Home KESEHATANCara Menyembuhkan Batuk Berdahak pada Bayi

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak pada Bayi

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak pada Bayi

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak pada Bayi – Batuk merupakan suatu respon alami dari tubuh untuk membantu mempertahankan sistem saluran pernafasan jika ada gangguan dari luar. Respon alami ini umumnya, terjadi untuk membersihkan penyebab iritasi (seperti asap dan debu) agar keluar dari organ paru-paru.

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak pada Bayi

Batuk sendiri jarang mengindikasikan suatu gejala penyakit yang cukup serius, dan umumnya akan sembuh dalam kurun waktu 3 minggu. Akan tetapi lain halnya dengan batuk yang tak kunjung sembuh atau bahkan hingga menyebabkan keluar darah. Bisa jadi itu menandakan bahwa paru-paru mulai terinfeksi oleh bakteri atau virus.

Jenis batuk terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu jenis batuk kering dan jenis batuk berdahak. Nah.. batuk berdahak sendiri merupakan suatu indikasi dari kondisi batuk produktif. Yaitu jesnis batuk yang menghasilkan produksi lendir secara berlebihan. Sedangkan batuk kering ialah jenis batuk nonproduktif, karena tidak disertai dengan produksi dahak.

Kasus batuk berdahak sendiri termasuk ke dalam jenis batuk yang cukup menjengkelkan, terlebih jika batuk jenis yang satu ini terjadi pada bayi. Yang tentunya akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun kondisi tersebut sebenarnya berfungsi untuk mengeluarkan cairan dahak berlebih yang berasal dari paru-paru, tenggorokan serta dari sinus.

Batuk berdahak juga merupakan indikasi bahwa tengah terjadi infeksi pada paru-paru. Dahak sendiri ialah bagian dari sistem imun untuk melindungi sistem saluran pernafasan dari iritasi. Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak pada Bayi

Penyebab Batuk Berdahak pada Bayi

Penyebab utama dan yang paling umum dari batuk berdahak pada bayi ialah adanya suatu infeksi virus. Yang umumnya, infeksi virus tersebut juga akan menyebabkan pilek (common cold). Bukan hanya itu saja, akan tetapi ada pula beberapa penyebab lain dari batuk berdahak pada bayi yang diantaranya ialah :

  • Indikasi batuk rejan
  • Adanya radang kantong udara di dalam paru-paru (bronkhitis kronis)
  • Batuk croup (batuk yang diakibatkan oleh pada saluran pernafasan, laring dan pita suara)
  • Kondisi lingkungan yang kurang sehat
  • Indikasi penykit pneumia
  • Indikasi penyakit sinusitis
  • Indikasi penyakit asma, serta
  • Serta batuk yang bukan disebabkan oleh infeksi.

Untuk itu, seorang ibu harus lebih selektif lagi dalam menanggapi kondisi bayi beserta penyebabnya. Agar dapat melakukan upaya penanganan yang tepat dan cepat.

Gejala Batuk Berdahak pada Bayi

Pada dasarnya bayi memang belum bisa mengungkapkan apa yang tengah ia rasakan. Untuk itu, disini peranan seorang ibu sangat teramat dibutuhkan dalam mengenali kondisi bayi secara lebih mendetail. Karena kesalahan dalam memprediksi kondisi bayi maka akan sangat berpengaruh terhadap kondisi bayi.

Dari itulah, Ibu .. Ketahui gejala-gejala berikut ini, untuk lebih memahami apa buah hati ibu sedang alami. Batuk berdahak biasa kah ? atau justru batuk yang mengindikasikan penyakit lain ?? Adapun diantara gejala tersebut ialah sebagai berikut :

  • Suara lengkingan di setiap tarikan nafas
  • Batuk yang lebih sering hingga mengeluarkan dahak kental
  • Muntah
  • Kelelahan
  • Demam tinggi atau hingga mencapai 39° C bahkan lebih.
  • Raut muka yang memerah karena terus menerus batuk.

Jika gejala diatas dialami oleh buah hati ibu, maka ibu harus waspada dan segera memeriksan serta melakukan upaya pengobatan terhadap buah hati ibu. Karena gejala diatas cenderung mengindikasikan batuk rejan. Karena batu rejan bisa di akibatkan oleh croup dan bronkiolitis.

Coup sendiri ialah sejenis infeksi virus yang menyerang laring, pita suara serta trakea yang kerap menyerang bayi-dan anak-anak. Sedangkan bronkiolitis merupakan infeksi saluran pernafasan bagian bawah yang disebabkan oleh virus, yang juga kerap terjadi pada anak dibawah usia 2 tahun dan bayi. Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak pada Bayi

Makanan Sehat untuk Penderita Batuk Berdahak pada Bayi

Makanan pokok untuk bayi dibawah 6 bulan ialah ASI. Karena ASI merupakan asupan nutrisi terbaik untuk tumbuh kembang mereka. Akan tetapi setelah memasuki usia 6 bulan, biasa bayi akan mendapatkan makanan pendamping ASI untuk membantu menunjang tumbuh kembang yang jauh lebih baik.

Jadi jika buah hati ibu belum mengonsumsi makanan apapun. Maka ASI adalah makanan terbaik untuk membantu menunjang kesembuhan mereka dari batuk berdahak yang tengah mereka alami. Namun, jika bayi tersebut telah mendapatkan asupan makanan pendamping ASI maka, kami sarankan agar turut mengonsumsi makanan berikut ini :

Biji Labu

Siapa sangka biji labu memiliki manfaat yang luar biasa untuk membantu mengurangi dahak pada si kecil ? Ternyata biji labu memiliki kandungan omega 3 dan anti inflamasi yang akan membantu mengurangi infeksi dan produksi lendir berlebih pada anak dan bayi.

Selain itu daging labu, juga memiliki kandungan anti-oksidan yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh bayi. Namun, karena bayi memang belum bisa mencerna makanan yang bertekstur keras. Maka kami sarankan agar ibu mengolah labu dengan bijinya agar menjadi selunak mungkin, sehingga lebih mudah dan tentunya aman untuk dikonsumsi oleh buah hati ibu.

Bawang Bombay

Bawang bombay adalah sejenis bawang yang memiliki kandungan quercetin. Kandungan ini akan bekerja sebagai anti-inflamasi untuk membantu mengurangi peradangan serta juga memiliki kemampuan untuk membantu mengobati jaringan sel-sel yang mengalami kerusakan. Ibu dapat menyajikan bawang bombay ke dalam nasi tim, agar lebih mudah untuk dikonsumsi si kecil.

Selain itu Anda juga bisa memberikan yogurt, pudding dan saus apel. Namun ingat ! Semua makanan tersebut harus diberikan dalam porsi yang normal. Karena sesuatu yang berlebihan tidaklah akan berbuah baik.

Bahaya Batuk Berdahak pada Bayi

Jika, buah hati ibu mengalami 3 hal berikut ini. Berarti itu menunjukan batuk yang tengah dialami oleh buah hati ibu memang telah menginjak fase yang cukup berbahaya. Adapun 3 hal berikut, diantaranya ialah sebagai berikut :

Demam tinggi yang lebih dari 3 hari
Batuk yang tak kunjung usai bahkan sudah lebih dari 2 minggu, serta
Batuk berdahak yang disertai dengan mengi dan atau sesak nafas.

Selain melakukan upaya personal higine yang baik. Ibu juga harus segera melakukan tindakan pemeriksaan atau bahkan pengobatan pada buah hati ibu, agar buah hati ibu kembali sehat seperti sedia kala.

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak pada Bayi

Tak sampai hati, melihat buah hati Anda terus-terusan tersiska oleh penyakit batuk berdahak yang tengah ia alami saat ini ??  Ingin buah hati Anda kembali sembuh secara total tanpa kambuh ? Tepat ! Hanya disini, ya.. karena hanya disini saja Anda akan menemukan cara pengobatan batuk berdahak pada bayi secara alami, 3x lebih cepat dan tentunya sangat aman karena tidak menimbulkan efek samping apapun.

Metode pengobatan tersebut yaitu hanya ada pada cara pengobatan herbal dari »QnC Jelly Gamat« yang jelas khasiatnya telah terbukti secara nyata.

3x Lebih Efektif & Tanpa Efek Samping !!

Posted by : wajarsehat.com

Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak pada Bayi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp