Home KESEHATANCara Menyembuhkan Batu Ginjal Secara Alami

Cara Menyembuhkan Batu Ginjal Secara Alami

Cara Menyembuhkan Batu Ginjal Secara Alami

Cara Menyembuhkan Batu Ginjal Secara Alami – Batu ginjal adalah suatu endapan keras yang berbentuk material batu mengkristal. Pada umumnya batu tersebut dihasilkan dari sisa-sisa limbah di dalam saluran darah yang diserap oleh ginjal. Sehing dengan bertambahnya waktu limbah tersebut akan mengendap dan terjadilah pengkristalan.

Cara Menyembuhkan Batu Ginjal Secara Alami

Proses pengkristalannya sendiri, dalam istilah medis disebut dengan nefrolitiasis. Kondisi ini umumnya di alami oleh orang-orang yang telah menginjak usia 30 – 60 tahun. Dan penderitanya sendiri di dominasi oleh pria, karena menurut hasil persentase menunjukan 15% pria dan 10% wanita pernah mengalami batu ginjal semasa hidupnya.

Banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan penyakit batu ginjal tersebut terjadi. Yang beberapa diantaranya ialah seperti faktor makanan, gaya hidup serta beberapa jenis masalah pada kesehatan yang cukup mendasar. Ukuran besaran materian batu pada penderita batu ginjal sendiri cukup beragam, dari mulai sangat kecil hingga mencapai ukuran beberapa inci. Cara Menyembuhkan Batu Ginjal Secara Alami

Dan berikut ini merupakan 5 jenis batu ginjal yang bisa mengintai, berdasarkan proses pembentukannya :

1. Batu Kalsium Oksalat

Batu kalsium oksalat adalah jenis batu ginjal yang cukup umum. Proses pembentukannya sendiri di dasari oleh ph urine yang terlalu rendah hingga bersifat asam. Oksalat yang terdapat pada kandungan urine sendiri secara alami di produksi oleh tubuh.

Kalsium oksalat yang terdapat pada makanan memang turut ikut berperan dalam menghasilkan batu ginjal. Namun meskipun begitu, kalsium oksalat bukanlah satu-satunya penyebab batu. Akan tetapi, kandungan oksalat yang terdapat pada makanan juga sangat berpengaruh besar.

2. Batu Kalsium Fosfat

Batu ginjal dari jenis kalsium fosfat ini memang jenis batu ginjang yang kurang familiar karena memang sangat teramat jarang terjadi. Proses pembentukan jenis batu ginjal posfat ini juga dihasilkan akibat ph urine yang terlalu tinggi atau lebih dari 7 atau bersifat basa.

3. Batu Asam Urat

Bagi Anda kini tengah serang oleh asam urat, maka kami juga menginformasikan agar Anda selalu berwaspada. Pasalnya, kelebihan Kandungan asam urat di dalam tubuh. Dapat menyebabkan terganggunya fungsi ginjal seperti salah satunya ialah terbentuknya batu ginjal.

Batu ginjal jenis ini di perkirakan terjadi akibat urine yang terus menerus bersifat asam. Dan kondisi ini di curigai dipicu oleh terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin.

4. Batu Struvite

Batu ginjal jenis struivite ini terbentuk akibat adanya infeksi pada organ ginjal. Maka, cara terbaik untuk menghindari gangguan batu ginjal jenis struvite ini adalah hanya dengan menjaga organ ginjal agar tetap sehat dan terbebas dari berbagai gangguan penyakit. Cara Menyembuhkan Batu Ginjal Secara Alami

5. Batu Cystine

batu ginjal jenis cystine ini di ketahui terbentuk dari kelainana genetik yang cukup langka. Kondisi inilah yang menyebabkan asam amino cystine (salah satu pembentuk protein) menjadi bocor. Sehingga kebocorannya ini akan masuk ke dalam ginjal dan mengendap di dalam urine dan terjadilah pengkristalan.

Penyebab Batu Ginjal

Dalam kondisi yang normal, ginjal bekerja untuk membersihkan darah dari limbah berbahaya untuk kemudian dikeluarkan dalam bentuk urine. Namun kenyataanya, tak jarang zat limbah yang ada di dalam darah tersebut terlalu banyak bahkan hingga tidak semua bisa diproses secara sempurna oleh ginjal.

Dan zat-zat limbah yang tidak bisa dibuang inilah yang akan mengendap di dalam ginjal dan mulai terbentuklah batu ginjal. Selain itu, batu ginjal juga bisa terbentuk oleh beberapa kondisi kesehatan yang mendasarinya. Seperti batu kalsium terjadi akibat terlalu tingginya kadar kalsium di dalam urine.

Dan tingginya kadar kalsium tersebut bisa diakibatkan oleh penyakit hiperkalsiuria. Ya, penyakit inilah yang menyebabkan penderitanya melepaskan kalsium terlalu banyak di dalam urine. Selain itu, tingginy kalsium di dalam urine juga diakibatkan oleh kelenjar paratiroid (penhasil hormon untuk mengatur kadar kalsium di dalam darah) yang terlalu aktif.

Sedangkan batu asam urat diakibatkan oleh tingginya kadar senyawa asam urat di dalam tubuh. Sedangkan untuk batu struvit diakibatkan adanya infeksi pada ginjal atau saluran kemih. Dan batu cystine sendiri diakibatkan oleh terlalu banyaknya asam amino di dalam ginjal akibat adanya kebocoran. Serta batu kalsium fosfat sendiri diakibatkan karena ph urine yang lebih dari 7. 

Selain beberapa faktor kesehatan yang mendasarinya tersebut, penyakit batu ginjal juga bisa di picu oleh beberapa kondisi berikut ini :

  • Kurang mengonsumsi air putih
  • Riwayat penyakit keluarga
  • Mengonsumsi obat-obatan kimia dalam jangka panjang
  • Mengalami masalah obesitas
  • Efek samping operasi pada organ sistem pencernaan.

Jangan salah !! Meskipun Anda telah sembuh, namun Anda juga memiliki peluang yang cukup besar untuk terjuangkit penyakit batu ginjal kembali. Dan kondisi kambuhan tersebut, di picu oleh beberapa faktor berikut ini :

  • Terlalu sedikit mengonsumsi makanan mengandung serat
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein
  • Pernah mengalami beberapa riwayat infeksi lain yang menyertai riwayat penyakit batu ginjal Anda yang lalu
  • Pernah menjalani operasi pada salah satu organ sistem pencernaan
  • Mengonsumsi suplemen yang mengandung kalsium tinggi dalam jangka panjang
  • Mengonsumsi obat-obatan kimia seperti antasida, anti-biotik, aspirin, diurek, obat HIV serta obat untuk antiepilepsi.

Gejala Batu Ginjal

Gejala penyakit ginjal yang paling umum ialah adanya rasa nyeri yang cukup menusuk pada bagian perut samping,pinggang, punggung bawah, selangkangan, dan bahkan pada bagian testis (pada pria). Selain gejala tersebut, ada juga beberapa gejala lain yang mungkin terjadi pada penderita batu ginjal :

  • Meningkatkanya frekuanesi buang air kecil
  • Timbul rasa sakit saat berkemih
  • Warna urine tampak lebih keruh bahkan hingga berdarah
  • Tercium aroma tak sedap pada urine
  • Mual disertai dengan rasa ingin muntah
  • Lebih sering gelisah
  • Sulit untuk beristirahat akibat rasa sakit yang sangat mengganggu.

Batu ginjal yang tidak keluar sendiri bisa tersangkut di ureter, sehingga bisa menimbulkan penumpukan kotoran. Penumpukan kotoran di dalam ureter ini bisa memicu tumbuh kembangnya bakteri. Dan tumbuh kembang bakteri tersebut pada akhirnya akan membuat ginjal menjadi terinfeksi.

Dan jika seorang penderita batu ginjal telah mengalami infeksi ginjal. Maka umumnya akan menimbulkan beberapa gejala seperti : Demam, lemas, tubuh terasa dingin bahkan hingga mengigil, mengeluarkan urine dengan warna yang sangat keruh yang disertai dengan aroma tidak sedap, dan diare. Cara Menyembuhkan Batu Ginjal Secara Alami

Makanan Sehat untuk Penderita Batu Ginjal

Untuk membantu memaksimalkan hasil pengobatan, agar kondisi kesehatan Anda bisa lebih cepat pulih. Maka Anda di sarankan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan sehat berikut ini :

1. Apel

Dari berbagai khasiat yang dimiliki oleh si buah asam manis menyegarkan ini salah satunya ialah dapat membantu meluruhkan batu ginjal. Kandungan antioksidannya lah yang memiliki peranan untuk meluruhkan batu ginjal tersebut.

2. Semangka

Kekurangan air adalah salah satu penyebab batu ginjal. Dan semangka adalah jawabannya, karena semangka adalah sejenis buah yang sangat kaya akan air. Cara Menyembuhkan Batu Ginjal Secara Alami

3. Anggur

Dengan mengonsumsi buah, kulit dan biji anggur secara rutin dan teratur, berarti Anda telah mengupayakan percepatan kesembuhan Anda dari penyakit batu ginjal secara alami.

4. Asparagus

Sayur bertunas ini memang belum terlalu diketahui oleh khalayak luas. Namun asparagus adalah sejenis sayur yang memiliki kandungan asparagin yang berfungsi untuk memecah batu ginjal. Sehingga batu ginjal lebih mudah untuk di luruhkan.

5. Ceri

Buah imut berwarna merah adalah salah satu makanan sehat untuk penderita batu ginjal berikutnya. Cobalah mengonsumsi buah ceri secara lebih rutin agar penyakit batu ginjal Anda lebih cepat sembuh.

6. Buah Berry

Jenis buah berry yang direkomendasikan untuk penderita batu ginjal ialah blueberry dan cranberry. Kedua jenis buah berry tersebut akan membantu mempercepat upaya pengobatan batu ginjal.

7. Kombinasi Minyak Zaitun dan Lemon

Memadukan minyak zaitun dan lemon akan menghasilkan minuman menyegarkan. Dan bukan hanya menyegarkan saja, namun minuman tersebut juga baik untuk membantu meminimalisir gejala batu ginjal yang mengganggu.

Pantangan Makanan untuk Penderita Batu Ginjal

Jika Anda tidak mau penyakit batu ginjal Anda semakin memburuk, maka segeralah jauhi beberapa jenis makanan berikut ini :

  1. Makanan yang mengandung protein hewani, seperti : Kerang, udang, ikan kembung, sarden, ikan teri dan ikan kod.
  2. Makanan yang mengandung sodium (natrium), seperti : Berbagai jenis makanan kalengan, makanan beku olahan, makanan kemasan, acar, serta makanan cepat saji.
  3. Makanan yang mengandung zat oksalat, seperti : Kacang, gandum, cokelat, soba, kalembak dan bit.

Bahaya Batu Ginjal yang Tak Diobati

Jangan pernah mengabaikan resiko atau bahaya penyakit batu ginjal dalam bentuk apapun. Oleh karena itu, Anda harus mewaspadai beberapa bahaya batu ginjal berikut ini :

  1. Batu ginjal yang kambuh setelah sembuh
  2. Timbul rasa sakit setelah masa perawatan berakhir
  3. Kerusakan pada organ ginjal
  4. Serta penyumbatan saluran kemih oleh batu ginjal tersebut.

Cara Menyembuhkan Batu Ginjal Secara Alami

Jangan pernah telah dalam mengambil keputusan, jika tak mau penyakit batu ginjal tersebut beresiko menciderai organ ginjal Anda. Dan satu-satunya cara terbaik untuk mencegah resiko berbahaya dari penyakit batu ginjal tanpa harus melakukan operasi ialah hanya dengan mengambil langkah pengobatan.

Lantas tahukah Anda metode pengobatan seperti apa, yang baik untuk bisa membantu mengobati batu ginjal Anda secara alami ? Dan inilah, metode pengobatan batu ginjal terbaik, teraman, dan terpercaya hanya dari produk herbal QnC Jelly Gamat. Sebagai satu-satunya cara mengeluarkan batu ginjal tanpa operasi.

Posted by : wajarsehat.com

Cara Menyembuhkan Batu Ginjal Secara Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp