Cara Menyembuhkan Alergi Dingin Secara Lebih Cepat

Cara Menyembuhkan Alergi Dingin Secara Lebih Cepat

Cara Menyembuhkan Alergi Dingin Secara Lebih Cepat – Alergi dingin atau yang dalam istilah medis disebut dengan urtikaria dingin merupakan suatu reaksi alamiah jaringan kulit terhadap suhu atau iklim yang dingin.

Cara Menyembuhkan Alergi Dingin Secara Lebih Cepat

Kondisi tersebut jelas akan menimbulkan bilur atau bentol-bentol yang disertai dengan rasa gatal. Selain itu, umumnya alergi dingin ini juga akan berdampak pada kulit yang kemerah-merahan.

Tingkat keparahan gejala alergi dingin pada setiap penderitanya jelas relatif berbeda. Pada sebagian kasus bisa menyebabkan seorang penderita sampai hilang kesadaran.

Dan sebagiannya lagi, bisa mengalami tekanan darah rendah serta dalam kondisi yang telah teramat parah bisa menyebabkan kematian pada penderitanya.

Usia remaja sendiri merupakan usia yang paling cenderung mendominasi gangguan alergi dingin ini. Namun meskipun demikian, umumnya kondisi akan kembali normal sepenuhnya dalam beberapa tahun kemudian.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan alergi dingin pada seseorang. Termasuk salah satunya ialah berada diruangan ber-AC, seusai mandi pagi, dan berenang.

Dan biasanya, gejala kulit memerah yang terasa gatal akan langsung terlihat ketika kulit terpapar beberapa faktor tersebut.

Alergi dingin sendiri termasuk penyakit yang sangat umum. Dan bisa dialami oleh siapa saja baik itu pria maupun wanita. Penyakit alergi gatal ini juga tidak bersifat menular, kecuali jika bilur-bilur atau bentol-bentol tersebut mengandung patogen tertentu. Cara Menyembuhkan Alergi Dingin Secara Lebih Cepat

Penyebab Alergi Dingin

Meskipun alergi dingin (urtikaria) diketahui terjadi akibat adanya reaksi terhadap suatu alergen tertentu. Namun pada kondisi lainnya, seperti urtikaria idiopati belum diketahui secara jelas apa penyebabnya.

Alergi gatal senidri merupakan suatu kasus yang paling banyak ditemukan di UGD. Bulir atau bentol atau pembengkakan akan melibatkan dermis dan epidermis yang sangat gatal.

Alergi gatal ini bis bersifat akut yaitu yang terjadi kurang dari 6 minggu. Dan juga berlangsung secara kronis atau yang terjadi selama lebih dari 6 minggu.

Alergi gatal terkadang memiliki kemiripan gejala dengan gangguan penyakit kulit lainnya, seperti dermatitis atopik (eksem), erupsi obat makulopapular, dermatitis kontak, eritema multiforme, gigitan serangga, pityriasis rosea dan gangguan kulit lainnya.

Namun seorang ahli medis jelas dapat membedakan beberapa kondisi tersebut, karena jika di lihat secara lebih jauh. Setiap kondisi menampilan sisi yang khas.

Sejumlah faktor seperti imunologi ataupun nonimunologi dapat memiliki keterlibatan dalam patogenesisi terjadinya gangguan alergi dingin.

Alergi dingin sendiri dihasilkan dari pelepasan histamin dari jaringan sel mast dan kombinasi sirkulasi basofil. Faktor-faktor nonimunologi dapat melepaskan histamin dari sel-sel tersebut jika dipicu oleh :

  1. Pengonsumsian obat-obatan tertentu termasuk morfin dan kodein
  2. Mengonsumsi seafood termasuk lobster, kerang dan makanan lainnya.

Selain itu, sejumlah faktor lain seperti gigitan serangga, trauma fisik, infeksi, kontaktan dan beberapa penyakit sistemik lainnya diketahui memiliki keterlibatan untuk memicu kondisi tersebut.

Dan inilah beberapa faktor yang diduga akan meningkatkan resiko alergi dingin pada seseorang :

  1. Usia remaja dan anak-anak
    Pada rentan antara usia tersebut gangguan alergi dingin umumnya lebih kerap terjadi.
  2. Infeksi
    Mereka yang tengah terjangkit infeksi tertentu seperti pneumonia atau radang paru-paru lebih beresiko untuk terjangkit alergi dingin.
  3. Penyakit dasar menentu
    Beberapa gangguan kesehatan tertentu seperti penyakit hepatitis dan penyakit kanker juga akan meningkatkan resiko alergi dingin.
  4. Genetika
    Faktanya, seseorang yang mewarisi penyakit sejenis dari orang tuanya juga akan memiliki resiko yang tinggi untuk terjangkit alergi dingin (urtikaria).

Gejala Alergi Dingin

Tanda atau gejala umum dari alergi dingin, meliputi :

1. Gatal dan Ruam Kemerahan

Gejala paling khas dari alergi dingin ialah munculnya ruam kemerahan pada jaringan kulit yang disertai dengan rasa gatal. Dan gejala alergi dingin yang satu ini, umumnya memang sulit dihilangkan meskipun penderita telah berpindah tempat pada area yang lebih hangat.

Bahkan pada beberapa kasus yang ditemui, alergi dingin ini kerap memburuk dan bertahan hingga kurun waktu 24 jam bahkan lebih.

2. Bengkak (Edema)

Seseorang dengan alergi dingin yang melakukan kontak dengan suhu dingin umumnya akan mengalami pembengkakan. Bahkan pembengkakan ini dapat terjadi ketika penderita tengah memegang gelas yang berisikan minuman dingin.

Selain itu mandi di pagi hari atau berada pada wilayah yang memiliki suhu dingin juga akan memicu kondisi pembengkakan terjadi. Dan umumnya, pembengkakan cenderung terjadi pada area tangan.

3. Bulir atau Bentol

Munculnya bulir atau bentol atau biduran ini hampir sama dengan kemunculan gejala dari alergi lainnya. Paparan alergen akan membuat sel darah putih secara otomatis akan melepaskan histamin pada aliran darah.

Akibatnya, tubuh akan memberikan respon berupa peradangan yang disertai dengan kemunculan bulir atau bentol memerah, bengkak, gatal serta beberapa perubahan kulit umum sebagai reaksi alergi.

Dan umumnya, seorang ahli medis akan mendiagnosis kondisi tersebut dengan meletakan es batu pada tangan pasien. Jika tangannya merespon dengan bentuk peradangan, mulai memerah dan menimbulkan ruam.

Maka dipastikan bahwa paien tersebut memiliki gangguan alergi dingin pada tubuhnya. Cara Menyembuhkan Alergi Dingin Secara Lebih Cepat

Makanan Sehat untuk Penderita Alergi Dingin

Nah, jika Anda ingin kondisi tubuh Anda jauh lebih baik dari sebelumnya. Dan jika Anda juga ingin bisa mengendalikan kondisi alergi pada tubuh Anda tersebut. Maka, yuk konsumsi beberapa jenis makanan berikut ini :

  1. Apel
  2. Semangka
  3. Kunyit
  4. Lemon
  5. Bawang putih
  6. Jahe
  7. Yogurt
  8. Ubi jalar
  9. Kubis
  10. Biji bunga matahari
  11. Jeruk
  12. Paprika
  13. Tomat
  14. Kacang polong
  15. Tempe
  16. Sayuran
  17. Buah Mangga.

Pantangan Makanan untuk Penderita Alergi Dingin

Sejatinya, Anda tak ingin kondisi kesehatan Anda mulai memburuk bukan ? Jika benar demikian, maka segera hindarilah beberapa jenis makanan berikut ini :

1. Makanan Pedas

Saat mengalami hidung tersumbat akibat makanan akibat alergi cuaca yang dingin, umumnya seseorang akan memilih mengonsumsi makanan yang pedas untuk melegakan tenggorokan.

Menurut Dr. Elliott, MD dari American College of Allergy sendiri disebutkan bahwa makanan pedas memang akan membantu membersihkan saluran hidung dan mengencerkan lendir.

Akan tetapi, dibalik semua keuntungan tersebut ternyata tersemat kerugian yang cukup besar seperti menimbulkan sindrom rhinitis gustatory.

Dimana setelah mengonsumsinya, tubuh akan mulai mengembangkan iritasi alergi yang berakhir dengan pilek atau bersin-bersin.

2. Teh Herbal

Teh herbal memang merupakan minuman alami yang memiliki banyak khasiat. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang suka untuk mengonsumsi minuman yang satu ini.

Dan meskipun terbuat dari bahan alami, tak lantas membuat teh herbal terbebas dari alergi. Menurut Dr. Elliot sendiri menyebutkan bahwa pada dasarnya teh merupakan tanaman dan tanaman merupakan salah satu sumber penyebab alergi.

Sehingga, seseorang dengan gangguan alergi dingin yang mengonsumsi teh herbal umumnya akan memperburuk kondisi alergi.

3. Keju

Menurut Dr. Elliot, pada masa tubuh terserang alergi. Maka tubuh akan mengasilkan bahan kimia yang merupakan respon alami kepada alergi tersebut. Dan bahan kimia yang paling umum dan paling dominan ialah histamin.

Histamin inilah yang akan memicu kondisi gatal, hidung tersumbat termasuk kulit kemerahan. Dan hal terbaik untuk mencegah kondisi tersebut ialah dengan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung histamin.

Dan keju adalah sejenis makanan yang tinggi akan histamin. Sehingga pengonsumsiannya untuk penderita alergi dingin perlu dipikirkan kembali. Cara Menyembuhkan Alergi Dingin Secara Lebih Cepat

Bahaya Alergi Dingin

HATI-HATI .. !! Penderita alergi dingin dengan kasus yang jauh lebih parah, akan mengakibatkan kesulitan bernafas akibat adanya pembengkakan pada area tenggorokan dan lidah.

Selain itu, kondisi yang jauh lebih parah juga akan memicu reaksi anafilaksis dan penurunan tekanan darah secara drastis, aritma jantung, pembengkakan lengan dan kaki bahkan hingga pingsan. Reaski anafilaksis sendiri merupakan reaksi alamiah tubuh yang terjadi akibat hipersensitivitas terhadap alergen.

Bahkan seorang penderita gangguan alergi dingin yang berenang dapat kehilangan kesadaran atau pingsan hingga tenggelam.

Cara Menyembuhkan Alergi Dingin Secara Lebih Cepat

Tak ingin berlarut-larut hidung dengan gangguan alergi dingin bukan ?? Jangan khawatir, disini Anda akan menemukan metode pengobatan ampuh yang akan membantu mengusir gangguan alergi dingin secara lebih cepat dan tentunya alami jadi nothing efek samping.

Dengan menggunakan metode pengobatan yang satu ini Anda dapat memiliki beberapa keuntungan pengobatan berikut ini :

  1. Mengobati gangguan hingga 3x lebih cepat dibandingkan dengan obat sekelas lainnya.
  2. Bekerja langsung ke sumber penyakit.
  3. Karena obat bersifat multikhasiat, jadi tak hanya satu keluhan namun keluhan penyakit lain juga bisa sekalian di babat secara efektif.
  4. Metode pengobatan yang telah bersertifikat HALAL MUI.
  5. Metode pengobatan yang telah dilengkapi dengan izin resmi dari BPOM RI dengan no.reg. 173301471.

Mau sembuh dari gangguan alergi dingin ?? Yuk QnC-in aja.. 😉

Cara Menyembuhkan Alergi Dingin Secara Lebih Cepat

Cara Menyembuhkan Alergi Dingin Secara Lebih Cepat

Cara Menyembuhkan Alergi Dingin Secara Lebih Cepat

Cara Menyembuhkan Alergi Dingin Secara Lebih Cepat

Posted by : wajarsehat.com

Cara Menyembuhkan Alergi Dingin Secara Lebih Cepat

Tinggalkan komentar

WhatsApp Chat via WhatsApp