Home KESEHATANCara Menyembuhkan Cegukan yang Sering Kambuh

Cara Menyembuhkan Cegukan yang Sering Kambuh

Cara Menyembuhkan Cegukan yang Sering Kambuh

Cara Menyembuhkan Cegukan yang Sering Kambuh – Cegukan adalah suatu kontraksi diapragma yang terjadi secara berulang-ulang dan tiba-tiba. Kondisi ini tak lepas dipengaruhi oleh udara yang masuk ke dalam paru-paru yang menyebabkan runag yang berada pada celah pita suara (glottis) menjadi tertutup, sehingga timbulah suara hik.

Cara Menyembuhkan Cegukan yang Sering Kambuh

Diapragma sendiri merupakan suatu otot yang memberikan jarak antara rongga perut dengan rongga dada yang memiliki peranan yang cukup penting dalam proses pernafasan. Ketika diapragma berkontraksi, maka akan terjadi pembesaran pada rongga dada. Sehingga udara mudah masuk ke dalam paru-paru.

Sementara ketika diapragma relax, maka rongga dada akan mengecil dan paru-paru pun akan mengeluarkan udara.

Terlepas dari semua itu, cegukan adalah satu kondisi yang dapat pulih dengan sendirinya meskipun tanpa adanya upaya pengobatan. Namun, dalam beberapa kasus ditemukan cegukan yang mudah sekali kambuhan dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Sehingga memerlukan adanya upaya penanganan yang tepat dan cepat.

Dan ternyata, kondisi tersebut juga dapat dipengaruhi oleh beberapa gangguan penyakit yang cukup serius. Yang slaah satunya ditandai dengan gejala cegukan. Dalam istilah medis sendiri, cegukan lebih dikenal dengan nama singultus. Cegukan juga merupakan suatu kondisi yang dapat terjadi pada semua kalangan usia termasuk bayi.

Penyebab Cegukan

Dan inilah beberapa penyebab cegukan yang perlu Anda ketahui. Adapun beberapa penyebab cegukan tersebut, diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Makan dan minum yang terlalu cepat
  • Terlalu banyak makan dan minum
  • Tertawa dan batuk yang terlalu keras
  • Tidak adanya keseimbangan elektrolit di dalam tubuh
  • Minum air dingin setelah mengonsumsi makanan yang panas atau pedas
  • Adanya benda asing yang masuk ke dalam telinga
  • Terjadi iritasi pada saluran frenikus dan fregus
  • Efek dari dari uadara yang cukup dingin
  • Terlalu emosional
  • Memiliki beberapa riwayat penyakit
  • Mengonsumsi minuman alkohol dan bersoda
  • Menelan makanan yang terlalu dingin dan terlalu panas.

Gejala Cegukan

Dalam beberapa kondisi, seseorang yang tengah terserang cegukan biasanya akan mengalami sensari sesak yang ringan pada dada, perut dan tenggorokan serta menrasakan seperti ada tekanan pada diapragma.

Cegukan juga kerap digambarkan sebagai kondisi kejang singkat yang terjadi pada diapragma. Pasalnya, cegukan normal hanya akan terjadi dalam beberapa menit atau beberapa detik saja. Cara Menyembuhkan Cegukan yang Sering Kambuh

Makanan Sehat untuk Penderita Cegukan

Untuk mengatasi cegukan Anda bisa memanfaatkan beberapa jenis makanan berikut ini :

√ Air Putih

Ketika anda tengah mengalami cegukan, air adalah solusi yang cukup baik untuk membantu menghentikan cegukan tersebut. Karean dengan mengonsumsi air, maka akan membantu menenangkan kembali syaraf. Selain itu, berkumur dengan air juga merupakan salah satu solusi yang cukup baik untuk membantu menghentikan cegukan Anda.

√ Gula

Faktanya, dfengan mengonsumsi 1 sdm gula pasir kering, maka akan membantu mengehntikan cegukan Anda secara alami dan cukup efektif. Gula pasir yang lengket akan membantu mengubah ritme pernafasan menjadi lebih baik, sehingga cegukan akan lebih mudah berhenti.

Selain itu, rasa manis yang terjadi pada ujung lidah setelah mengonsumsi gula akan membantu menenangkan syaraf lidah yang memang memiliki kepekaan yang cukup tinggi terhadap rasa asam.

√ Jeruk Nipis

Dngan mengunyak sopotong jeruk nipis segar maka akan membantu untuk mengganggu pola impuls syaraf vagus serta membantu menghentikan cegukan secara alami.

√ Selai Kacang

Sama halnya seperi gula, selai kacang juga akan membantu meredakan cegukan yang tengah Anda alami saat ini.

Itulah beberapa makanan yang wajib Anda coba, untuk membantu menghentikan cegukan Anda secara lebih efektif.

Bahaya Cegukan

Sungguh tak disangka, ternyata cegukan yang sering sekali hanya kita anggap sebagai angin lalu. Ternyata berbuah fakta yang sangat mengejutkan. Pasalnya, cegukan yang terus-menerus bisa jadi merupakan suatu gejala atau alarm peringatan yang tengah terjadi pada tubuh. Cara Menyembuhkan Cegukan yang Sering Kambuh

Jika Anda mengalami kondisi cegukan yang tak kunjung usai dalam kurun haru berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Maka kami sangat menyarankan agar Anda juga waspada terhadap beberapa bahaya berikut ini :

1. Adanya Kerusakan pada Pembuluh Darah Otak

Kerusakan pembuluh darah otak atau iskemia atau stroke kerap ditemukan pada orang yang mengalami cegukan berkepanjangan. Bukan hanya kelainan jaringan otak, namun cegukan berkepanjangan juga ditemukan pada penderita penyakit autoimun Lupus Eritematosus Sistemik (SLE).

Untuk menghindari resiko ke 2 penyakit berbahaya tersebut. Maka kami sangat teramat menyarankan agar Anda segera memerikasakan diri, jika Anda mengalami cegukan berkepanjangan. Terlebih apabila cegukan tersebut terjadi pada usia Anda yang sudah tak muda lagi.

2. Terjadi Gangguan pada Saluran Sistem Pencernaan

Salah satu gangguan penyakit yang menyangkut sistem pencernaan ialah GERD (gastroesophageal reflux disease) yang umumnya meberikan gejala, kerap bersendawa. Selain itu, beberapa kasus juga menunjukan bahwa 10% wanita dan 7,9% pria yang memiliki riwayat penyakit GERD akan mengalami cegukan berkepanjangan.

3. Lesi (Terjadi Gangguan Jaringan pada Sepanjang Jalur Syaraf Perifer)

Seseorang yang memiliki riwayat penyakit sarkoidosis kelenjar getah bening mediastinum, umumnya akan mengalami cegukan berkepanjangan. Dan infiltrasi gangguan tumor menjadi salah satu yang disebut-sebut sebagai penyebab dari cegukan yang berkepanjangan.

Selain itu, cegukan juga merupakan salah satu gejala dari kanker tenggorokan. Dan 27% mereka yang mengidap penyakit kanker tenggorokan di diagnosis akan mengalami cegukan selama kurang lebih 48 jam.

4. Terjadinya Radang, Adanya Cidera dan Tumor pada Sistem Syaraf Pusat

Penyakit tumor otak dan atau kanker otak, memiliki kemungkinan yang cukup besar untuk memicu gejala cegukan yang berkepanjangan. Selain itu, berbagai jenis gangguan penyakit otak lain sperti tumor batang otak, cavernoma dan yang lainnya juga dapat memicu gejala cegukan berkepanjangan.

Oleh, karena itu, gejala cegukan biasa hilang dengan sendirinya, setelah pasien penderita gangguan pada jaringan otak melakukan tindakan operasi.

5. Kanker

Tak jarang, cegukan berkepanjangan juga ditemukan pada mereka yang memiliki riwayat penyakit kanker. Dilaporkan dari Itali, yang menunjukan bahwa 4,5% pasien yang rawat jalan dan 3,9% pasien yang rawat inap mengalami cegukan yang cukup parah. hal ini terjadi pada pasien kanker yang diakibatkan efek samping dari metode pengobatan kemoterapi.

6. Anestesi dan Pasca Operasi

Menggunakan obat anestesi ternyata dapat membuat penggunanya mengamai cegukan. Selain itu, seseorang yang telah melakukan operasi whipple dan kolektomi mengalami cegukan pasca operasi.

Itulah beberapa penyakit yang kerap disertai dengan gejal cegukan berkepanjangan. Oleh karena itu, maka kami snagat teramat menyarankan agar Anda segera melakukan tindakan pemeriksaan jika Anda mengalami cegukan hingga berhari-hari atau bahka hingga berminggu-minggu.

Cara Menyembuhkan Cegukan yang Sering Kambuh

Anda memiliki problem dengan cegukan ?? Terlalu sering cegukan ? Cegukan Anda tak mengenal tempat dan waktu ?? Atau bahkan Anda sudah melakukan berbagai cara untuk menghentikan cegukan tersebut, namun tetap tak kunjung membaik ? Sangatt tepat.. Karena solusi terbaik dan teraman untuk problem cegukan Anda memang ada disini, dan hanya disini saja.

Dengan menggunakan metode pengobatan herbal terbaik, Anda bisa segera menghentikan cegukan yang selalu kambuhan dengan jauh lebih cepat dan tanpa menimbulkan efek samping sama sekali. Hanya disini saja..

»»Ingin Informasi yang Lebih Detail ??««

Posted by : wajarsehat.com

Cara Menyembuhkan Cegukan yang Sering Kambuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp