5 Penyebab Semakin Banyak Anak Muda Kena Hipertensi

5 Penyebab Semakin Banyak Anak Muda Kena Hipertensi

5 Penyebab Semakin Banyak Anak Muda Kena Hipertensi – Pada umumnya, penyakit ini memang lebih sering terjadi pada seseorang berusia lanjut. Risiko terkena hipertensi bisa semakin meningkat setelah bertambahnya usia.

5 Penyebab Semakin Banyak Anak Muda Kena Hipertensi

Namun pada kenyatannya, hingga saat ini kasus hipertensi sudah mulai meninggi di kalangan anak muda di seluruh penjuru dunia. Tidak terkecuali di Indonesia. Lantas kenapa bisa begitu?

Di Indonesia sendiri, menurut Riset Kesehatan Dasar 2013 menunjukkan bahwa dari 25,8% total kasus hipertensi 5,3% diantaranya adalah anak usia remaja dari 15-17 tahun.

Sekitar 90-95% kasus hipertensi di dunia diakibatkan oleh sebab yang tidak jelas atau tidak dipengaruhi oleh kasus medis apapun. Sedangkan sisanya diakibatkan oleh kondisi medis tertentu.

5 Penyebab Semakin Banyak Anak Muda Kena Hipertensi

Nah, berikut beberapa hal yang bisa membuat banyak anak muda saat ini sudah terserang hipertensi. Diantaranya :

  • Obesitas

Hingga saat ini banyak anak muda atau remaja yang mengalami obesitas ketimbang generasi masa lalu. Dan obesitas sendiri termasuk salah satu faktor penyebab hipertensi. Sehingga banyak anak muda mudah terserang hipertensi.

  • Pola makan yang buruk

Kebiasaan anak muda zaman sekarang ini kebanyakan memang menginginkan serba cepat. Terlebih makanan yang dipilihnya pun yang tinggi garam, sehingga turut menyumbang peningkatan kasus hipertensi.

Asupan gara sodium berlebih dan berkelanjutan bisa mempersempit pembuluh darah dan membuat tubuh menyimpan kelebihan berat air. Sehingga bisa meningkatkan tekanan darah.

  • Faktor genetik

Disamping gaya hidup yang tidak sehat, riwayat hipertensi turunan dari keluarga juga bisa meningkatkan risiko hipertensi di kalngan anak muda. Dan genetik ini adalah yang paling mungkin.

  • Kurang olahraga

Beraktivitas fisik seperti halnya berolahraga dibutuhkan dalam memproduksi hormon yang melemaskan dinding pembuluh darah, sehingga membantu menurunkan tensi darah.

Jika kurang dalam berolahraga serta cenderung mengalami obesitas, maka semakin meningkatkan risiko terjadinya hipertensi di usia muda.

  • Tidak terbiasa melakukan pengecekkan tekanan darah

Karena kebanyakan beranggapan bahwa hipertensi hanya menyerang orang tua atau lanjut usia saja. Sehingga membuat kaum muda jarang bahkan tidak sama sekali mengecek tensi mereka. Padahal, idealnya pengecekkan tensi ini harus mulai rutin dilakukan setelah menginjak usia 20 tahun.

Itulah beberapa faktor penyebab meningkatnya kasus hipertensi di usia muda, untuk itu yuk buat semua anak-anak muda mulai terbiasa lakukan tensi secara rutin. Semoga bermanfaat.

Post By : Wajar Sehat

5 Penyebab Semakin Banyak Anak Muda Kena Hipertensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan Chat Disini!!