Home KESEHATAN5 Gejala Awal Asam Urat yang Kerap Terabaikan

5 Gejala Awal Asam Urat yang Kerap Terabaikan

5 Gejala Awal Asam Urat yang Kerap Terabaikan – Gout atau yang lebih kita kenal dengan asam urat merupakan suatu kondisi dimana terjadi permasalahan pada persendian yang menyebabakan rasa nyeri yang tak tertahankan. Pada dasarnya semua jenis sendi di dalam tubuh kita bisa mengalami asam urat.

Namun, bagian sendi tubuh yang lebih sering terkena asam urat ialah jari kaki, pergelangan kaki, lutut dan jari tangan. Penderita asam urat sendiri lebih di dominasi oleh kaum laki-laki dibandingkan oleh kaum wanita. Terutama mereka (laki-laki) yang telah menginjak usia mencapai 30 tahun ke atas.

Sedangkan pada wanita sendiri, umumnya asam urat akan terjadi pada saat mereka tengah mengalami masa menopause. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Gout & Uric Acid Education Society menemukan fakta bahwa penumpukan zat asam urat akan mengakibatkan sendi mengkristal sehingga menimbulkan rasa sakit.

5 Gejala Awal Asam Urat yang Kerap Terabaikan

5 Gejala Awal Asam Urat yang Kerap Terabaikan

Dan di Indonesia sendiri asam urat sering di salah artikan sebagai penyakit reumatik. Padahal kenyataanya, ke dua jenis penyakit tersebut merupakan penyakit yang berbeda. Untuk itu, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui gejala awal dari asam urat agar dapat melakukan tindakan pengobatan yang tepat.

Adapun gejala awal penyakit asam urat ialah sebagai berikut :

  • Nyeri Jempol Kaki

Gejala awal dari asam urat ialah rasa sakit pada persendian secara tiba-tiba. Dan pada umumnya rasa sakit itu akan dimulai pada persendian jempol kaki, terutama di malam hari.

  • Pembengkakan

Pembengkakan terjadi akibat adanya penumpukan zat asam urat yang mengkristal di dalam persendian. Dan pembengkakan sendiri, pada umumnya terjadi pada seseorang yang telah terserang asam urat beberapa kali.

  • Sensasi Terbakar pada Persendian

Gejala yang satu ini juga disertai dengan warna kemerahan pada kulit sekitar persendian. Selain itu, sensasi terbakar sendiri, umumnya dimulai dari jempol kaki yang menyebar ke bagian tubuh lainnya.

  • Rasa Gatal dan Kulit Bersisik di Sekitar Persendian

Bukan hanya kulit memerah, namun rasa panas pada persendian juga sering menimbulkan masalah pada jaringan kulit seperti menjadi kasar atau bersisik yang disertai dengan rasa gatal.

  • Sendi Kaku dan Tidak Bisa di Gerakan

Persendian seharusnya memang bersifat elastis, namun lain halnya dengan penderita asam urat tinggi. Akibat terjadi penumpukan zat asam urat pada persendian, maka akan mengurangi ke elastisan jaringan sendi dan membuat pergerakan sendi menjadi terbatas.

Itulah beberapa gejala yang asam urat yang harus Anda ketahui.
Terimakasih dan semoga bermanfaat 🙂

Posted by : wajarsehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp