Home KESEHATANBuah Matoa untuk Asam Urat

Buah Matoa untuk Asam Urat

Buah Matoa untuk Asam Urat

Buah Matoa untuk Asam Urat – Memiliki nama ilmiah Pometia Pinnata dari Famili Sapindacea atau lebih dikenal dengan nama buah matoa. Merupakan sejenis buah yang khas dan dikenal pula dengan sebutan buah papua. Karena merupakan salah satu pohon besar yang berasal dari Papua.

Buah Matoa untuk Asam Urat

Namun tak hanya bisa di dapatkan di Papua saja, buah matoa juga bisa terdapat di beberaa daerah Maluku dan Sulawesi. Tanaman matoa ini tergolong ke dalam pohon besar dengan tinggi rata-rata mencapai 18 meter berdiameter maksimal 100 cm. Pohon matoa pun umumnya dapat berbuah dalam setahun sekali.

Buah matoa ini dapat sudah menyebar hampir di seluruh dataran rendah dan dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi tanah kering. Di papua sendiri, buah matoa ini lebih dikenal dengan 2 jenis yaitu matoa papeda dan matoa kelapa. Keduanya pun memiliki ciri khasnya masing-masing, yaitu dapat dibedakan dari tekstur buahnya.

Untuk matoa papeda dicirikan dengan daging buah yang agak lengket dan lembek. Sedangkan untuk jenis matoa kelapa, dicirikan dengan daging buah yang lebih kenyal seperti rambutan aceh. Bentuk dari buah matoa ini seperti bentuk telor puyuh dengan permukaan kulit coklat tua, terasa licin saat disentuh dan terasa halus.

Buah matoa ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu rasa unik dengan perpaduan anatara aroma durian dan kelengkeng serta kesat berlemak menyerupai buah nangka. Sehingga memang dari beberapa orang kurang menyukai buah ini karena aroma dan rasanya yang terasa asing di lidah pengonsumsinya.

Buah Matoa untuk Asam Urat

Meskipun hingga saat ini masih belum banyak yang mengembangkan riset mengenai bauh matoa. Namun terdapat pula beberapa metode pengobatan setempat yang memanfaatkan buah matoa ini. Seperti halnya buah matoa dapat dimanfaatkan untuk mengatasi keluhan sembelit dan membantu penyembuhan luka agar lebih maksimal.

Sempat pula, beberapa penelitian dikembangkan di IPB dan menemukan adanya beberapa manfaat penting dari buah matoa untuk kesehatan. Di dalam buah matoa sendiri diketahui terkandung sejumlah vitamin seperti vitamin B1, vitamin C dan vitamin E. Serta terkandung pula sejumlah mineral seperti pottasium.

Terdapat pula sejumlah senyawa penting seperti saponin dan flavonoid di dalam buah matoa ini. Yang salah satunya dapat bemanfaat pula untuk mengatasi penyakit asam urat. Karena di dalam bauh dan serat kayu matoa, ditemukan sejumlah antiinflamasi dan antiradang yang baik untuk mengatasi beragam perangan dan infeksi.

Serta buah matoa juga dapat membantu membersihkan endapan residu metabolisme di dalam tubuh. Maka dari itu, jika Anda para penderita asam urat diperbolehkan mengonsumsi buah matoa ini. Namun jangan terlalu berlebihan pula, karena buah matoa mengandung glukosa jenuh yang memabukkan.

Itulah sekilas artikel mengenai tanaman matoa dan beragam khasiat yang terkandung di dalamnya, salah satunya adalah untuk mengatasi penyakit asam urat. Semoga bermanfaat.

Post By : Wajar Sehat

Buah Matoa untuk Asam Urat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp