Home KESEHATANCara Menyembuhkan Asma Permanen Tanpa Kambuh

Cara Menyembuhkan Asma Permanen Tanpa Kambuh

Cara Menyembuhkan Asma Permanen Tanpa Kambuh

Cara Menyembuhkan Asma Permanen Tanpa Kambuh – Asma adalah sejenis penyakit kronis (jangka panjang) pada saluran pernafasan. Hal ini merupakan gejala adanya peradangan serta penyempitan pada saluran pernafasan hingga kesulitan untuk bernafas. Tak hanya kesulitan dalam bernafas, namun asma juga kerap di barengi dengan gejala lain seperti batuk, mengi serta rasa nyeri pada area dada.

Cara Menyembuhkan Asma Permanen Tanpa Kambuh

Meskipun umumnya penyebab utama dari penyakit asma belum diketahui secara pasti. Akan tetapi beberapa hal seperti paparan debu polusi, bulu binatang, aktivitas fisik, udara yang terlalu dingin, paparan zat kimia serta berbagai jenis asap (seperti asap rokok, asap kendaraan maupun asap obat nyamuk bakar) juga dapat memicu terjangkitnya penyakit asma pada seseorang.

Seorang penderita asma, memiliki kondisi organ saluran pernafasan yang jauh lebih sensitif dibandingkan orang yang tak memiliki penyakit asma. Sehingga hal-hal sepele yang menyangkut sistem pernafasan jelas saja akan memicu kambuhnya penyakit asma. Yang di iringi dengan meningkatnya produksi dahak, sehingga membuat penderitanya semakin kesulitan dalam bernafas.

Asma sendiri adalah sejenis penyakit yang bisa di alami oleh berbagai varian umur, termasuk mereka yang tengha bayi sekalipun. Cara Menyembuhkan Asma Permanen Tanpa Kambuh

Laporan dari kementrian Kesehatan RI pada tahun 2013 menunjukan bahwa di Indonesi telah ditemukan sekitar 4.5% penderita asam dari keseluruhan penduduk yang ada di Nusantara ini. Dan kondisi ini di dominasi oleh penduduk yang ada di Sulawesi Tengah yang memiliki penderita asma sebanyak 7.8% dari keseluruhan jumlah penduduk yang ada disana.

Sedangkan hasil laporan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada Mei 2014 menunjukan bahwa angka kematian yang diakibatkan oleh penyakit asma di Indonesias telah mencapat 24.773 atau bisa dikatakan sekitar 1.77% dari total keseluruhan catatan kematian yang ada di Indonesia. Dan ternyata fakta lain menunjukan bahwa Indonesia adalah negara yang menduduki peringkat ke-19 dunia perihal penyakit asma.

Penyebab Penyakit Asma Permanen

Seperti yang telah kita ketahui bahwa penyebab utama dari penyakit asma memang belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, beberapa hal berikut ini memiliki potensi untuk memicu timbulnya penyakit asma pada seseorang, yang diantaranya ialah sebagai berikut :

Adanya infeksi pada organ paru
Melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat
Emosi yang terlalu berlebihan
Terkena paparan udara, seperti oleh asap rokok, asap kimia, asam obat nyamuk bakar serta polutan
Kondisi iklim yang kurang mendukung, seperti udara yang terlalu panas ataupun udara yang terlalu dingin, perubahan suhu yang ekstrem serta cuaca yang lembab
Faktor alergen, seperti serbuk bunga, bulu hewan serta tungau debu
Kondisi psikologi, seperti depresi atau stres
Alergi terhadap makanan
Makanan dan atau minumam yang mengandung sulfit
Kondisi ruangan yang lembab, berdebu dan berjamur
Mengidap penyakit GERD, serta
Efek samping dari pengonsumsian obat anti-iflamasi dalam jangka panjang.

Selain itu, adapula beberapa faktor yang akan semakin meningkatkan resiko penyakit asma pada seseorang yang antara lain ialah sebagai berikut :

Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit yang sama
Terpapar asap rokok pada saat masih kecil
Kelahiran prematur
Telah mengidap penyakit bronkiolitis dari sejak kecil
Lahir dengan berat badan di bawah angka normal
Aleregi atopik
Seorang ibu yang merokok pada saat tengah mengandung.

Untuk menekan atau mencegah penyakit tersebut terjadi pada diri Anda, maka kami sangat teramat menyarankan agar Anda selalu berupaya untuk menghindari berbagai hal yang dapat memicu penyakit asma tersebut. Cara Menyembuhkan Asma Permanen Tanpa Kambuh

Gejala Penyakit Asma Permanen

Adapun gejala dari penyakit asma, diantaranya ialah sebagai berikut :

Kesulitan dalam bernafas (gejala yang satu ini adalah gejala utama pada penderita penyakit asma)
Mengi (suara yang menyerupai siulan atau lengkingan ketika ada penyempitan pada saluran perafasan)
Batuk (batuk pada penderita asma sendiri umumnya akan semakin memburuk ketika malam telah tiba)
Nyeri pada dada (rasa nyeri ini timbul akibat organ paru mulai kekurangan oksigen).

Tingkat keparahan gejala pada setiap penderitanya sendiri beragam, dari mulai ringan hingga parah. Untuk lebih memahami kondisi penyakit asma yang semakin kian memburuk, maka simaklan gejala asma yang semakin parah berikut ini :

Bibir dan jari-jari mulai membiru (tanda tubuh telah sangat kekurangan oksigen)
Kerap merasa pusing cepat lelah dan cepat mengantuk
Detak jantung meningkat dan tak beraturan
Kesulitan untuk tidur, makan dan bicara
Inhaler pereda asma sudah tak berfungsi lagi
Gejala sesak, batuk, mengi dan nyeri dada semakin memburuk
Terjadi penurunan fungsi ekspirasi.

Jika Anda penderita asma dan mengalami beberapa kondisi tersebut, maka kami sangat menyarankan agar Anda segera menemui ahli medis. Cara Menyembuhkan Asma Permanen Tanpa Kambuh

Menu Makan Sehat untuk Penderita Asma Permanen

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu cara untuk membantu mengontrol penyakit asma adalah makanan. Karena makanan merupakan sumber nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh guna menunjang sistem imunitas tubuh agar terbebas dari berbagai gangguan infeksi virus penyakit.

Jika Anda adalah satu diantara jutaan orang lain yang ingin mengendalikan penyakit asma yang tengah Anda alami saat ini. Maka ikutilan beberapa menu makanan sehat berikut ini :

√ Buah dan Sayur Segar

Hasil penelitian sekelompok peneliti terhadap orang yang mengonsumsi makanan ala mediterania (sayuran, buah segar, kacang-kacangan, dan lemak sehat) menemukan bahwa orang tersebut memiliki daya kontrol terhadap penyakit asma yang jauh lebih baik dibandingkan orang yang lainnya.

Pasalnya, buah dan sayuran segar ternayata memiliki kandungan anti-peradangan yang sangat baik untuk membantu meminimalisir resiko peradangan dan pembengkakan saluran pernafasan penderita penyakit asma.

√ Mengonsumsi Suplemen Minyak Ikan

Minyak ikan adalah menu harian yang wajib dikonsumsi oleh penderita penyakit asma. Kandungan asam lemak omega 3 yang terkandung pada minyak ikan ini sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan paru-paru. Hal ini juga turut di jelaskan oleh sebuah penelitian yang telah dipublikasikan The Chest Journal.

Bahwa seseorang yang mengalami asma kambuh akibat berolahraga, diwajibkan untuk mengonsumsi minyak ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3. Hasilnya sungguh mengejutkan, karena ternyata asam lemak omega 3 tersebut memiliki khasiat untuk membantu mengurangi penyumbatan pada saluran pernafasan yang memang tengah terganggu. Cara Menyembuhkan Asma Permanen Tanpa Kambuh

√ One Day One Apple

Jika Anda adalah penderita asma, maka kami sangat menganjurkan agar Anda mengonsumsi buah apel merah secara rutin dalam setiap harinya. Karena fakta menunjukan bahwa apel merah akan membantu memenuhi kebutuhan anti-histamin alami dan anti-peradangan yang terbukti cukup baik untuk membantu mengontrol penyakit asma pada seseorang.

√ Memperbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin D

Seseorang yang memiliki penyakit asma yang telah lebih parah, umumnya akan mengalami kekurangan vitamin D di dalam tubuhnya. Jadi memilih makanan yang kaya akan vitamin D adalah pilihan yang cukup bijak. Dan Anda akan menemukan asupan makanan yang mengandung vitamin D pada susu, keju, telur dan ikan.

√ Makanan Pedas (cabe)

Jangan pernah takut untuk mengonsumsi makanan pedas. Memang pada umumnya, makanan pedas adalah makanan yang paling dipantang oleh mereka yang memiliki keluhan penyakit. Namun lain halnya dengan penyakit asma, karena kandungan vitamin C pada cabe mampu bekerja sebagai anti-oksidan yang akan sangat baik dalam membantu meminimalisir peradangan.

Selain itu, makanan pedas juga memiliki khasiat untuk menghilangkan lendir berlebih yang kerap ada pada penderita asma. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa makanan pedas cukup apik dalam membantu melancarkan peradaran darah. Dan banyak para peneliti yang percaya bahwa aliran darah yang lancar akan sangat membantu meminimalisir gejala sesak pada penderita asma.

Pantangan Makan untuk Penderita Asma Permanen

Sama halnya dengan penyakit lainnya, penyakit asma juga memiliki pantangan makan yang tak boleh dikonsumsi selama kondisi asmanya belum sembuh seutuhnya. Dan beberapa jenis makanan tersebut, diantaranya ialah :

× Berbagai jenis acar
× Udang yang telah di bekukan
× Buah-buahan yang telah dikeringkan
× Semua jenis acar
× Berbagai jenis olahan kentang, baik yang digoreng maupun yang dalam kemasan
× kacang-kacangan
× Kerang
× Berbagai jenis makanan asin
× Makanan yang tinggi akan lemak jenuh
× Alkohol, dan
× Junkfood.

Ingat ya !! Anda penderita asma sangat pantang sekali mengonsumsi berbagai jenis makanan tersebut. **Jangan pernah di coba ya, jika Anda tidak ingin penyakit asma Anda segera kambuh.

Bahaya Asma yang Perlu Anda Ketahui

Inilah alasan kenapa asma tak boleh dianggap sebagai penyakit sepele dan bisa dibilang cukup berbahaya. Karena menurut WHO sendiri asma adalah :

  1. Sejenis penyakit kronis tak menular yang paling umum
  2. Saat ini ada sekitar 235 juta orang yang tengah mengidap penyakit asma dan sebagian besar dari penderitanya ialah anak-anak
  3. Di negara berkembang termasuk Indonesia, asma adalah penyakit yang membuat angka kematian relatif meningkat
  4. Obat-obatan keras tidak dapat mengobati penyakit asma, dan obat tersebut hanya berfungsi untuk membantu mengontrol penyakit tersebut.

Cara Menyembuhkan Asma Permanen Tanpa Kambuh

Anda penderita asma ? Sering kambuh di tengah-tengah acara penting ? Anda ingin sembuh ? Tanpa kambuh ? Secara lebih alami ?? Tanpa efek samping ?? Selamat .. !! Disini Anda akan menemukan jawaban untuk kesembuhan Anda dari penyakit asma yang tengah Anda alami sesuai dengan haapan Anda.

Posted by : wajarsehat.com

Cara Menyembuhkan Asma Permanen Tanpa Kambuh

1 thought on “Cara Menyembuhkan Asma Permanen Tanpa Kambuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp