Home KESEHATANMenu Makan Sehat untuk Mencegah Serangan Jantung

Menu Makan Sehat untuk Mencegah Serangan Jantung

Menu Makan Sehat untuk Mencegah Serangan Jantung – Pada dasarnya, setiap makhluk hidup memerlukan makanan. Karena tanpa makanan, makhluk hidup akan sangat sulit melakukan berbagai aktivitas kehidupannya. Pasalnya, makanan merupakan sumber energi dan tenaga di dalam tubuh untuk menunjang berbagai aktivitas, pertumbuhan serta kesehatan tubuhnya.

Namun sangat disayangkan, tidak semua makanan yang kita konsumsi akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh termasuk untuk kesehatan. Jadi, memilih dan memilah makanan yang akan kita konsumsi merupakan hal yang sangat diharuskan. Untuk mencegah berbagai resiko penyakit yang akan ditimbulkan termasuk salah satunya ialah untuk mencegah resiko serangan jantung.

Menu Makan Sehat untuk Mencegah Serangan Jantung

Menu Makan Sehat untuk Mencegah Serangan Jantung

Adapun anjuran makanan sehat untuk menjaga kesehatan jantung Anda, ialah sebagai berikut :

  • Havermut (bubur gandum)

Salah seorang ahli gizi di Montefiore Medical Center Amerika bernama Lauren Graf mengatakan bahwa havermut memiliki fungsi sebagai spons di dalam saluran pencernaan untuk membasahi kolesterol (salah satu penyebab serangan jantung). Sehingga koleterol tersebut, tidak akan diserap saluran darah dan akan di buang oleh tubuh.

  • Ikan Salmon

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa ikan salmon memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi. Salah satu hasil penelitian juga telah menunjukan bahwa kandungan omega 3 di dalam ikan salmon menurunkan resiko pembentukan plak pada pembuluh arteri, menurunkan resiko aritmia jantung, serta menurunkan trigliserida.

American Heart Association juga sangat merekomendasikan untuk mengonsumsi ikan salmon sebanyak 2x dalam seminggu. Karena selain baik untuk kesehatan jantung, kandungan asam lemak di dalam ikan salmon sangat berguna sebagai suplemen diet. Alternatif lain dari ikan salmon ialah ikan sarden, ikan tongkol, serta ikan mackerel.

  • Buah Berry

Menurut salah satu penelitian tahun 2013 menunjukan bahwa wanita dengan rentan usia 25-42 tahun yang kerap mengonsumsi buah berry (terutama blueberry dan stawberry) lebih dari 3 porsi dalam seminggu. Maka akan menurunkan resiko penyakit jantung hingga 32%.

  • Coklat Hitam

Salah satu makan yang memiliki banyak penggemar ini, ternyata memiliki dampak positif untuk kesehatan jantung. Hal ini juga dibuktikan oleh hasil penelitian pada tahun 2012 yang menjelaskan bahwa mengonsumsi coklat hitam yang mengandung setidaknya 60-70% kakao asli dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

  • Kacang-kacangan

Semua jenis kacang memang baik untuk dikonsumsi. Namun untuk menjaga kesehatan jantung, pengonsumsian kacang mede dan kacang almond lebih dianjurkan. Pasalnya ke dua jenis kacang tersebutlah yang memiliki kandungan protein dan fiber yang sangat baik untuk jantung.

  • Minyak Zaitun

Hasil penelitian menunjukan bahwa, mereka yang memiliki resiko tinggi terkena penyakit jantung dan melakukan diet mediterania serta mengonsumsi 4 sdm minyak zaitun. Maka akan menurunkan resiko serangan jantung dan stroke penyebab kematian utama hingga 30%.

Semoga bermanfaat dan terimakasih 🙂

Posted by : wajarsehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp