung hilang. Karena gangguan tersebut memiliki potensi yang cukup besar untuk mengalami pembesaran dan akan semakin membesar bahkan hingga pecah. Dan untuk lebih memahami kondisi kista ovarium, yuk simak jenis-jenis kista berikut ini :

1. Kista Ovarium Fungsional

Kista ovarium fungsional adalah sejenis kista yang umumnya akan mengalami perkembangan sesuai dengan perputaran siklus menstruasi seorang wanita. Kista ovarium fungsional sendiri merupakan jenis kista yang paling umum, tidak berbahaya dan bahkan bisa hilang dengan sendirinya tanpa upaya pengobatan.

2. Kista Ovarium Patologis

Kista ovarium patologis ini adalah sejenis kista yang hadir akibat adanya pertumbuhan sel yang tidak normal. Umumnya kondisi kista ini bisa jinak (tidak berbahaya) bahkan bisa berpotensi menjadi ganas atau berubah menjadi kanker. Sehingga kista ovarium patologis ini adalah jenis kista yang memerlukan perawatan yang khusus.

Faktanya, hingga sampai saat ini penyakit kista ovarium masih menjadi momok yang menakutkan bagi setiap wanita. Padahal, jika penyakit ini dideteksi sedini mungkin lantas mndapatkan upaya perawatan yang tepat. Maka tentu saja kista ovarium ini bisa disembuhkan dengan baik. Cara Menyembuhkan Kista Ovarium Tanpa Operasi

Penyebab Kista Ovarium

Lantas apa yang menyebabkan terjadinya kista ovarium pada seorang wanita ? Inilah beberapa penyebab kista ovarium menurut jenisnya.

1. Penyebab Kista Fungsional

√ Kista Polikel

Kista polikel adalah sejenis kista yang sangat umum dan memang kerap terjadi. Pasalnya setiap bulannya, seorang wanita akan melepaskan sel telur untuk dapat dibuahi oleh sperma. Sel telur yang telah dilepaskan tersebut akan bergerak menuju tuba falopi kedian menuju rahim.

Sedangkan sel telur yang belum matang (calon bakal telur) yang juga kerap disebut dengan folikel, masih tetap stay pada oavarium tersebut. Dalam kondisi yang norman, folikel sendiri bertugas untuk melindungi sel telur hingga benar-benar matang lantas akhirnya akan pecah dan melepaskan sel telur untuk dibuahi.

Namun pada banyak kasus yang ditemui, terkadang ada saja folikel yang tidak pecah dan tidak melepaskan sel telur. Atau bisa juga tidak kembali menyusut pada ukuran yang semua setelah sel telur tidqak terlepas. Jika hal ini terus menerus dibiarkan berlarut-larut, maka tentu saja akan menimbulkan dampak yang cukup beresiko karena ccairan di dalam folikel tersebut akan semakin bertambah.

Nah, inilah penyebab utamanya. Karena jika folikel yang berisi cairan tersebut semakin membesar, maka tentu saja akan menimbulkan kista jenis folikel. Cara Menyembuhkan Kista Ovarium Tanpa Operasi

√ Kista Luteal

Kista luteal ini adalah sejenis kista yang lebih jarang terjadi jika dibandingkan dengan kista polikel. Kista luteal sendiri terjadi pada saat jaringan kantung folikel yang telah berhasil melepaskan sel telur berisikan darah. Kista luteal ini juga bisa sembuh dengan sendirinya setelah beberapa bulan.

Namun, tak jarang pula kondisi ini justru akan menyebabkan folikel yang beisi darah tersebut menjadi pecah. Sehingga dampak buruknya bisa menyebabkan pendarahan internal di dalam tubuh.

2. Penyebab Kista Patologis

√ Kista Dermoid

Kista dermoid adalah sejenis kista yang perkembangannya biasa melalui sel-sel yang kerap digunakan untuk membuat sel telur. Kista jenis ini memiliki potensi untuk kmengalami pembesaran bahkan hingga mencapai 15 cm. Namun meskipun demikian, kista ini tidak termasuk pada kategori ganas.

Akan tetapi, tindakan operasi tak jarang harus dilakukan untuk menghentikan pertumbuhan dari kista demoid tersebut. Cara Menyembuhkan Kista Ovarium Tanpa Operasi

√ Kista Denoma

Kista denoma ini memiliki perkembangan dari se-sel yang bertugas untuk melapisi bagian luar ovarium. Kista enis denoma ini juga terbagi ke dalam 2 bagian, yaitu kista denoma serosa dan kista denoma musinosa. Kista denoma serosa ini umumnya tidak akan tumbuh terlalu besar namun memiliki potensi untuk pecah.

Sedangkan jenis kista denoma musinosa sendiri, dapat tumbuh menjadi sangat besar bahkan hingga mencapai ukuran 30 cm. Sehingga kista obvarium jenis yang satu ini bisa melakukan penekanan terhadap organ-organ yang ada disekitarnya. Dan bahkan memiliki potensi yang cukup besar, memblokir aliran darah menuju ke ovarium.

Selain itu beberapa kondisi dibawah ini juga dapat meningkatkan resiko seseorang terjangkit penyakit kista :

Mengidap penyakit endometriosis
Silus menstruasi tidak teratur
Sindrom ovarium polikistik
Riwayat penyakit keluarga
Memiliki berat badan berlebihan (obesitas)
Pernah memiliki riwayat penyakit kista sebelumnya.

Gejala Kista Ovarium

Pada banyak kasus yang terjadi, umumnya kista yang ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya tidak menimbulkan gejala sama sekali. Akan tetapi adapula beberapa jenis kista yang membutuhkan upaya penanganan karena memiliki ukuran yang cukup besar kerap menimbulkan beberapa gejala berikut ini :

Siklus menstruasi yang tidak teratur
Lebih sering buang air kecil
Mengalami konstipasi (sembelit)
Adanya gangguan pada sistem pencernaan
Perut terasa kembung
Lebih mudah merasa kenyang meskipun makan dalam porsi yang sedikit
Timbul rasa sakit pada tulang panggul pada saat sebelum dan sesudah haid
Adanya rasa sakit pada saat melakukan hubungan seksual
Pusing
Mual dan muntah
Kondisi payudara menjadi lebih sensitif seperti saat tengah hamil.

Menu Makanan Sehat untuk Penderita Kista Ovarium

Sebagai upaya untuk mencegah dan mempercepat upaya pemulihan penyakit kista ovarium. Anda bisa memanfaatkan beberapa jenis tips menu makanan sehat berikut ini :

Ikan Salmon

Sudah menjadi rahasia yang umum bahwa ikans almon sangat kaya akn kandungan asam lemka omega-3 dan rendah akan kandungan indeks glikemik. Faktanya salmon bukna hanya baik untuk jantung, namun juga dapat meningkatkan hormon androgen pada penderita kista ovarium.

Kacang-kacangan

Kacan hazelnut dan kacang almond adalah dua jenis kacang yang sangat dissarankan pengonsumsiannya oleh penderita kista ovarium karena memiliki khasiat untuk mengontrol resistensi insulin di dalam tubuh.

Bayam

Siapa yang tidak tahu akna kandungan gizi yang ada pada sayuran hijau yang satu ini ? Seorang penderita kista ovarium dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan yang rendah akan kalori, dan bayam adalan salah satu jawabannya.

Yogurt

Salah satu produk susu yang kaya akan kalsium ini memiliki khasiat untuk membantu mencegah terjadinya penyakit ISK pada wanita sebagai efek komplikasi dari penyakit kista ovarium.

Susu

Minuman yang kaya akan kandungan kalsium adalah sebutan yang pas untuk susu. Dan kalsium sendiri sangat dibutuhkan oleh mereka yang memiliki penyakit kista, karena memiliki peranan dalam pematangan sel telur dan pembangunan folikel di dalam povarium serta baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Telur

Telur sendiri kerap dianggap sebagai makanan super untuk wanita. Karena apa ? karena fakta menunjukan bahwa dengan mengonsumsi telur rebus tanpa kuning telur dipecaya mampu mencegah pertumbuhan penyakit kista ovarium pada wanita.

Brokoli

Brokoli adalah sejenis sayuran hijau yang memiliki sifat sebagai anti-kanker, memiliki kandungan vitamin yang tinggi serta rendah akan kalori dan indeks glikemik. Sehingga berbagai kandungannya tersebut sangat dibutuhkan oleh penderita kista ovarium.

Kayu Manis

Banyak sekali khasiat yang bisa kita dapatkan pada rempah yang satu ini. Dan salah satunya ialah untuk membantu menurunkan kadar insulin serta membantu mengobati obesitas sebagai salah satu faktor yang memicu penyakit kista ovarium.

Selada

Dengan rajin mengonsumsi selada setiap harinya, maka tubuh Anda akan terhindar dari bahaya penyakit kista ovarium. Cara Menyembuhkan Kista Ovarium Tanpa Operasi

Pantangan Makanan untuk Penderita Kista Ovarium

Menjaga asupan makanan sehat adalah suatu hal yang sangat penting untuk menjaga tubuh Anda agar terhindar dari penyakit kista. Sehingga memilih dan memilah makanan adalah satu hal yang harus dilakukan. Dan berikut ini adalah beberapa jenis pantangan makanan untuk penderita kista :

Sayur tauge, sayur kankung serta sawi putih
Minuman alkohol dan minuman bersoda
Beberapa jenis buah-buahan bergas seperti nangka, nanas dan durian
Makanan yang diawetkan
Batasi pengonsumsian seafood.

Bahaya Kista Ovarium yang Kerap Terabaikan

Waspada !! Kista ovarium dikategorikan sebagai penyakit yang cukup berbahaya jika telah masuk pada fase komplikasi mengerikan berikut ini :

  1. Torsi ovarium : Suatu kondisi ukuran kista yang mengalami pembesaran sehingga berdampak pada terpelintir atau bergesernya indung telur dari posisi yang semua.
  2. Ruptur : Kondisi ketika kista ovarium menjadi pecah
  3. Infertilitas : Kemandulan
  4. Peritonitis : Suatu kondisi peradangan pada selaput atau membran perut
  5. Kanker ovarium : Meskipun dalam kondisi yang langka, namun tentu saja tak menutup kemungkinan bahwa kista dapat berpotensi menjadi kanker.

Cara Menyembuhkan Kista Ovarium Tanpa Operasi

Umumnya, banyak sekali penderita kista yang telah berpotensi membahayakan tidak menghiraukan kondisinya karena cenderung takut untuk melakukan operasi. Dengan berbagai macam alasan seperti resiko yang akan ditimbulkan atau bahkan karena operasi memerlukan biasa dalam jumlah yang tidak sedikit.

Namun itu bukanlah solusi yang tepat !! Karena kista yang telah berpotensi membahayakan tersebut memiliki keharusan untuk mendapatkan upaya penanganan yang baik dan tepat. Guna mencegah bahaya komplikasi yang akan ditimbulkan serta mencegah kista tersebut datang kembali (kambuh) jika telah sembuh.

Cara terbaik dan no. 1 untuk membantu mengobati penyakit kista ovarium yang tengah Anda alami saat ini. Hanya bisa Anda temukan disini saja. Ya, hanya disini.. metode pengobatan kista ovarium no.1 yang akan membantu Anda dalam mengobati penyakit kista secara lebih efektif dan aman tersebut hanya ada pada »»QnC Jelly Gamat««

Posted by : wajarsehat.com

Cara Menyembuhkan Kista Ovarium Tanpa Operasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp