Home KESEHATAN6 Tanda Awal Penyakit Asma pada Bayi

6 Tanda Awal Penyakit Asma pada Bayi

6 Tanda Awal Penyakit Asma pada Bayi – Seperti yang telah Anda ketahui bahwa bayi belum memiliki kemampuan untuk berbicara. Sehingga ia tak mampu mengungkapkan apa yang tengah ia rasakan. Umumnya, bayi hanya akan memberi pertanda dengan tangisan jika ia merasa lapar, pipis, mengantuk dan termasuk pada saat ia tengah mengalami asma.

Asma sendiri merupakan suatu penyakit kronis pada saluran pernapasan. Adanya saluran pernapasan yang meradang membat sistem pernapasan menjadi lebih sensitif. Dan bahkan bisa membuat saluran pernafasan menjadi menyempit hingga berakibat pada kurangnya oksigen yang masuk ke dalam saluran paru-paru.

Bukan hanya orangtua namun penyakit ini juga dapat terjangkit pada anak-anak yang masih belia, termasuk bayi. Pasti Anda ingin tahu kenapa bayi bisa dengan mudah terjangkit penyakit Asma bukan ?? Berikut ini merupakan beberapa faktor yang dapat memicu penyakit asma terjadi pada bayi, yang diantaranya ialah :

  • Lingkungan
  • Alergi yang dimiliki oleh bayi
  • Berat badan bayi pada saat baru lahir
  • Faktor riwayat kesehatan keluarga
  • Ibu adalah perokok aktif pada masa kehamilan.

6 Tanda Awal Penyakit Asma pada Bayi

6 Tanda Awal Penyakit Asma pada Bayi

Selain faktor yang menyebabkan asma, Anda juga perlu mengetahui gejala asma pada buah hati Anda. Agar jika memang buah hati Anda mengidap penyakit asma, Anda bisa dengan segera melakukan upaya pengobatan agar asma tersebut segera dapat disembuhkan. Adapun 6 gejala utama penyakit asma pada bayi, diantaranya ialah :

  • Sulit bernafas

Jika bayi bernafas yang cepat dan terengah-engah, bahkan hingga kesulitan untuk makan dan menyusu terlebih apabila bayi hingga menangis. Maka bisa dipastikan bahwa itu merupakan salah satu gejala asma pada buah hati Anda.

  • Batuk

Perlu Anda ketahui, batuk yang diakibatkan oleh asma akan berbeda dengan batuk pada umumnya. Pasalnya batuk yang diakibatkan oleh penyakit asma lebih lama dan cenderung sulit untuk disembuhkan.

  • Mengi

Asma pada bayi juga dapat menimbulkan gejala mengi (napas yang berbunyi ngik-ngik). Hal tersebut diakibatkan oleh adanya penyempitan pada rongga pernapasan.

  • Lemas

Tak seperti bayi pada umumnya yang kerap ceria, bayi penderita asma justru cenderung malas atau tak memiliki keinginana untuk bermain.

  • Sesak di Dada

Hal ini bisa dilihat ketika bayi tengah kesulitan bernafas hingga dadanya sangat terlihat mengembang dan mengempis.

  • Eksim

Pada umumnya, bayi yang memiliki penyakit asma cenderung memilikitubuh yang sangat rentan akan alergi. Sehingga membuat bayi dengan mudah terjangkit infeksi lain yang menyertai penyakit asmanya, salah satunya ialah penyakit eksim.

Itulah enam gejala utama asma pada bayi yang perlu Anda ketahui.
Semoga bermanfaat dan terimakasih 🙂

Posted by : wajarsehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp