Home KESEHATANCara Menyembuhkan Bintitan yang Sudah Lama

Cara Menyembuhkan Bintitan yang Sudah Lama

Cara Menyembuhkan Bintitan yang Sudah Lama

Cara Menyembuhkan Bintitan yang Sudah Lama – Setiap kali mendengar kata bintitan, pasti banyak orang yang mengkait-kaitkannya dengan kebiasaan yang suka mengintip. Padahal bintitan sama sekali tidak ada kaitannya dengan hal tersebut. Karena faktanya bintitan merupakan suatu kondisi medis terjadinya infeksi pada bagain kelopak mata.

Cara Menyembuhkan Bintitan yang Sudah Lama

Bintitan sendiri adalah suatu kondisi dimana adanya pertumbuhan suatu benjolan kecil yang menyerupai jerawat dan atau bisul pada bagian tepi kelopak mata. Dalam istilah medis sendiri, bintitan lebih dikenal dengan nama hordeolum. Dan pada banyak kasus yang telah ditemui, bintitan bisa tumbuh hanya pada satu bagian mata saja.

Sebenarnya, bintitan biasa tumbuh di bagian kelopak mata luar. Akan tetapi, pada beberapa kondisi bintitan juga kerap tumbuh pada kelopak mata bagian dalam. Dan bintitan yang tumbuh di dalam kelopak mata, tentu menimbulkan rasa nyeri yang lebih menyakitkan dibandingkan dengan bintitan yang tumbuh di luar kelopak mata.

Pada banyak kasus yang telah terjadi, umumnya bintitan memang kondisi yang dapat sembuh dengan sendirinya meskipun tanpa adanya upaya pengobatan. Akan tetapi, tetap saja bintitan ini juga tidak dapat di sepelekan begitu saja. Karena ternyata bintitan juga memiliki resiko yang cukup tinggi untuk menimbulkan dampak komplikasi pada penderitanya.

Jenis-Jenis Bintitan

Dan cukup perlu Anda ketahui, bahwa ada 3 jenis kelenjar kelopak mata yang lebih kerap dihinggapi oleh bintitan yang tidak lain ialah kelenjar moll, kelenjar meibom, dan kelenjar zeis.

Dan jika mengacu pada kelenjar yang terinfeksi, bintitan sendiri dibagi ke dalam 2 jenis. Yaitu hordeolum interna dan hordeolum eksterna. Ke 2 jenis bintitan tersebut dibedakan berdasarkan letak dimana bintitan tersebut tumbuh, baik di luar atau di dalam kelopak mata.

⇒ Hordeolum interna merupakan satu-satunya kelenjar yang menyebabkan terjadina infeksi pada kelenjar meibom. Dan hordeolum interna, umumnya memiliki benjolan yang terletak di dalam kelopak mata. Tentu saja, jenis hordeolum interna atau bintitan yang satu ini akan menimbulkan rasa sakit yang sangat teramat parah.

⇒ Hordeolum eksterna merupakan salah satu jenis bintitan yang kerap menginfeksi kelenjar zeis dan moll. Pertumbuhan dari hordeolum atau bintitan yang satu ini lebih mudah dikenali, karena pertumbuhan benjolannya yang tumbuh diluar kelopak mata. Namun hordeolum eksterna, biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Cara Menyembuhkan Bintitan yang Sudah Lama

Penyebab Mata Bintitan

Penyebab utama dari bintitan ialah bakteri bernama stafilokokus. Bakteri stafilokokus, umumnya memang biasa hidup pada kulit manusia namun tanpa menimbulkan penyakit. Namun bakteri tersebut justru akan menjadi aktif menyebabkan infeksi ketika ada faktor lain yang memicunya.

Adapun beberapa faktor yang memicu bakteri tersebut menjadi aktif dalam menimbulkan infeksi, antara lain sebagai berikut :

  • Menyentuh kelopak mata dengan tangan yang kotor
  • Tidak membersihkan wajah dari kosmetik ketika hendak akan tidur
  • Menggunakan kosmetik yang sudah kadaluwarsa
  • Memakai softlens yang tidak steril
  • Mengalami peradangan pada kelopak mata (blefaritis) kronis.

Dan adapun beberapa jenis infeksi yang menjadi pemicu tumbuhnya kondisi bintitan pada seseorang, diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Infeksi pada akar bulu mata
  • Infeksi pada kelenjar keringat
  • Infeksi pada kelenjar minyak.

Gejala Mata Bintitan

Gejala utama dari bintitan ialah adanya suatu benjolan kecil atau agak besar pada ujung tepian kelopak mata Anda, yang memiliki bentuk menyerupai jerawat dan atau bisul. selain itu, ternyata bintitan juga kerap disambangi oleh gejala-gejala yang lainnya, seperti :

  • Mata yang terus menerus berair
  • Adanya peradangan pada area mata yang ditandai dengan kelopak yang memerah
  • Adanya pembengkakan pada kelopak mata yang disertai dengan rasa nyeri.

Seperti yang telah disebutkan bahwa bintitan memang merupakan kondisi medis yang bisa sembuh dengan sendirinya meskipun tanpa upaya pengobatan. Akan tetapi, Anda perlu waspada jika timbul gejala-gejala berikut ini :

  • Bintitan tumbuh lebih dari 2 hari
  • Pembengkakan yang mulai meluas pada area wajah
  • Adanya gangguan pada penglihatan
  • Mata memerah
  • Rasa sakit yang kian semakin parah
  • Bintitan mengeluarkan darah.

Jika Anda mengalami beberapa kondisi tersebut, maka kami sangat teramat menyarankan agar Anda segera memeriksakan diri Anda pada ahli medis untuk lebih memahami kondisi yang tengah terjadi pada tubuh terutama mata Anda. Cara Menyembuhkan Bintitan yang Sudah Lama

Beberapa Hal yang Boleh & Tidak Boleh di Lakukan Selama Bintitan

Dalam upaya untuk mempercepat upaya penyembuhan bintitan yang tengah Anda alami saat ini, maka kami sangat teramat menyarankan agar Anda melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Selalu berusaha menjaga kebersihan area kelopak mata
  • Membersihkan tangan sebelum menyentuh mata
  • Menggunakan make-up mata dengan produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit
  • Selalu membersihkan riasan wajah sebelum tidur
  • Tidak menggunakan make-up yang berlebihan pada area mata
  • Tidak menggunakan lensa kontak (softlens) pada saat mata terinfeksi
  • Mengompres mata dengan air hangat selama 5 atau sampai 10 menit.

Selain itu, Anda yang tengah mengalami bintitan pada saat ini dan ingin cepat sembuh dengan segera. maka kami sangat menyerankan agar Anda tidak melakukan hal-hal berikut ini :

× Menggosok mata, karena tindakan seperti ini akan membuat bakteri berpindah. Baik dari tangan ke mata, atau dari satu area ke area yang lainnya
× Menyentuh mata dengan tangan yang kotor, tentu saja sangat jelas bahwa tangan yang kotor akan membuat infeksi lebih cepat beraksi
× Membiarkan infeksi terjadi secara berlarut-larut
× Menggunakan kosmetik atau make-up mata secara berlebihan
× Membawa riasan make-up hingga tertidur
× Tidak terlalu sering menggunakan lensa kontak (softlens). Cara Menyembuhkan Bintitan yang Sudah Lama

Bahaya Mata Bintitan yang Kerap Terabaikan

Bintitan memang tidak mempengaruhi daya penglihatan seseorang. Akan tetapi, ternyata bintitan dapat memicu kondisi astigamatisme yang akan menghalangi pantang mata pada penderita bintitan. Namun dalam kondisi yang normal, bintitan memang dapat sembuh dengan sendirinya.

Meskipun memiliki bentuk yang memang hampir sepenuhnya sama dengan jerawat. Namun memcahkan bintitan bukan merupakan hal yang wajar dan tentunya akan menimbulkan resiko yang cukup berbahaya. Selain itu, memecahkan bintitan juga akn menimbulkan adanya perluaran infeksi pada bagian kelopak mata yang lainnya.

Dan memecahkan bintitan juga akan menimbulkan dampak yang jauh lebih fatal terhadap kondisi kesehatan. Jika infeksi tersebut mulai masuk kedalam dan menyerang jaringan sel syaraf pusat atau jaringan otak (meskipun dalam kondisi yang memang jarang sekali terjadi).

Cara Menyembuhkan Bintitan yang Sudah Lama

Mata Anda dihinggapi bintitan ? Sudah sembuh namun tumbuh kembali ? Ingin segera sembuh secara total ? Lebih cepat ?? 3x lebih cepat ? Alami dan tanpa menimbulkan efek samping ?? Ini dia solusi yang tengah Anda cari, karena Anda hanya akan menemukan solusi untuk mata bintitat Anda hanya disini dan disini aja.

Posted by : wajarsehat.com

Cara Menyembuhkan Bintitan yang Sudah Lama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp