Home KESEHATANCara Menyembuhkan Biduran pada Bayi Secara Alami

Cara Menyembuhkan Biduran pada Bayi Secara Alami

Cara Menyembuhkan Biduran pada Bayi Secara Alami

Cara Menyembuhkan Biduran pada Bayi Secara Alami – Biduran atau yang dalam istilah medis disebut dingan urtikaria merupakan suatu kondisi dimana terdapat ruam memerah pada kulit yang disertai dengan rasa gatal yang cukup ekstrem. Awalnya, ruam memang hanya akan muncul pada salah satu bagian tubuh tertentu.

Cara Menyembuhkan Biduran pada Bayi Secara Alami

Namun ruam tersebut akan sangat mudah mengalami pembesaran dan menyebar pada bagian tubuh yang lainnya. Kondisi ini memang tidak membahayakan, namun besar kemungkinana akan membuat penderitanya kehilangan rasa nyaman pada tubuhnya. Terlebih jika yang mengalami penyakit tersebut adalah bayi yang masih polos.

Pasalnya, biduran atau juga yang lebih kita kenal dengan kaligata ini bisa menyerang siapa saja. Tua, muda bahkan bayi sekalipun dapat mengalami kondisi yang tidak menyenangkan tersebut. Dan ternyata 1 dari 5 orang yang tidak memiliki riwayat penyakit biduran sebelumnya, pada waktu tertentu bisa terjangkit penyakit tersebut.

Pada kelas gender, wanita memiliki resiko yang jauh lebih tinggi untuk terkena penyakit biduran jika dibandingkan dengan pria. Hal ini ditunjukan oleh beberapa kasus biduran kronis yang lebih kerap menyerang wanita pada rentan usia antara 30 sampai 60 tahun dan yang lebih mengejutkan lagi adalah kondisi kronis ini ternyata juga rentan dialami oleh anak-anak bahkan bayi.

Menurut lamanya waktu, biduran erbagi ke dalam dua jenis yaitu :

»»Biduran Akut

Biduran akut dikenal juga sebagai biduran jangka pendek. Pasalnya kondisi penyakit ini hanya akan berlangsung selama 6 minggu saja. Cara Menyembuhkan Biduran pada Bayi Secara Alami

»»Biduran Kronis

Meskipun jarang terjadi, namun perlu Anda ketahui bahwa biduran kronis merupakan sejenis biduran yang bersifat kambuhan yang bisa berlangsung selama berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun. Selain itu, biduran kronis yang tak kunjung sembuh juga perlu di waspadai karena besar kemungkinan kondisi tersebut merupakan gejala dari penyakit lupus ataupun tiroid.

Penyebab Biduran pada Bayi

Penyebab utama terjadinya biduran sendiri ialah adanya paparan reaksi alergi pada kulit baik oleh bahan-bahan kimia, gigitan serangga, efek samping obat-obatan atau dari paparan sinar matahari. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh melepaskan senyawa histamin pada aliran darah.

Peristiwa histamin inilah yang memicu pembengkakan dan rasa gatal pada penderitan biduran. Terlepas dari itu, berikut ini adapula beberapa kondisi yang menjadi penyebab terjadinya penyakit biduran akut dan biduran kronis.

1. Biduran Akut

Biduran akut adalah sejani gangguan biduran yang bisa terjadi selama 6 minggu. Dan hampir sekitar 50% dari penderita penyakit biduran aku6tt ini tidak diketahui penyebab pastinya. Namun beberapa kondisi berikut ini dipercaya dapat memicu kondisi penyakit yang satu ini :

Gigitan serangga
Stres atau depresi
Alergi terhadap makanan tertentu
Adanya infeksi ringan dan berat seprti pilek dan HIV/AIDS
Efek samping dari pengonsumsian obat tertentu
Adanya perubahan suhu yang cukup ekstrem
Terjangkit infeksi virus penyakkit hepatitis dan atau HIV/AIDS
Mengidap penyakit yang menganggu fungsi kekebnalan tubuh seperti kanker dan lupus
Alergi terhadap kondisi lingkungan seperti alergi serbuk sari, bahan kimia tertentu, serta tungau debu.

2. Biduran Kronis

Biduran yang bisa berlangsung lebih dari enam minggu bahkan hingga bertahun-tahun ini, umumnya akan diakibatikan oleh pelepasan histamin yang dilakukan oleh sistem imun di dalam tubuh. Penyebab sistem imun memicu pelepasan histamin sendiri belum diketahui secara pasti.

Untuk itu, beberapa kasus biduran kronis ini kerap kali di sangkut pautkan dengan penyakit yang menyerang sistem imun atau yang lebih dikenal dengan penyakit autoimun Terlepas dari beberapa hal tersebut, ternyata adapula beberapa hal yang dapat memicu terjadinya biduran kronis berikut ini :

Suhu yang panas
Mengonsumsi minuman alkohol dan yang mengandung kafein
Tengah dalam kondisi stres
Gigitan serangga
Memakai pakaian yang ketat dalam waktu yang cukup lama
Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat adiktif
Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat anti-hipertensi, obat anti-inflamasi non-steroid dan obat analgesik.

Dan bukan hanya itu saja, namun beberapa kondisi penyakit seperti hepatitis, infeksi usus, dan kelenjar tiroid juga dapat memicu timbulnya gangguan biduran kronis. Cara Menyembuhkan Biduran pada Bayi Secara Alami

3. Biduran pada Bayi

Sedangkan penyebab utama biduran yang terjadi pada bayi adalah karena bayi memiliki kulit yang 3x lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa, dan juga bayi memiliki sistem imun yang memang masih sangat rendah. Sehingga beberapa hal yang dianggap sepele saja bisa sangat melukai kulit dan menimbulkan gangguan pada kesehatannya.

Dan beberapa hal yang dapat menyebabkan biduran pada bayi sendiri, diantaranya ialah sebagai berikut :

Gigitan serangga
Bayi tersentuh alergen seperti : Serbuk sari bunga, bulu kucing, debu, dll.
Makanan (untuk bayi yang telah diberi makanan pendaping ASI)
Perubahan suhu lingkungan
Bayi terkena goresan
Iritasi akibat terlalu sering menggunakan diapers
Menggunakan sabun mandi yang tidak sesuai dengan kulit bayi
Bayi merasa tidak nyaman dengan kondisi lingkungan di sekitarnya
Adanya infeksi dari bakteri atau virus tertentu
Bayi mengidap penyakit yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

Gejala Biduran pada Bayi

Pada saat bayi akan mengalami biduran, maka kulitnya akan mengalami beberapa proses berikut ini :

  1. Akan muncul area yang menonjol, yang umumnya akan berukuran sekitar 1-2 cm kemudian berkembang dengan lebih cepat.
  2. Area yang menonjol dan mengalami pembesaran tersebut bisa bersatu dan menyebabkan tonjolan semakin melebar.
  3. Kulit yang terinfeksi gangguan biduran, bisa berwarna putih ataupun merah yang dikelilingi oleh warna kemerahan pada area kulit di sekelilingnya. Cara Menyembuhkan Biduran pada Bayi Secara Alami

Menu Makan Sehat untuk Bayi yang Mengidap Biduran

Jika bayi Anda belum mengonsumsi makanan pendamping ASI. Maka, makanan terbaik untuk membantu mempercepat pemulihan kondisi kesehatannya dari penyakit biduran adalah ASI. Karena ASI adalah suplay makanan yang kaya akan nutrisi dan gizi terbaik untuk Bayi.

Namun, jika bayi Anda telah mengonsumsi makanan pendamping ASI, maka kami anjurkan agar beberapa makanan berikut ini diberikan pada bayi Anda. Sebagai upaya untuk membantu mempercepat kondisi pemulihan kesehatan buah hati Anda dari penyakit biduran yang tengah ia alami saat ini.

Dan beberapa jenis makanan sehat untuk bayi yang tengah mengidap biduran, diantaranya ialah :

√ Pisang

Sebagai makanan yang memang biassa disajikan untuk MP-ASI pada bayi, ternyata pisang juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk membantu mengobati biduran pada bayi. Pasalnya, pisang memiliki kandungan kalium, vitamin C dan magnesium yang memang akan memberi efek untuk meminimalisir rasa gatal pada bayi.

√ Daun Bawang

Daun bawang terbukti mampu mengurangi pelepasan histamin salah satu penyebab dari timbulnya biduran. Selain itu kandungan anti-inflamasi pada daun bawang akan membantu mengurangi peradangan pada kulit bayi. Namun meskipun demikian, jangan pernah memberikan bawang daun mentah-mentah ya bu.

Untuk tetap dapat mendapatkan khasiatnya, ibu bisa mengolah daun bawang sebagai campuran dari nasi tim untuk bayi ibu yang memang tengah mengalami penyakit biduran.

√ Kunyit

Jika pada orang dewasa, kunyit memnag bisa dikonsumsi secara langsung. Namun bagaimana dengan bayi ? Khasiat kunyit sebagai anti-inflamasi dan anti-alergi yang dihasilkan dari kandungan kurkuminnya masih bisa di gunakan untuk membantu mengobati biduran pada bayi dengan mengolahnya menjadi pasta, dan membalurkannya pada kulit yang terkena biduran.

Selain itu, jika buah hati ibu juga kerap meminum susu di botol. Ibu bisa menambahkan sedikit kunyit bubuk ke dalam susu yang akan diminumnya tersebut. Cara Menyembuhkan Biduran pada Bayi Secara Alami

√ Ubi Rebus

Bagi ibu yang hobi berkreasi terhadap masakan, ubi rebus juga bisa menjadi salah satu makanan untuk buah hati Anda yang tengah mengidap biduran. Pasalnya ubi rebus memiliki kandungan magnesium, kalium, vitamin B6 serta tinggi akan kandungan vitamin C yang baik untuk mengurangi sekresi histamin serta baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Bahaya Biduran pada Bayi

Pada orang dewasa biduran adalah suatu kondisi yang bisa sembuh dengan sendirinya meskipun tanpa upaya pengobatan. Namun jika kondisi ini terjadi pada bayi, maka tentu saja kondisinya tak akan sama. Dan bisa minumbulkan kondisi yang cukup membahayakan, terlebih jika diserta dengan beberapa gejala berikut ini :

Terjadi pembengkakan pada wajah dan mulut bayi
Bayi tidak mau minum ASI
Bayi tidak bisa bernafas dengan baik
Bayi mengeluarkan bunyi saat bernafas.

Gejajal-gejala tersebut merupakan pertanda bahwa bayi Anda mulai terkena gangguan anafilaksis yang tak jarang bisa memicu resiko kematian.

Cara Menyembuhkan Biduran pada Bayi Secara Alami

Untuk mencegah atau meminimalisir resiko berbahay yang bisa ditimbulkan oleh penyakit bidurang yang terjadi pada buah hati Anda. Maka kami sangat menyarankan agar Anda segera melakukan upaya pengobatan berikut upaya perawatan untuk membantu mengatasi penyakit pada buah hati Anda tersebut.

Namun jangan segera berkecil hati, karena kini Anda bisa membasmi biduran yang terjadi pada buah hati Anda dengan menggunakan metode pengobatan herbal TERBAIK, TEREFEKTIF dan TERAMAN karena telah memiliki izin resmi dari BPOM RI dan telah dilengkapi pula dengan sertifikat label HALAL MUI.

Dan metode pengobatan tersebut hanya akan Anda temukan pada produk herbal »»QnC Jelly Gamat«« saja.

Posted by : wajarsehat.com

Cara Menyembuhkan Biduran pada Bayi Secara Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp