Cara Menyembuhkan Batuk Pilek pada Bayi

Batuk pilek adalah suatu kondisi yang diakibatkan oleh infeksi dari virus. Umumnya, penyakit batuk pilek ini akan sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu 1 minggu.

Namun meskipun demikian, ternyata batuk pilek tersebut juga bisa berlangsung lebih lama loh.. bahkan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih pada mereka yang memiliki sistem imun tubuh yang rendah termasuk bayi salah satunya.

Lalu bagaimana agar batuk pilek tersebut bisa lebih cepat sembuh ?? Yuk cari tahu apa solusinya disini.. 😉 Karena kali ini, tim WajarSehat.com akan membahas informasi seputar :

Cara Menyembuhkan Batuk Pilek pada Bayi

To the poin ke pokok pembahasan yuk sobat ?? 😉

Cara Menyembuhkan Batuk Pilek pada Bayi

Ketika Anda di anugerahi oleh seorang anak, maka sebisa mungkin tentu Anda akan menjaganya agar tak mudah terkena penyakit. Termasuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan.

Dan ketika buah hati Anda mulai memasuki bulan ke tujuh, mak Anda juga akan mulai kerepotan untuk memikirkan makanan terbaik apa yang bisa Anda berikan untuk buah hati Anda.

Agar sistem imunitas tubuh buah hati anda tetap terjaga. Namun sangat disayangkan, sebaik apapun Anda menjaga kesehatan buah hati Anda. Umumnya tetap akan ada waktu dimana buah hati Anda terserang penyakit, termasuk penyakit batuk dan pilek.

Ketika orang dewasa yang terserang penyakit demikian, maka umumnya hal pertama yang akan mereka lakukan ialah mencari obat di apotek terdekat untuk meredakan kondisinya tersebut.

Namun jika kondisi tersebut berlangsung pada buah hati Anda yang masih berusia belia, tentu Anda tak bisa langsung sembarangan memberinya obat pereda batuk pilek.

Lantas apa yang harus Anda lakukan untuk mengantisipasi kondisi tersebut ?

Batuk pilek umumnya merupakan suatu gangguan yang sangat lumrah, yang paling sering dialami oleh semua orang. Terutama jika cuaca atau suhu lingkungan mual tak stabil.

Pilek sendiri adalah infeksi ringan yang terjadi pada hidung, rongga sinus, tenggorokan dan saluran pernafasan bagian atas yang diakibatkan oleh serangan virus.

Seseorang dengan penyakit pilek, umumnya juga disertai dengan batuk, sistem pernafasan yang tidak lancar dan mengalami perubahan suara (suara serak).

Penyebab Batuk Pilek pada Bayi

Penyebab utama penyakit batuk dan pilek ialah infeksi virus. Virus tersebut umumnya akan berinkubasi selang waktu 2-3 hari sebelum ia benar-benar menimbulkan suatu gejala tertentu.

Meskipun kera sembuh secara sendirinya dalam kurun waktu satu minggu. Namun jika penyakit batuk pilek ini menyerang anak-anak maka penyakit tersebut akan bertahan lebih lama di dalam tubuh.

Human rhinovirus adalah sejenis kelompok virus yang paling sering menyebabkan pilek dan batuk.

Gejala Batuk Pilek pada Bayi

Gejala umum yang kerap dijumpai pada si kecil yang terserang penyakit batuk pilek ialah :

  1. Demam
  2. Batuk-batuk
  3. Rewel
  4. Hidung tersumbat
  5. Hidung meler
  6. Nafsu makan menghilang
  7. Mengeluhkan sakit saat menelan
  8. Gelisah
  9. Mata berair
  10. Pembengkakan kelenjar gath bening
  11. Lesu dan lemas
  12. Pucat tak bersemangat.

Makanan Sehat untuk Bayi Yang Terserang Batuk Pilek

Sebelum kita membahas lebih jauh perihal makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh bayi yang tengah terserang batuk pilek. Maka kami ingin bertanya, “Apakah buah hati Anda telah mulai diberi makanan pendamping ASI ?“.

Karena apapun penyakitnya, jika buah hati Anda belum mendapatkan asupan nutrisi selain dari ASI. Maka, makanan terbaik untuk membantu menunjang kesehatan tubuh tidak ada yang lain kecuali ASI.

Namun lain halnya jika buah hati Anda telah mendapatkan nutrisi dari makanan pendamping ASI. Karena beberapa jenis makanan tertentu, jelas akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh buah hati Anda dari berbagai serangan penyakit termasuk penyakit batuk pilek yang tengah ia alami saat ini.

Nah.. berikut ini, merupakan referensi makanan yang bisa bunda ikuti untuk membantu mempercepat upaya penyembuhan si kecil dari penyakit batuk pilek tersebut :

1. Sup ayam

Sup ayam adalah salah satu makanan terbaik untuk membantu meredakan peradangan penyebab batuk pilek pada buah hati Anda.

Selain itu, sup ayam juga akan membantu mengeluarkan lendir yang ada di dalam tubuh.

Untuk membantu meningkatkan energi si kecil, maka bunda bisa menambahkan nasi tim ke dalam sup ayam tersebut.

Selain energi, nasi tim tersebut juga akan menambah asupan gizi dan nutrisi si kecil guna membantu meningkatkan sistem imunitas tubuhnya.

2. Telur

Jangan kaget bunda, karena pengonsumsian telur ini bisa dilakukan dengan cara mencampurkannya ke dalam makanan yang akan di sajikan untuk si kecil. Jadi Anda tak perlu khawatir buah hati Anda tidak bisa mengonsumsi makanan yang satu ini.

Kenapa telur juga turut masuk ke dalam daftar menu makanan untuk si kecil yang sedang terserang pilek ?

Karena fakta menunjukan bahwa telur, memiliki kandungan protein yang baik untuk membantu menunjang perkembangan otak. Serta membantu menjaga tubuh dengan menangkal berbagai jenis serangan virus.

3. Stawberi, Tomat dan Jeruk

Ketiga jenis buah tersebut telah dilengkapi oleh kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Sehingga pengonsumsiannya cukup disarankan untuk buah hati bunda yang tengah sakit batuk dan pilek.

Pasalnya, vitamin C merupakan sejenis nutrisi yang akan mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil.

Pantangan Makanan untuk Bayi Yang Terserang Batuk Pilek

Melihat anak meler dan batuk tanpa henti, tentu bunda tak akan pernah tega melihatnya bukan ? Terlebih jika sampai hari ini, kondisinya belum juga membaik.

Nah, untuk membantu mengurangi atau meminimalisir gejalanya. Maka sebaiknya Anda menghindarkan beberapa asupan makanan berikut ini pada buah hati Anda :

  1. Makanan yang manis termasuk permen
  2. Makanan yang dinging termasuk ice cream
  3. Gorengan dan berbagai jenis makanan yang digoreng termasuk sosis goreng.

Bahaya Batuk Pilek pada Bayi yang Kerap Terabaikan

Umumnya penyakit batuk pilek pada anak adalah hal yang relatif dan sangat wajar. Namun fakta menunjukan bahwa meskipun batuk pilek merupakan kondisi yang sangat ringan. Akan tetapi kasusnya dapat terjadi secara berulang atau kambuhan, bahkan pada tahap yang jauh lebih berat.

Meskipun sangat lumrah, namun penyakit batuk pilek ini pada bayi tetap harus di WASPADAI !! Dan segera bawa pada ahli medis, jika buah hati Anda mengalami beberapa kondisi berikut ini :

  1. Bayi tidak ingin diberi ASI
  2. Demam tinggi
  3. Batuk yang menyebabkan muntah
  4. Hidung meler yang membuatnya kesulitan bernafas
  5. Mengi (suara pernafasan yang menyerupai “ngik-ngik”)
  6. Bayi tampak pucat kebiruan akibat kekurangan oksigen
  7. Batuknya disertai dengan dahak berwarna hijau, kuning atau bahkan kecoklatan.

Selain itu, Anda harus berwaspada pada bahaya batuk rejan dan difteri. Karena fakta menunjukan bahwa difteri cenderung lebih kerap dialami oleh anak dibawah 5 tahun termasuk bayi.

Maka Anda harus bersegera memeriksakan kondisi buah hati Anda tersebut pada ahli medis untuk mencegah berbagai kemungkinan yang tak di inginkan.

Cara Menyembuhkan Batuk Pilek pada Bayi

Tentunya bunda tak mau melihat si kecil tersiksa akibat penyakit batuk pilek tersebut bukan ?? Terlebih di usia yang masih belia tersebut, ia membutuhkan tubuh yang sehat untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya.

Bunda khawatir atau cemas ? Atau justru takut bahwa gangguan batuk pilek pada buah hati bunda tersebut akan berdampak fatal bagi kesehatan si kecil ??

STOP Bun !! Hentikan kecemasan dan kekhawatiran Bunda pada kesehatan buah hati bunda mulai dari sekarang.

Karena apa ? Karena meskipun fakta menunjukan bahwa si kecil yang masih belia tak bisa mendapatkan upaya pengobatan yang sembarangan. Namun disini, ya.. hanya disini aja, Bunda akan menemukan metode pengobatan terbaik untuk buah hati bunda.

Dan metode pengobatan tersebut tidak lain dan tidak bukan ialah hanya dari metode pengobatan herbal QNC JELLY GAMAT yang akan mampu membantu mengobati batuk pilek pada buah hati bunda secara alami dan bekerja 3x lebih cepat dalam upaya penyembuhan.

Bunda tak perlu ragu-ragu, karena kami menganjurkan sesuatu yang terbaik untuk buah hati bunda termasuk keamanannya. Ya, tentu saja metode pengobatan herbal ini jelas sangat aman karena telah dilengkapi oleh izin resmi dari BPOM RI dengan no.reg. 173301471 dan juga telah mengantongi label sertifikat HALAL MUI.

Jadi tunggu apalagi ?? Mau buah hatinya sehat kembali bukan ? Yuk langsung QNC-in aja.. 😉

Cara Menyembuhkan Batuk Pilek pada Bayi

Cara Menyembuhkan Batuk Pilek pada Bayi

Cara Menyembuhkan Batuk Pilek pada Bayi

Cara Menyembuhkan Batuk Pilek pada Bayi

Cara Menyembuhkan Batuk Pilek pada Bayi

Posted by : wajarsehat.com

Cara Menyembuhkan Batuk Pilek pada Bayi

Tinggalkan komentar

WhatsApp Chat via WhatsApp