Bolehkah Penderita Sakit Maag Makan Nanas?

Bolehkah Penderita Sakit Maag Makan Nanas?

Bolehkah Penderita Sakit Maag Makan Nanas? – Seseorang yang memiliki masalah asam lambung seperti halnya sakit maag sangat tidak disarankan mengonsumsi makanan dan minuman yang asam. nah, bagaimana dengan buah nanas?

Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Nanas?

Salah satu buah yang memiliki rasa manis asam yang menyegarkan. Sehingga tak heran jika nanas menjadi salah satu buah favorit sebagai pencuci mulut yang menggugah selera. Namun jangan salah, dibalika kelezatannya tersebut buah nanas juga kaya akan sejumlah nutrisi penting bermanfaat bagi tubuh.

Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia dari Kementerian Kesehatan RI, setiap 100 gram buah nanas terkandung 0,6 gr protein, 40 kalori, 9,9 gr karbohidrat, 0,3 gr protein, dan 0,6 gr serat. Termasuk pula berbagai kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh.

Lantas dengan berbagai kandungan bermanfaatnya bagi tubuh, kenapa buah nanas banyak disegani oleh penderita maag?

Dalam ilmu kedokteran sebenarnya tidak ada yang namanya penyakit maag. Maag sendiri merupakan sebutan yang digunakan masyarakat awam untuk menggambarkan berbagai keluhan terkait masalah asam lambung.

Dengan kata lain, sakit maag merupakan sekelompok gejala yang menandakan adanya gangguan pencernaan tertentu. Secara alamiah, lambung manusia memang secara alami memproduksi cairan asam yang berfungsi membantu proses pencernaan.

Akan tetapi lambung bisa saja memproduksi asamnya secara berlebihan jika mengalami masalah atau gangguan tententu. Dan ketika jumlahnya sudah kelewat batas, kemudian timbullah berbagai gejala umum dari sakit maag. Seperti mual, begah, sakit perut, kembung, dan ingin muntah.

Lantas, benarkah makan nanas bisa mengakibatkan asam lambung naik?

Jika Anda memiliki masalah sakit maag, Anda tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Pantangan tersebut pun bukan tanpa alasan. Beberapa makanan dan minuman memang bisa memicu asam lambung naik.

Sehingga menimbulkan gejalanya mudah kambuh bahkan semakin memperburuk. Buah-buahan yang memiliki sifat asam sebaiknya dihindari sebab bisa memicu naiknya asam lambung. Dengan demikian, bisa diartikan bahwa buah nanas juga bisa memicu naiknya asam lambung.

Buah nanas juga mengandung bromelain yang bersifat memicu sakit maag. Bromelain ini merupakan jenis enzim khusus yang bekerja memecah protein dalam tubuh. Termasuk protein, kolagen yang terdapat dalam jaringan dinding lambung.

Meski begitu, jika Anda benar-benar ingin mengonsumsi nanas tersebut sebaiknya konsultasikanlah langsung bersama dokter.

Post By : Wajar Sehat

Bolehkah Penderita Sakit Maag Makan Nanas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan Chat Disini!!