Cara Menyembuhkan Cedera Lutut yang Sudah Lama

Sejatinya, hampir setiap orang yang memiliki hobi olahraga atletik dari cabang apapun pasti pernah mengalami cedera. Dan salah satu cedera yang paling umum terjadi ialah cedera lutut.

Lutut sendiri, merupakan sendi engsel yang sangat kompleks. Sehingga, berbagai aktivitas atau fungsinya rentan sekali terhadap cedera. Dan ternyata, cedera lutut bisa bersifat permanen loh.. 🙁

Nah, masih membahas seputar cedera. Kali ini, tim wajarsehat.com akan memberikan informasi perihal :

Cara Menyembuhkan Cedera Lutut yang Sudah Lama

Cara Menyembuhkan Cedera Lutut yang Sudah Lama

Faktanya, sendi lutut terbentuk dari tiga tulang yang meliputi : tulang kering, tulang paha serta tulang tempurung lutut. Tempurung sendiri terdapat pada sisi depan sendi lutut.

Untuk menghubungkan antara satu tulang dengan tulang lainnya maka dibutuhkanlah ligamen. Ligamen sendiri ialah suatu serat pengikat yang cukup kuat guna mengikat jaringan sendi dan menstabilkan lutut.

Dan lutut sendiri terdiri dari empat ligamen utama yang diantaranya ialah :

1. Ligamen kolateral

Ligamen kolateral yang terdapat pada sisi lutut, terbagi ke dalam 2 jenis yaitu : Ligamentum Collaterale Laterale (LCL) yang terdapat disisi bagian luar lutut dan Ligamentum Collaterale Mediale (LCM) yang terdapat pada sisi bagian dalam lutut.

2. Ligamen krusiatus

Ligamen krustiatus adalah jenis ligamen yang terdapat di tengah-tengah lutut. Ligamen krusiatus juga terbagi menjadi dua yaitu Ligamen Cruciatum Anterius (LCA) yang ditemukan di bagian depan lutut.

Dan Ligamentum Cruciatum Posterius (LCP) yang terletak tepat di belakang lutut. Ligamen krusiatus ini memiliki fungsi untuk mengontrol pergerakan lutut ke depan, belakang dan juga memutar.

Lantas apa sih Cedera Lutut itu ?

Pada umumnya, cedera lutut biasa terjadi selama seseorang melakukan aktivitas olahraga. Mekanisme terjadinya cedera paling lazim ialah terpelintir atau keseleo.

Ketika ada perubahan gerak atau posisi pada lutut yang bersifat secara tiba-tiba atau mendadak.Sementara tungkainya sendiri masih dalam posisi yang sama atau bahkan memutar ke arah berlawanan.

Cedera ligamen lutut biasanya merupakan akibat dari trauma kecepatan tinggi, kecelakaan, bermaik sky, dan atau jatuh dari ketinggian. Dan umumnya, kondisi-kondisi tersebut disertai dengan sobekan meniscus.

Sobekan meniscus sendiri merupakan jenis cedera lutut yang cukup serius dan membutuhkan upaya penanganan dan atau upaya perawatan dengan segera.

Guna mencegah terjadinya cedera lain dalam bentuk apapun. Yang akan mempengaruhi fungsi kinerja dari pembuluh darah dan syaraf bahkan hilangnya fungsi lutut tersebut secara permanen. Kombinasi cedera tersebut umumnya lebih kerap terjadi pada kasus LCA dan LCM.

Berdasarkan tingkat keparahan, cedera lutut terbagi ke dalam beberapa tingkatan yang diantaranya meliputi :

1. Cedera derajat satu :

Cedera pada tingkat satu umumnya akan mengalami kerusakan yang ringan, sedikit renggang. Namun masih mempertahankan kestabilan lutut.

2. Cedera derajat dua :

Cedera tingkat dua akan menyebabkan ligamen menjadi renggang bahkan hingga menjadi longgar. Hal ini juga disebut sebagai sobekan ligamen parsial.

3. Cedera derajat tiga :

Inilah cedera yang juga dikenal dengan sobekan komplet dari ligamen. dimana robekan pad aligamen te5rsebut akan menyebabkan ketidakstabilan pada lutut.

Penyebab Cedera Lutut yang Tak Kunjung Sembuh

1. Keseleo

Keseleo merupakan suatu kondisi dimana ligamen dan jaringan ikat pada area lutut tengah terluka. LIgamen sendiri memiliki fungsi untuk memudahkan gerak serta melindungi tulang dan area persendian.

Dan kondisi tersebut umumnya diakibatkan oleh terjadinya kesalahan saat mendarat seperti pada saat melakukan permainan sepak bola atau basket. Gejala keseleo umumnya berupa kemerah-merahan dan rasa nyeri pada saat berjalan.

2. Patah Tulang

Penyebab cedera lutut selanjutnya ialah karena tulang yang patah. Dan kondisi tersebut umumnya terjadi karena adanya benturan yang cukup keras, seperti pada saat terjatuh, kecelakaan dan hantaman.

Cedera lutut yang satu ini ialah jenis cedera yang cukup fatal. Karena untuk dapat sembuh, seorang penderita bahkan harus melakukan tindakan operasi.

3. Disalokasi

Disalokasi atau posisi tulang yang tidak tepat juga merupakan salah satu penyebab cedera. Ya, posisi lutut yang tidak terletak pada tempatnya, bisa hanya berlaku pada sebagian ataupun secara keseluruhan.

Untuk bisa mendapatkan lutut pada posisi yang normal kembali, umumnya seorang penderita cedera harus melakukan tindakan operasi.

4. Cedera Bantalan Sendi Lutut

Bantalan sendiri lutut atau yang disebut juga dengan meniskus memiliki peranan untuk mencegah lutut dari benturan keras benda apapun. Serat untuk mencegah terjadinya gesekan antara tulang lutut dan tulang yang ada di sekitarnya.

Cedera yang satu ini juga umumnya kerap menimbulkan rasa sakit, kaku hingga pembengkakan.

5. Sindrom Nyeri Lutut

Sindrom nyeri lutut atau juga disebut dengan patellopemoral pain syndrome, umumnya terjadi akibat lutut yang terlalu sering digunakan hingga menimbulkan rasa sakit yang signifikan.

Umumnya, kondisi yang satu ini terjadi akibat terlalu banyak berlari atau bersepeda. Rasa sakit yang diakibatkan oleh sindrom nyeri lutut ini akan terasa di area belakang. Dan menimbulkan rasa sakit yang semakin memburuk jika semakin banyak di gerakan.

Inilah beberapa faktor yang akan semakin meningkatkan resiko cidera lutut pada seseorang :

  1. Melakukan pemanasan yang tidak tepat
  2. Kurangnya perawatan
  3. Perlengkapan yang tidak sesuai (seperti pada saat akan berolahraga)
  4. Lingkungan
  5. Kelelahan.

Gejala Cedera Lutut

Adapun gejala atau tanda cedera lutut umumnya meliputi :

  1. Nyeri yang berada dibagian luar dan dalam lutut
  2. Terjadi pembengkakan pada lutut (umumnya pembengkakan muncul setelah beberapa saat terjadinya cedera)
  3. Terdengar suara seperti “krek” pada saat terjadinya cedera
  4. Merasa seperti lutut tidak stabil atau goyang atau seperti akan terlepas
  5. Gerakan lutut menjadi lebih lamban atau terbatas.

Makanan Sehat untuk Penderita Cedera Lutut

Untuk membantu meringankan kondisi dan gejala cedera lutut. Maka makanan seorang penderita cedera lutut di anjurkan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini :

1. Stawberi

Selain jeruk dan jambu, stawberi merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dan ternyata kandungan vitamin C dalam buah stawberi ini mampu memproduksi kolagen di dalam tubuh.

Kolagen sendiri termasuk jaringan ikat yang sangat diperlukan untuk membantu menunjang fungsi kesehatan tulang dan sendi.

2. Telur

Jika cedera lutut yang tengah Anda alami sampai mengeluarkan darah, maka telur adalah jawaban terbaik untuk mengatasi kondisi tersebut.

Pasalnya, kandungan protein pada telur ini akan membantu meregenerasi sel-sel baru untuk menggantikan jaringan sel yang telah rusak. Termasuk membantu meregenerasi ligamen yang cedera.

3. Brokoli

Seorang penderita cedera tulang apapun, brokoli adalah metode alamiah yang bisa digunakan untuk membantu menunjang perawatan tulang cedera secara lebih optimal.

Selain susu, brokoli yang merupakan sayuran hijau ini juga memiliki kandungan vitamin K yang memiliki fungsi untuk membantu membangun masa tulang dan memperbaiki berbagai cedera pada tulang.

4. Salmon

Tak hanya kaya akan kandungan asam lemak omega-3, ternyata ikan salmon juga memiliki kandungan protein yang mampu membantu memperbanyak serat pada jringan otot yang rusak.

Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon juga memiliki khasiat untuk meredakan pembengkakan otot. Termasuk pembengkakan otot yang terjadi pada cedera tulang.

5. Melon

Anda yang sering mengalami kram otot dan tengah mengalami cedera otot, maka cobalah untuk memperbanyak pengonsumsian melon dalam setiap harinya.

Pasalnya, melon memiliki cairan elektrolit seperti sodium, potassium, klorida yang jelas sangat dibutuhkan untuk membantu mempertahankan keseimbangan masa otot otot Anda.

Pantangan Makanan untuk Penderita Cedera Lutut yang Tak Kunjung Sembuh

Dan untuk mencegah kondisi yang akan semakin memburuk, maka seorang penderita cedera lutut juga sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini :

  1. Makanan yang terbuat dari gandum termasuk havermut
  2. Makanan yang digoreng
  3. Terlalu berlebihan mengonsumsi daging
  4. Makanan yang dapat menimbulkan alergi.

Bahaya Cedera Lutut Yang Tak Kunjung Sembuh

HATI-HATI.. !! Meskipun kerap diabaikan karena dianggap suatu hal yang sepele. Ternyata cedera lutut juga bisa merupakan indikasi dari terjadinya pengapuran sendi dan adanya penyakit ostearthritis yang bersarang pada jaringan tubuh Anda.

Jadi sangat jelas sekali, bahwa Anda sangat tidak disarankan untuk menyepelekan rasa nyeri pada cedera lutut. Karena akibatknya bisa sangat fatal dan cukup berbahaya.

Terlebih seperti yang Anda tahu, bahwa lutut memiliki fungsi atau kinerja sebagai engsel penyangga tubuh. Selain menimbulkan berbagai gejala yang menyulitkan, kondisinya tersebut juga dapat mengganggu aktivitas harian penderitanya.

Cara Menyembuhkan Cedera Lutut yang Sudah Lama

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang lebih ingin mendapatkan upaya kesembuhan dari gangguan cedera lutut ?? SELAMAT .. !! karena memang disini Anda akan metode pengobatan terbaik dan efektif untuk membantu mengatasi cedera lutut yang tengah Anda alami saat ini.

  1. Metode pengobatan alami ?
  2. Kinerja yang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan metode pengobatan lainnya ?
  3. 3x lebih cepat ?
  4. Metode pengobatan alami ?
  5. Jauh dan terbebas dari gangguan efek samping ??
  6. Tak menimbulkan ketergantungan ??

Cara pengobatan tersebut hanya bisa Anda temukan pada metode pengobatan herbal dari QNC JELLY GAMAT. Yang merupakan suatu metode pengobatan terbaik dengan telah dilengkapi oleh izin resmi 13301741.

Anda mau sembuh dari cedera lutut yang sudah lama Anda alami ?? Yuk QNC-in aja.. 😉

Cara Menyembuhkan Cedera Lutut yang Sudah LamaCara Menyembuhkan Cedera Lutut yang Sudah Lama

Cara Menyembuhkan Cedera Lutut yang Sudah Lama

Cara Menyembuhkan Cedera Lutut yang Sudah Lama

Posted by : wajarsehat.com

Cara Menyembuhkan Cedera Lutut yang Sudah Lama

Tinggalkan komentar

WhatsApp Chat via WhatsApp