Home KESEHATANCara Menyembuhkan Diare pada Anak 2 Tahun

Cara Menyembuhkan Diare pada Anak 2 Tahun

Cara Menyembuhkan Diare pada Anak 2 Tahun

Cara Menyembuhkan Diare pada Anak 2 Tahun – Diare adalah suatu kondisi dimana penderitanya akan mengalami buang air besar yang relatif sangat sering. Dan seorang penderita diare akan mengeluarkan feses yang encer dan lembek. Pada umumnya, kondisi ini cenderung dipicu oleh makanan, minumam, bakteri, parasit maupun virus.

Cara Menyembuhkan Diare pada Anak 2 Tahun

Diare sendiri merupakan suatu kasus yang cukup umum di kawasan negara-negara berkembang termasuk Indonesia salah satunya. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kemenkes RI pada tahun 2017, menunjukan bahwa kasus diare yang di temukan di Indonesia ada sekitar 7 juta kasus, yang didominasi oleh kasus di wilayah Jawa Barat.

Umumnya, fakta dilapangan menunjukan bahwa diare bisa terjadi pada siapa saja, baik pada orang dewasa maupun anak-anak bahkan pada bayi sekalipun. Dan rata-rata, orang dewasa akan mengalami 4 kali diare dalam kurun waktu setahun. Selain itu, seorang penderita diare bisa mengalami diare 3-4 atau bahkan lebih dalam seharinya.

Dan sampai saat ini, khususnya di wilayah negara berkembang. Diare masih menjadi polemik yang cukup serius, pasalnya diare merupakan suatu kondisi penyakit yang menjadi penyebab umum tingginya angka kematian pada balita. Serta setidaknya, sekitar 2,6 juta orang meninggal setiap tahunnya akibat diare kronis.

Kondisi diare sendiri biasanya terjadi selama beberapa hari saja (diare akut). AKan tetapi, adapula kondisi diare yang berlangsung bahkan hingga berminggu-minggu (diare kronis). Faktanya, diare bukanlah merupakan suatu penyakit yang membahayakan **jika kondisinya tidak disertai dengan gejala dehidrasi.

Namun jangan salah, diare sendiri bisa sangat membahayakan dan memerlukan upaya penanganan yang khusus dan segera **jika kondisinya disertai dengan gejala dehidrasiCara Menyembuhkan Diare pada Anak 2 Tahun

Penyebab Diare pada Anak

Lantas apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan timbulnya kondisi diare pada seseorang terutama pada anak usia 2 tahun ?? Meskipun pada dasarnya diare bisa sembuh dengan sendirinya, namun tetap saja kita harus tetap bisa memperhatikan kondisinya. Karena diare bisa menimbulkan dehidrasi yang cukup parah pada penderitanya.

Terlebih jika diare telah berlangsung selama berminggu-minggu. Dan untuk lebih memahami kondisinya, maka kami sangat menyarankan agar Anda mengetahui beberapa penyebab diare berikut ini :

  • Infeksi bakteri, ini merupakan penyebab yang paling umum dan kerap terjadi pada kasus diare. Dan infeksi bakteri ini juga dapat memicu terjadinya keracunan makanan pada penderita diare
  • Alergi terhadap makanan tertentu
  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang kurang sehat dan kurang higienis
  • Adanya kerusakan pada lapisan usus akibat proses radioterapi
  • Mengalami radang usus buntu
  • Gangguan dari parasit giardia intestinalis
  • Infeksi dari virus norovirus dan rotavirus

Itulah beberapa penyebab dari diare dalam jangka waktu yang pendek. Sedangkan diare dalam jangka waktu yang panjang, umumnya diakibatkan oleh beberapa kondisi berikut ini :

  • Radang pankreas kronis
  • Penyakit crohn (radang lapisan sistem pencernaan)
  • Kolitis ulseratif (suatu kondisi yang memicu gangguan pada usus besar)
  • Penyakit kanker usus, serta
  • Mengidap sindrom iritasi usus (adanya gangguan pada fungsi normal usus).

Gejala Diare pada Anak

Pahami gejala-gejala yang kerap di timbulkan oleh penyakit diare berikut ini :

  • Perut kembung
  • Terjadi kram perut
  • Mengalami rasa mulas yang berlebih
  • Feses lembek dan encer
  • Mual dan muntah
  • Penurunan berat badan yang signifikan
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Tinja berlendir atau bahkan hingga berdarah
  • Terdapat makanan yang belum tercerna pada feses

Dan Anda juga perlu lebih mengenal kondisi diare yang disertai dengan dehidrasi, adapun gejalanya ialah sebagai berikut :

  • Lemas dan kelelahan
  • Pusing
  • Kulit dan mulut menjadi kering
  • Wajah menjadi pucat pasi
  • Rasa haus yang cukup ekstrem
  • Warna urine yang lebih pekat

Selain itu, Anda juga perlu memahami gejala diare yang disertai dengan dehidrasi pada anak dan balita berikut ini :

  • Air mata relatif lebih sedikit saat menangis
  • Mata, pipi dan perut terlihat lebih cekung
  • Tidak terdapat urine pada popok setelah 3 jam atau bahkan lebih
  • Rewel
  • Demam tinggi bahkan hingga 39 derajat Celsius. Cara Menyembuhkan Diare pada Anak 2 Tahun

Menu Makan Sehat untuk Anak Penderita Diare

Seperti yang telah kita ketahui bahwa jika anak berada pada usia di bawah usia 6 bulan, maka makanan terbaik untuknya ialah ASI ekslusif. Sedangkan untuk anak-anak di atas usia 6 bulan dan telah mendapatkan makanan pendamping ASI.

Maka beberpa jenis makanan berikut ini cukup kami rekomendasikan untuk membantu meminimalisir gejala diare. Dan untuk membantu mempercepat proses pemulihan penyakit diare pada penderita. Adapun beberapa jenis makanan tersebut, ialah sebagai berikut :

√ Telur Rebus

Tekstur yang lembut dan kandungan gizi yang lengkap pada telur merupakan salah satu solusi makanan terbaik bagi anak yang tengah menderita penyakit diare.

√ Pisang

Karena memiliki tekstur yang begitu lembut dan kaya akan kandungan nutrisi dan gizi, buah pisang ini juga kerap di jadikan sebagai makanan pendamping ASI. Selain itu, tak disangka jika kandungan potassium yang tinggi pada pisang akan membantu menggantikan cairan elektrolit yang hilang pada saat diare.

Bukan hanya itu saja, namun kandungan lain dari buah pisang seperti inulin (sejenis prebiotic) juga dapat membantu mengembangkan bakteri baik guna melawan berbagai bakteri jahat yang ada pada usus. Selanjutnya ada pektin dan serat soluble yang berfungsi untuk menyerap cairan di dalam usus.

√ Nasi tim

Nasi tim adalah solusi terbaik untuk membantu mengembalikan stamina anak ketika telah kelelahan akibat terlalu banyak mengeluarkan cairan.

√ Roti

Roti merupakan sejenis makanan yang bisa dijadikan sebagai sember energi karena banyak mengandung karbohidat. Olahan gandum ini bisa dijadikan sebagai altternatif penambah energi anak yang tengah mengalami diare.

√ Yogurt

Salah satu hasil penelitian menunjukan bahwa, yogurt adalah makanan yang sangat aman Dan baik dikonsumsi sebagai upaya untu mempersingkat durasi terjadinya diare. Selain itu, tekstur yogurt yang lembut sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak untuk tetap menjaga sistem kesehatan usunya.

√ Kentang Rebus atau Kentang Panggang

Kentang adalah sejenis sayur yang sangat jaya akan kandungan karbohidrat. Kentang sendiri bisa menjadi solusi alternatif, jika anak tidak suka dengan nasi.

√ Sayur yang tidak memiliki kandungan serat terlalu banyak

Meskipun serta memang sangat diperlukan oleh tubuh, namung INGAT !! Bahwa seorang penderita diare sangat pantang untuk diberikan serat berlebih. Dan agar tetap bisa memenuhi kandungan seratnya maka mengonsumsi sayur rendah serat adalah solusinya, contohnya ialah seperti sayur wortel.

Serta berbagai jenis daging yang diolah dengan cara di rebus atau bisa juga di panggang juga bisa menjadi salah satu solusi makanan pendamping ASI terbaik dikala anak Anda mengalami penyakit diare. Cara Menyembuhkan Diare pada Anak 2 Tahun

Pantangan Makanan untuk Anak Penderita Diare

Sebagai salah satu penyebab dari diare, tentunya ada beberapa jenis makanan yang memang sangat pantang untuk dikonsumsi oleh penderita diare. Terlebih jika penderita diare tersebut adalah anak yang berusia di bawah 2 tahun. Karena salah mengonsumsi makanan justru akan semakin memperparah keadaan.

Adapun beberapa jenis makanan yang wajib untuk dihindari oleh anak yang tengah mengalami diare, ialah sebagai berikut :

× Buah-buahan yang masam
× Berbagai jenis produk olahan susu
× Kacang-kacangan
× Bawang putih
× Sayur kubis
× Jus buah
× Berbagai jenis makanan yang mengandung pemanis buatan

Stop !! Jangan sekali-kali memberikan beberapa jenis makanan tersebut pada anak Anda yang tengah mengalami diare, jika tak ingin diarenya bertambah parah.

Bahaya Diare pada Anak 2 Tahun

Diare sendiri bukanlah merupakan suatu kondisi penyakit yang cukup serius. Namun adakalanya, diare bisa menjadi penyakit yang cukup serius bahkan hingga mematikan terlebih jika terjadi pada anak yang masih berusia belia. Dan bahaya yang sangat perlu diwaspadai pada penderita diare adalah Dehidrasi.

Karena dehidrasi sendiri masih menjadi permasalahan yang cukup besar pada penyakit diare. Jadi seorang ibu sangat perlu berwaspada, jika buah hatinya mengalami diare yang disertai dengan gejala dehidrasi. Karena hal tersebut bisa menimbulkan bahaya kematian pada buah hati Anda.

Cara Menyembuhkan Diare pada Anak 2 Tahun

Ibu, jangan pernah Anda berani mengambil resiko. Jika buah hati Anda terserang penyakit diare, maka kami sangat teramat menyarankan agar Anda segera melakukan upaya pengobatan dengan metode pengobatan yang tepat. Karena pada usia yang masih belia, buah hati ibu tidak bisa sembarangan dalam melakukan tindakan pengobatan.

Namun jangan khawatir, karena kini telah hadir metode pengobatan herbal TERBARU, TERBAIK dan TERAMAN untuk membantu mengatasi keluhan diare pada buah hati Anda. Yaitu tidak lain ialah dengan menggunakan cara yang bisa membantu mempercepat kesembuhan hingga 3x lebih cepat tanpa menimbulkan efek samping apapun dari produk herbal »»QnC Jelly Gamat««

»» Mau Tahu Informasi Lebih Lanjut ?? ««

Posted by : wajarsehat.com

Cara Menyembuhkan Diare pada Anak 2 Tahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp